Kamis, 23 September 2021

Diklat 36 Samisanov : Mendisain PBM Aktif Inovatif dan Menyenangkan


Bagaimana menciptakan pembelajaran yang menyenangkan? Sebagai pendidik dan pengajar mungkin pertanyaan tersebut kadang muncul dibenak kita, menciptakan suasana pembelajaran yang asyik dan membuat siswa menikmati proses pembelajaran merupakan dambaan para guru, dengan suasana pembelajaran yang menarik bisa membuat siswa menjadi lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Selain itu pembelajaran yang menyenangkan juga membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh guru.

Belajar di kelas tentu telah menjadi menu harian untuk Bapak/Ibu Guru dan para murid di sekolah. Sebagai fasilitator utama di kelas, guru sangat berperan untuk membuat menu harian ini selalu segar, menarik, dan tidak membosankan. Maka dari itu, penyajian materi dengan cara-cara yang baru dan menyenangkan dapat menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil dari proses belajar mengajar di kelas. Dengan suasana kelas yang menyenangkan, siswa akan menikmati kegiatan belajar mereka tanpa adanya perasaan tertekan. Lalu, bagaimana ya caranya membuat kelas tidak membosankan dan menjadikannya menyenangkan? 

 

Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia untuk mendesain pembelajaran aktof, kreatif, inovatif dan menyenangkan. Sehingga Diklat Online 36 Samisanov kali ini mengambil judul : Mendisain PBM Aktif Inovatif dan Menyenangkan.

Profil Diklat 36 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                            : Founder Samisanov dan Pelatih Nasional IGI

Judul materi diklat       : Mendisain PBM Aktif Inovatif dan Menyenangkan

Pelaksanaan                   : Tanggal 3-10 Oktober 2021

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 36 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Memahami pembelajaran yang menyenangkan

1

2

2.       Cara membangkitkan suasana kelas yang interaktif

2

2

3.       Aspek yang harus dipenuhi untuk pembelajaran yang menyenangkan

2

3

4.       Inovasi untuk model pembelajaran yang efektif

2

3

5.       Memahami metode-metode pembelajaran inovatif

2

3

6.       Menyusun tahapan-tahapan pembelajaran PAIKEM

2

3

7.       Membuat RPP pembelajaran Aktif, inovatif dan menyenangkan

2

3

8.       Penugasan Diklat berupa  implementasi metode yang telah dibuat pada kelas masing-masing

2

6

Jumlah

15 JP

25 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 36 Samisanov Mendisain PBM Aktif Inovatif dan Menyenangkan