Kamis, 08 Maret 2018

Ulangan Jadi Pinter Dengan Plickers

Hello Historian......
Alih-alih komputer yang ribet, mahal, dan tidak bisa apa-apa kalau mati listrik ðŸ™‚ , guru yang sudah memiliki akun Plickers cukup memberikan selembar kertas karton yang kita namakan Plickers Card kepada setiap peserta didiknya, lalu membacakan (atau bisa juga menuliskan di papan tulis, atau cara-cara lainnya) pertanyaannya dan meminta para peserta didik mengangkat Plickers Card tersebut sesuai dengan jawaban yang dipilihnya dan mengarahkannya ke guru. Plickers Card memiliki empat sisi dan masing-masing sisinya memiliki label A, B, C, dan D. Pada gambar di bawah ini adalah posisi kalau jawaban yang dipilih adalah B.
Kartu Plickers

Testimoni Peserta Diklat Inovasi Komik Samisanov

Hello Historian......

Berikut adalah dokumentasi presentasi peserta, penutupan diklat hingga testimoni peserta tentang Diklat Inovasi Komik Samisanov. 

Samisanov Nongol di Jepang

Hello Historian......
Sebuah Kebanggan ketika panji SAMISANOV bisa berkibar di luar negeri tepatnya di negeri sakura Jepang. Terima kasih buat kawan Sera yang ikut andil mengenalkan inovasi Samisanov di negeri Jepang. 

Inovasi Samisnaov : Kunjungan Ke Obyek Sejarah di Surabaya

Hello Historian......
Ketika anak smadda berkunjung ke lokasi bersejarah...... Alhamdulillah berfaedah

Tim Ekspedisi Smadda ke Museum Surabaya

Hello Historian......
Sabtu, 3 Maret 2018. Pukul 9 pagi kami mulai on the way ke museum surabaya. Kami kesana menggunakan angkutan uber. Akhirnya kami sampai di museum surabaya pukul 10 pagi, karena sewaktu kami berangkat, terjebak macet dan terjadi hujan. Alhamdulillah kami selamat sampai tujuan, sesampainya di gedung siola, kami langsung masuk menuju museum surabaya. Pertama kali yg kami lakukan adalah merekam keadaan museum surabaya dari luar, lalu salah satu dr anggota kami melakukan pengisian data. Selanjutnya kami mulai melihat semua yg ada di dalam museum surabaya dan tak lupa merekamnya dan bergantian untuk menjelaskannya.

Diklat Inovasi Komik Samisanov

Hello Historian......

Sabtu tanggal 3 Maret 2018 bertempat di OEMISPOT Cafe bakso kepala sapi di daerah Nginden Semolo Surabaya dilaksanakan Diklat inovasi komik samisanov bekerja sama dengan ikatan guru Indonesia (IGI) Kota Surabaya. Dalam diklat ini peserta diberikan materi tentang inovasi membuat komik sebagai media pembelajaran yang menarik.
Pada hari Sabtu ini Surabaya diguyur hujan lebat namun tidak memupuskan semangat peserta untuk mengikuti Diklat inovasi membuat komik hingga selesai.
Materi yang diberikan dalam Diklat ini diantaranya :


Diklat online Samisanov Bulan Maret : "Inovasi Komik Samisanov"

Hello Historian......

Dilaksanakan dengan model online mulai 4-18 Maret 2018
Role :
-peserta mendaftar di link berikut
https://goo.gl/forms/a33bIiT5Rfv1Zi4H2
-peserta membuka materi dan tutorial serta melaksanakan pembuatan komik mandiri.
-bisa share dan tanya jawab di grup telegram samisanov jika mengalami kendala
-peserta mengumpulkan tugas berupa file PDF Komik yg telah dibuat (minimal 10 halaman) melalui link formulir pendaftaran diatas
-batas pengumpulan tugas diklat 18 Maret 2018 pukul 23.30 wib
-peserta yg selesai mengumpulkan tugas akan mendapatkan e-sertifikat
Berikut adalah link materi dan software dlm pembuatan komik :

Inovasi Samisanov : Pejuang Bom Nilai

Hello Historian......
Senin, 5 Maret 2018
Kelas 11 IPS 1 dalam sejarah Peminatan kali ini menggunakan metode pejuang Bom nilai. Metode ini dimaksudkan agar siswa bisa belajar sambil bermain.
Langkah-langkah Dalam metode ini diantaranya :

Inovasi Samisanov : Sepatu Bola Sejarah

Hello Historian......

Selasa 6 Maret 2018, bertempat di kelas 11 IPS 2 pembelajaran Sejarah Peminatan menggunakan metode sepatu bola sejarah. Terinspirasi dari adanya bola di belakang kelas yang biasa digunakan siswa untuk sepakbola waktu jam kosong atau istirahat, maka Pak Aris berinovasi membuat metode pembelajaran bernama sepatu bola sejarah.
Kegiatan dalam metode sepatu bola sejarah diantaranya :

Editing Video Kunjungan ke Obyek Sejarah

Hello Historian......
Kegiatan yang dilaksanakan oleh siswa dalam pembelajaran langsung di Obyek Sejarah Surabaya tentang materi pergerakan nasional, masih menyisakan tahap yg belum dilaksanakan yaitu editing video. Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 22 Surabaya pada hari ini melakasanakan proses editing video dari dokumentasi video yang telah mereka ambil di lokasi. 
Berbicara mengenai media video pembelajaran rupanya terdapat kelebihan dan kekurangannya.

Video Pembelajaran Berbasis Screencast

Hello Historian......
Video merupakan salah satu media pembelajaran yang cukup menarik. Video pembelajaran dapat dibuat dengan beberapa teknik, salah satunya adalah dengan screencasting. Screencast atau disebut juga dengan video screen capture atau screen recorder adalah perekaman secara digital dari sebuah tampilan komputer yang seringkali disertai dengan narasi panduan yang direkam menggunakan mikrofon.
Video pembelajaran menggunakan teknik screencast biasanya berjenis tutorial, misalnya tutorial penggunaan software atau bisa juga berupa paparan. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk membuat video screencast salah satunya adalah Screencast-o-matic. Software ini dapat digunakan secara online maupun offline. Untuk menggunakan software ini secara online kita cukup masuk ke alamat screencast-o-matic.com.

Sarasehan Dalam Jaringan (SADAR) Edisi 49

Hello Historian......
Kabar gembira...SADAR IGI hadir kembali
Semoga kehadiran SADAR IGI sudah dinanti bapak ibu guru hebat seluruh Indonesia. Kali ini SADAR IGI akan menampilkan Tema

*Kiat Menulis yang Asyik dan Menemukan Inovasi Mingguan*
Sudahkah kita menulis, duh koq susah banget sih buat nulis, susah banget buat menuangkan ide dalam menulis, gimana ya cara nya, trus gimana ya caranya agar bisa menemukan inovasi dalam pembelajaran yang tiap minggu bisa berubah ubah agar pembelajaran menjadi menarik??