Kamis, 10 Oktober 2019

Posisi Menentukan Prestasi

Hello Historian......

Ini yg dinamakan Posisi Menentukan Prestasi... .
UH nya sich konvensional dan jadul katanya, tp pengemasannya yg bikin ger ger an....hehhe
Siswa sebelum UH diminta untuk pindah tempat duduk sesuai keinginan mereka. Kemudian di buka sebuah door prize. Isi door prize adalah "UH kali ini dilaksanakan oleh 18 pasangan saja, mereka yg berada duduk di ujung kelas gratis UH alias lgs dpt 100" Wow.....langsung kelas jd ribut hehehe

Keterbatasan Menuai Inovasi

Hello Historian......

Keterbatasan menuai Inovasi
UH bab 2 dikelas xii ips-3 menurut lemparan koin dilakukan dengan Laptop (kebiasaan saya ketika akan masuk kelas di jadwal PBM akan lempar koin menentukan pake plan A B atau C). Nah kebetulan sekolah tdk mengijinkan pake lab komputer, eh siswa kelas ini juga sedikit yg bawa laptop.
Ya udah akhirnya dengan 2 laptop dilakukanlah UH Kelompok estafet. Tiap kelompok berisi beberapa siswa yg nanti mengerjakan bergiliran satu soal saja. Jadi dalam pembentukan kelompok inilah yg perlu strategi dari tiap siswa.
Anak yg dianggap pintar dan yg kurang harus beradu strategi dan belajar bersama dulu sebelum maju UH. Nampak diskusi kelompok dan adu strategi. Ada yg mengerjakan satu anak satu soal. Ada yg mengerjakan memilih soal yg gampang terlebih dahulu dan yg sulit diberikan ke anak pintar dan strategi lainnya.

Poster Smadda Nongol di website Quipper

Hello Historian......

Udah 4 tahun yg lalu berinovasi ditemani Quipper dan akhirnya salah satu flayer bikinan smadda ini nongol di websitenya quipper

Kreasi di tengah Desakan

Hello Historian......

Jadi kemaren sore terjadi sesuatu hal yg mengagetkan banyak guru jika jadwal entry nilai untuk raport sisipan dimajukan. Sebelumnya deadline kamis dimajukan jadi selasa (hari ini). Hal ini dikarenakan salah satu operator IT di sekolah akan mengikuti diklat dan tim lainnya masih cuti hamil. Wow...... Bukankah semua guru sudah bisa menggunakan teknologi.
Alhasil banyak guru di grup yg kecewa, bingung bahkan sampe protes hehehe.....yg males mungkin berpikiran halah cuman Raport Sisipan ae....eh jangan diremehin kan itu kewajiban guru melaporkan hasil kerjanya dan hak siswa mengetahui perkembangannya.
Alhamdulillah PBM sejarah berbasis Online untuk sistem penilaian (saya setting demikian) dan selalau siap dengan plan2 cadangan semisal hal seperti ini terjadi.
Agenda UH Bab 2 yg dilaksanakan minggu ini akhirnya berubah jd UH Take Home menggunakan bantuan grup Sejarah dan aplikasi quizizz.
Mulai dapat kabar WA tentang info mengagetkan tersebut langsung saya ambil langkah seribu (walah iku lak melarikan diri hehe), diantaranya :

Lukisan eksekusi mati Trunojoyo dari Madura oleh Raja Mataram Amangkurat II

Hello Historian......

Lukisan eksekusi mati Trunojoyo dari Madura oleh Raja Mataram Amangkurat II di Payak Bantul, 2 Januari 1680.
Putra mahkota Mataram Pangeran Adipati Anom, tengah diliputi resah atas kabar statusnya akan diganti, saat ia minta bantuan Trunojoyo untuk mendongkel ayahnya, Amangkurat I. Trunojoyo ini cucu Cakraningrat I, penguasa Madura. Ia membenci Mataram yang dianggapnya menjajah Madura.
Mataram menaklukkan Madura pada 1624, masa Sultan Agung - yang menguasai sebagian besar Jawa. Upaya kudeta Trunojoyo dimulai dengan menculik dan mengasingkan penguasa Madura Cakraningrat II ke Kediri. Trunojoyo lalu mengangkat dirinya sendiri sebagai raja Madura pada 1674.
Setelah Madura, Trunojoyo merebut wilayah kekuasaan Mataram di sekitarnya yaitu Surabaya, Tuban, terus merangsek ke barat. Upayanya ini mendapat bantuan Karaeng Galesong dari Makassar yang lari setelah Gowa diserbu VOC, 1669. Ia juga disokong tokoh-tokoh yang tidak menyukai [raja] Mataram.

Lomba Poster Quipper

Hello Historian......

Kalo pak gurunya kreatif dan mau membagi inovasinya...maka siswanya pasti bakal ikutan kreatif lho.....
ini bukti kecintaan SMA 22 Surabaya (guru dan siswanya) dalam berquipper Ria.......
Ada kreasi lomba membuat poster dan pamflet bertemakan Quiiper lho....
Dimana lagi kalo bukan dipelajaran sejarahnya Pakaries Ok yg selalu ada aja yg update hehehehe

Bahan Refleksi Untuk Membuat Inovasi Lagi

Hello Historian......

Munculnya kreasi inovasi itu berasal dari inspirasi dan refleksi. Setelah selesai Bab 2 menuju bab 3 guru harus membuka diri merefleksi dan meminta tanggapan serta masukan buat kedepannya untuk mencipta pembelajaran yang AKIK (Aktif Kreatif Inovatif dan Komunikatif).
*kudu berani refleksi untuk mencipta inovasi itu inti dari kreasi
Berikut ulasan tanggapan salah satu siswa yg saya comot dari kolom tanggapan semalam.....
Nama : Sarifah Aini
Kelas : XII MIPA 2
Absen : 29
Tanggapan saya mengenai bab 2 program pembelajarannya sangat efektif sampai saya hafal materi bab nya. Mulai dari merangkum yang mengharuskan kita membaca terlebih dahulu bab 2 dan memilih info penting atau inti dari sub materi dalam bab 2 lalu di hias sesuai kreativitas. Lalu ada bom point yang mengharuskan kita membaca lagi bab 2 karena materi bom point diambil dari bab 2 sehingga kita sudah 2 kali membaca bab 2 dan membolakbalik materi bab 2 sampai hafal.

Kembali ke Masa TK

Hello Historian......


Pagi ini mencoba menggali jiwa TK siswa hehee.....
Membuat catatan materi dari buku modul yg telah dipunyai. Cukup menandai dengan warna garis dan tempelan. Selanjutnya kelas dibagi menjadi beberapa kelomok sebanyak sub bab yg dipelajari. Dan tiap kelompok belajar mandiri memahami materi (teman sejawat) yg nantinya akan dilakukan tanya jawab.
Karena jam pelajaran pertama udah kepotong doa dan menyanyikan lagu kebangsaan jd terputus dech agendanya. Insyaallah minggu depan dilanjut

Inovasi Samisnaov Bersama Guru Sejarah Pak Harmaji

Hello Historian......

Setidaknya ada beberapa poin dalam pembelajaran ini adalah mereka diajarkan untuk berani dan bijak mengambil keputusan, bisa menghargai kesuksesan orang lain, dan tak kalah pentingnya adalah jujur.
Kita berlatih untuk mengambil keputusan. Dan keputusan dalam hal ini adalah haruslah arif dan bijaksana dan bisa mengakomodir user yang akan melaksanakan keputusan ini. Bukan hanya sekedar mengambil keputusan yang nantinya kelak akan menyusahkan user pelaksana.

Perdaban Tercipta Di Sekitar Sungai

Hello Historian......

Ketika berjalan-jalan di pinggir sungai......
Hampir sebagian besar peradaban didunia dekat dengan aliran sungai. Hal inilah yg menggelitik pikiran saya buat mengupas ada apa dengan sungai2 ini hingga membawa perubahan besar.
Diawali dari sini.....
Kisah Perjalanan Mencari Arti.....
Singapura sebuah kota Dagang Tradisional bermetamorfosa menjadi Negara Luar Biasa


Bertindak Lebih Mulia Dari Retorika

Hello Historian......

Tindakan nyata lebih nyaring daripada kata2 belaka.....
*masih mencoba membenahi diri agar g ketularan orang2 yg pinter ngomong tp diminta bukti malah lari.
(Buat gue dan buat lo lo yg suka nggedabrus.....yuk move on jadi lebih berarti dengan inovasi daripada bikin wacana penuh retorika)

Menyimak perbedaan tulisan (sudut pandang) anak muda dan orang tua....
Anak muda : banyak berbuat tp kadang sedikit dituliskan (bingung nulisnya mungkin terlalu banyak yg dilakukan)
Orang tua : bingung berbuat (banyak pertimbangan) tapi matang dalam penulisan
Apa ini yg bikin missing link....
Para pembuat aturan dan prototype diatas sono bikin regulasi aturan tentunya dengan pemikiran matang (teoritis) namun lemahnya sedikit yg berdasar pada penerapan dilapangan (empiris)

Monopstory Sebagai Inovasi QR Code

Hello Historian......
Waktu itu dikunjungi oleh sobat lama buat bersinergi tentang QR Code dan beliau ini bikin media MONOPSTORY buat inobel waktu itu....


PBM Sejarah Dengan Samisanov Masuk Provoke

Hello Historian......
Salah satu inovasi dalam PBM Sejarah yg diliput wartawan provoke dan alhamdulillah saat itu bikin heboh semua warga sekolah