Rabu, 18 September 2024

Diklat 100 Samisanov : Belajar Seru dan Efektif, Penerapan Blooket untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa



Dalam era digital yang semakin berkembang, metode pembelajaran tradisional perlu beradaptasi dengan teknologi yang menarik minat siswa. Salah satu pendekatan yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa adalah dengan gamifikasi, di mana materi pelajaran disajikan dalam bentuk permainan yang interaktif. Aplikasi Blooket hadir sebagai salah satu solusi inovatif untuk menggabungkan pembelajaran dan permainan, menjadikan proses belajar lebih seru, menyenangkan, dan tetap efektif.

 

Diklat ini dirancang untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada para pendidik dalam memanfaatkan Blooket sebagai alat pembelajaran interaktif di kelas. Peserta akan dibimbing untuk memahami cara membuat dan mengelola kuis, permainan, serta cara memanfaatkan berbagai fitur Blooket yang dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam belajar.

 

Tujuan Diklat:

  1. Memperkenalkan konsep gamifikasi dalam pembelajaran dan manfaatnya dalam meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa.
  2. Memberikan pemahaman mendalam tentang Blooket, termasuk cara membuat kuis berbasis permainan dan cara mengelola permainan interaktif.
  3. Melatih peserta untuk membuat materi ajar yang menarik dengan menggunakan fitur-fitur Blooket seperti leaderboard, power-up, dan analisis hasil.
  4. Membekali peserta dengan strategi untuk mengintegrasikan Blooket dalam berbagai mata pelajaran dan skenario kelas.
  5. Mengembangkan kreativitas guru dalam merancang pembelajaran yang kolaboratif dan kompetitif melalui pendekatan game.

Materi Diklat:

  1. Pengantar Gamifikasi dalam Pendidikan.
  2. Mengenal Aplikasi Blooket: Fitur dan Fungsinya.
  3. Cara Membuat Kuis dan Game Interaktif dengan Blooket.
  4. Strategi Pembelajaran dengan Blooket untuk Berbagai Mata Pelajaran.
  5. Evaluasi dan Analisis Hasil Pembelajaran melalui Blooket.

 

Metode Diklat:

  • Presentasi dan Diskusi Interaktif
  • Tutorial Langsung tentang Penggunaan Blooket
  • Simulasi Pembuatan dan Pengelolaan Game di Blooket
  • Praktik Mandiri dan Bimbingan

 

Diklat ini sangat cocok bagi guru yang ingin mengubah suasana kelas menjadi lebih dinamis dan interaktif melalui pendekatan pembelajaran berbasis game. Dengan menerapkan Blooket, para pendidik dapat membangun pembelajaran yang lebih menarik, efektif, dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.

 

Profil Diklat 100 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                            : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat       : Belajar Seru dan Efektif: Penerapan Blooket untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa

Pelaksanaan                   : Tanggal 29 September – 6 Oktober 2024

 

 Materi yang akan di berikan dalam Diklat 100 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Pengertian dan konsep dasar gamifikasi dalam dunia pendidikan

1

1

2.       Manfaat Gamifikasi dalam Pembelajaran

1

1

3.       Studi Kasus Penggunaan Gamifikasi di Kelas

1

1

4.       Penjelasan tentang platform Blooket dan cara kerjanya

1

2

5.       Fitur Utama Blooket

1

2

6.       Kelebihan Blooket dalam Pembelajaran

1

2

7.       Cara Membuat dan Mengelola Game di Blooket

1

3

8.       Penjelasan berbagai mode permainan di Blooket

1

3

9.       Menerapkan Blooket dalam Pembelajaran Berbagai Mata Pelajaran

1

3

10.   Evaluasi Pembelajaran dan Analisis Hasil di Blooket

1

3

11.   Mengimplementasikan Blooket dalam pembelajaran di kelas masing-masing

1

3

12.   Penugasan membuat game menggunakan aplikasi Blooket

1

4

Jumlah

12 JP

28 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 100 Samisanov Belajar Seru dan Efektif: Penerapan Blooket untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa”  :