Kamis, 20 Februari 2020

MUSEUM PEMERINTAHAN KOLONIAL BELANDA

Hello Historian......
Gambar mungkin berisi: 1 orang
assalamualaikum🙏🙏
halo semuaaa...👋🌻😀
di minggu ini ada pbm sejarah minat. kali ini, aku masuk ke materi bab 2 tentang imperialisme dan kolonialisme di indonesia. dj hari senin, di awal awal bab, pak Aries Prasetya mensosialisasikan bab 2 itu tentang apa. mulai dari tanya jawab sampai cerita-cerita tentang kolonialisme di indonesia. imperialisme berasal dari empire yang artinya jajahan, definisinya berarti usaha suatu negara untuk menjajah wilayah lain. kolonialisme berasal dari kata colonus yang artinya menguasai, definisinya berarti usaha suatu negara untuk menguasai daerah lain. kalo salah, mohon di koreksi ya😊
setelah bla bla bla pak aries ngejelasin ke aku dan temen temen kelas, ternyata beliau punya metode rahasia nih. kita sekelas di suruh kelompokan dulu. satu kelas ada 4 kelompok, berarti 1 kelompoknya ada 9 anak. sekelas disuruh hitung 1-4 dari ujung saaanaaa.. daaaannnn dapet kelompok 4. anggota kelompoknya adalah, andi, dinda, aku, tarisa, sutomo, navasha, netha, putri, dan sabina. kita kita ini, kebagian materi periode pemerintahan kolonial Belanda.


hmm, metode nya apa nih? seru? iyaaa seru bangettt🤩🤩🤩 jadi kita sekelompok membuat museum. iya museummm🤩🤩 "cari barang yang nantinya bisa dibuat kalian presentasi dengan pengunjung. ntah itu tongkat, kapal kapalan, terserah" kata pak ariess.. wahh main imajinasi😆😆😆 setelah ituuu kita sekelompok berkumpul dan membagi tugas. sutomo membagi tugas ke kita kita. ada yang keliling ke museum lain, dokumentasi, mencari properti, dan bagian bagian untuk presentasi. yang presentasi, ada 4 anak, sutomo, andi, akuu, dan sabina. alhamdulillah lancar jaya, hehe😃 presentasi kami dapat diterima oleh para pengunjung. anyway, pengunjung yang di maksud ialah temen temen sekelas ya, bukan orang luarr😅😅😅 di metode ini, ibarat kita sekelompok membuat museum. meskipun bukan museum beneran, kita tetep senengg bangett, karena ini seruuu. baru tau kan di dalem kelas ada museum? hehe😃😃 oh ya, kita juga punya nama museumnya, "MUSEUM PEMERINTAHAN KOLONIAL BELANDA"
jos kan namanya😆😆😆 semoga nggak hanya di pake di kelas aja, tapi kedepannya ada gedungnya, aaminn, haha😄😇
setelah ada beberapa kelompok yang mengunjungi museum kita, pak aries pun akhirnya mulai bertanya-tanya. banyak sekali pertanyaan yang dilontarkan pak aries. mulai dari apa itu migrasi, irigasi buat apa, kerja rodi, politik etis mengapa diadakan, dannn banyyakk lagiii.... kita pun menjawabnya satu-satu, perlahan-lahan (walau lumayan benar lumayan salah😌😌), dan berusaha agar pengunjung puas dengan apa yang kami jelaskan. bahkan temen kita yang gak ikut presentasi, bisa ikut menjelaskan lohh, pertanda kekompakan juga itu. kekompakan juga dinilai nih, karena kita sekelompok dan ibarat membuat suatu museum/pemandunya.
di stand kitaa, banyak banget barang barang unik. uang dijadikan properti, gabus berbentuk gelombang untuk air, sedotan untuk saluran irigasi, tepak untuk sawah, buku untuk jalan raya, penghapus papan tulis untuk jalan kereta api, kapal dari kertas menggambarkan dermaga, hp ibarat orang, buku kreasi siswa menggambarkan pendidikan, tutup tisu ibarat migrasi, dan banyak lagi lahh😂😂 kita ambil yang ada dikelas 11 ips 1 aja. barang yang gak kepake, ternyata berguna buat presentasi kita, wkwkwk😂
ada banyak sekali cara untuk menambah ilmu, salah satunya dengan berkunjung ke museum, ilmu dan wawasan kita bertambah🤩 dan pbm ini cukup main imajinasi, karena barang barang nya itu lohh, wkwk. alhamdulillah, dari membuat museum+presentasi ke pengunjung, kita dapat 90🎉🎉🎉🎊🎊 alhamdulillah. itu semua karena kita belajar gaiss, jadi kalian yang baca juga harus semangat belajar yaa😸😸
untuk hari rabunya, yaitu tanggal 11 februari (h-2 valentine😌😌) pak aries punya metode "JAGUAN KUDUNYA GINI" maksudnya, kita harus menunjukkan jagoan masing masing kelompok. oh iya, sebelumnya pak aries membentukkan 4 kelompok, yang berarti ada 9 anggota. hmmm, kayak kemarin senin kan? iyapp, tetep anak itu aja, wkwk😆 nah... di pbm hari rabu nih, kita menentukan jagoan kita. siapa lagi kalo gak bung tomo. mengapa? karena gaya bicaranya meyakinkan ges🌚 oiya. ada beberapa rule yang kudu kita penuhi, yaitu:
1. menentukan 1 orang jagoan
2. bagaimana caranya semua materi harus di kuasai jagoan.
kurang lebih itu gais untuk awal awal. okehh, kita awalnya bingung, "gimana ya caranya?" akhirnya, salah satu dari kita kita ini berpendapat "gimana kalo materinya ini dibagi, kamu bagian ini (bla bla bla) misalnya ya. terus disampaikan ke sutomo," gak banyak cakap, kita pun setuju dan memulai pembagian materi. kita hanya diberi waktu 20 menit loh untuk belajar semuanya, termasuk startegi tadi adalah alasan kita untuk bagi tugas. karena kasian kalo dibebani ke jagoan kita🌝
waktu kurang 10 menit lagi, kita pun mulai sharing sharing ke jagoan kita. ada yang face to face, ada yang lewat surat, ada yang lewat tulisan buku, dan banyak. jagoan kita pun, menyaring satu per satu masukan pembagian materi dari para anggota. nggak lama, jagoan kita disuruh berdiri ditempat, dan mulai mempresentasikan materi yang ia dapat. sebelum presentasi, pak aries sempet ngomong, "buku dan catatan di tutup semuanya. kalo bisa, semua buku diletakkan ditengah." tanpa basa basi, kita pun meletakkan buku kita di tengah tengah. jagoan per jagoan berbicara, saatnya jagoan kita nih, sutomo menyampaikan materinya. bentarrr banget dia ngejelasinnya daripada yang lain, tapi alhamdulillah, gara gara waktu yang limit, sutomo hanya mengambil inti intinya saja yang bisa dipahami oleh semua orang, hehe. bla bla bla dia bicara, pak aries nulis simbol simbol yang awam bagi kita.  kurang lebih bentukan simbolnya kayak gitu (?)🤣🤣😅 lebih banyak dari kelompok lain. ternyata, dari simbol itu, kita dapet nilai tambahan 45🎉🎉🎉🎊🎊 alhamdulillah, sharing kita kurang lebih berhasil. "terimakasih pak aries atas tambahannya" batin kita semua para anggota.
dannnn ternyata ada lagi nih metodenya😣😣 para jagoan disuruh maju kedepan dan membuat soal serta jawabannya, tapi disimpan dalam hati dulu, eaakkk😅. para anggota yang duduk dibangku kelompoknya masing masing, disuruh menyiapkan satu lembar kertas yang nantinya untuk menjawab semua pertanyaan dari para jagoan. ada 8 soal gais, dan karena kita panik, banyak yang salah, huhu hiks😭😭😭 tapi its okey, semua itu ada rezekinya kan, mungkin rezeki kita cukup sampai situ (yang penting bisa jawab jugak😂😆). oh iya, menjawab pertanyaan pertanyaan itu juga ada rule nya loh. jadi, kita satu kelompok, harus menjawab pertanyaannya, sesuai dengan waktu yang ada, beberapa detik gitu kalo nggak berpanmenitan.. jadi melatih kefokusan+ketangkasan berfikir 😄😄😄 alhdulillah, kita kita ini dapet nilai cukup memuaskan. dari 82,5 yang paling rendah sampai 100 yang paling tinggi. yang paling tinggi, jelas jagoan bung tomo yang dapet 🙃
tanggapanju diminggu ini. seminggu ini kan, kerkel, senin rabu kerkel, but, hal ini buat aku semangat kenapa? karena metodenya bikin menarikkan diri ke lubang kefokusan dan kita bisa bagi bagi tugas, sharing sharing. dan lebih seneeenggggnyaaa lagi, aku masuk kelompok yang sadar akan tugasnya😊 bikin terharu kalo masuk kelompokku kali ini.
hikmah yang dapat diambil dari PBM minggu ini:
1. bisa sharing pengetahuan ke orang lain.
2. bisa menguasai kemampuan yang kita dapat.
3. melatih imajinasi.
4. melatih manajemen pembagian tugas juga.
5. mengetahui bahwa mencari ilmu bukan hanya di sekolah, tapi di tempat lain juga bisa.
6. kita harus mendengarkan lawan bicara kita/ sharing temen kita, agar semua paham, hehe.
7. perlu adanya kelegowoan jugak kalo rezekinya segitu, *alhamdulillah
8. kefokusan dan ketangkasan dalam pbm itu juga diperlukan ya
9. dann dalam berkelompok, harusnya kita sadar akan manajemen pembagian tugas tanpa mengandalkan satu orang pun, agar semuanya paham dan tetap menguasainya.
terimakasih ya
itu tadi cerita cerita di minggu ini yang berkelompok dengan orang orang itu (9 anak, gak banyak sih, tapi bikin heboh,wkkw)
selamat beraktivitas kembali semuanyaa 🌾🌾🌾 semangat meraih cita-cita🌼🌼🌼🌼

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....