Rabu, 25 November 2020

DIKLAT 16 SAMISANOV : Penggunaan Padlet Sebagai Media Pembelajaran yang Keren


Apa sih padlet itu? Pernah kan kita menggunakan post it ketika mengajar di kelas (atau misal lagi training)? Biasanya kita kasih suatu pertanyaan, kemudian kita bagikan sticky-note dan anak-anak menuliskan jawaban atau idenya. Sticky-note ini kemudian di tempelkan di tempat yang kita sediakan. Nah bayangkan kita melakukan hal yang sama, tapi versi online. Itulah padlet.

Padlet ini menjadi salah satu edtech andalan guru buat PJJ. Multifunction, mudah dipakai, tampilan menarik, anak-anak juga nyaman pakainya. Jadi kita memiliki sebuah canvas kosong dan canvas ini bisa diisi dengan post-it sesuai kebutuhan. Dari tautan yang kita bagikan, anak-anak bisa mengisi wall ini sesuai instruksi yang diberikan. Beberapa kelebihan dari padlet :

  1. User friendly, tidak butuh waktu lama untuk memahami cara kerjanya.
  2. Versi gratis yang disediakan cukup leluasa untuk kita berkreatifitas.
  3. Bisa digunakan di hp dan komputer.
  4. Tidak mewajibkan murid/peserta untuk login ketika mengisi tautan yang kita berikan.
  5. Tampilannya menarik.
  6. Anak-anak bisa bebas berekspresi karena mereka bisa add picture, gif, voice note, dan video.
  7. Bisa di expor menjadi gambar (.jpeg) atau pdf. Jadi hasil dari refeleksi bisa kita share kembali pada peserta, orang tua, atau di sosial media.
  8. Ada fitur comment yang bisa diaktifkan

Ikatan Guru Indonesia (IGI) melalui kanal pelatihan SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) ingin memberikan pelatihan kepada guru-guru Indonesia dalam membuat pembelajaran yang menyenangkan melalui Padlet. Sehingga kami akan melaksanakan Diklat 16 Samisanov dengan mengambil judul : Penggunaan Padlet Sebagai Media Pembelajaran yang Keren

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 16 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Mengenal Padlet sebagai salah satu media pembelajaran yang menyenangkan

3 Jam

Kelebihan yang terdapat pada padlet sebagai media pembelajaran online

3 Jam

Membuat akun padlet melalui google  

3 Jam

Mengenal dashboard dan jenis template padlet

3 Jam

Mensetting awal untuk membuat media (wall) pada padlet

3 Jam

Membuat postingan pada wall padlet

4 Jam

Menshare padlet pada siswa

3 Jam

Mengoreksi pekerjaan siswa di padlet sekaligus memberikan komentar

5 jam

Meremake (membuat ulang padlet dengan cara cepat)

3 jam

Menyimpan padlet dalam berbagai bentuk (Image, PDF, EXCEL, dll)

4 jam

Penugasan membuat 1 padlet lengkap yang telah di respon oleh siswa

6 Jam

Jumlah

40 jam

Profil Diklat 16 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S. Pd, M.Si

Instansi                             : Trainer Samisanov & Pelatih Nasional IGI

Judul materi diklat       : Penggunaan Padlet Sebagai Media Pembelajaran yang Keren

Pelaksanaan                   : 6-13 Desember 2020

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 16 Samisanov “Penggunaan Padlet Sebagai Media Pembelajaran yang Keren”