Kamis, 20 Februari 2020

Tim Kompak

Hello Historian......
Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk
Assalamualaikum wr wb
Jadi hari ini Selasa tanggal 11 Februari 2020 Kelas XI IPS 2 memasuki bab baru yang berjudul "Respon Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dan Kolonialisme Barat serta Kesadaran Bangsa". Sebelum memasuki bab baru tadi pagi Pak Aries merekap nilai portofolio yang di berikan Pak Aries kemarin hari Senin. Setelah Pak Aries merekap nilai portofolio waktunya untuk memulai bab baru, untuk mempelajari bab 2 ini Pak Aries pertama-tama menstimulus para siswa dengan beberapa pertanyaan tentang Bab 2 ini. Pak Aries memberi beberapa pertanyaan tentang Bab 2 ini bermaksud untuk menguji para siswa apakah siswanya telah belajar tentang Bab ini dirumah atau belum. Materi ini juga ada sedikit-sedikit di materi-materi sebelumnya.
Nah untuk mempelajari bab ini Pak Aries memliki sebuah Quiz rahasia. Quiz apa itu namanya???? 🤔Quiznya itu namanya "Tim Kompak". apa tuhhh????? 😱


Jadi quiz ini dilakukan per kelompok, 1 kelasnya ada 4 kelompok. pembagian kelompoknya dilakukan dengan cara setiap siswa berhitung dari 1 sampai 4 dan terbentuklah kita kelompok 4. Lalu yang dilakukan pertama setelah membuat kelompok ialah membaca materi tentang "Imperialisme di Indonesia" yang ada di LKS. Lalu setiap kelompok diwajibkan untuk membuat 20 soal beserta jawabannya dan dibagi kepada para anggota kelompoknya. Dan juga ada kata yang dilarang saat pembuatan soal seperti Apa, Dimana, Siapa atau Kapan. Setelah membuat soal tiap anggota harus menghafalkan soal-soal itu karena saat performance tidak diwajibkan membawa teks. Waktu untuk membuat soal hanya 1 jam pelajaran, waktu yang sangat sedikit bagi kita. Walaupun sangat sedikit waktunya kita tetap berusaha semaksimal mungkin meskipun kelompok kita hanya bisa membuat 14 soal. 😪
Dan sekarang waktunya kita untuk performance. Tiap anggota kelompok berbaris di depan kelas di kursi yang telah di sediakan dan sesuai urutannya yang sudah didiskusikan oleh kelompok masing-masing. Urutan yang ke-1 memulai performance dengan bertanya ke urutan yang ke-2, lalu yang urutan ke-2 menjawab, setelah itu anggota yang urutan ke-2 memberi soal lagi ke urutan yang ke-3 lalu yang urutan ke-3 menjawab dan seterusnya hingga soalnya habis.
Setiap 1 soal yang diberikan dan bisa dijawab dihargai 5. Kelompok kita membuat 14 soal bisa diberikan dan dijawab semua dan kelompok kita mendapatkan nilai 70.
Hikmah yang bisa kita dapatkan dari metode PBM hari ini ialah :
1. Melatih ingatan dengan hanya membaca materi sekilas
2. Melatih konsentrasi
3. Melatih kerjasama tim
4. Melatih siswa untuk mencari alternatif lain saat membuat soal
5. Dan juga melatih individu agar tidak mudah gugup
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....