Kamis, 20 Februari 2020

π™‘π™‡π™Šπ™‚ π™Žπ™€π™…π˜Όπ™π˜Όπ™ƒ

Hello Historian......
↳ π™Šπ™‡π™€π™ƒ :
❏.) Lina Anastasya Kartika Hapsari
❏.) Absensi 18
❏.) 12 IPA 4
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
╭┈ ↷ ─ ❝ NGEVLOG ALA SAMISANOV ❞
⌌ — — — — — — — — — — — — — — —
#SAMISANOV
#SATUMINGGUSATUINOVASI
#BersamaPakAries
#PembelajaranMakinEksis
⌎ — — — — — — — — — — — — — — —
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
πŸ“…】 Sabtu, 25 Januari 2020
πŸ“】 Tugu Pahlawan— Museum 10 November
πŸ•”】 09:30 - 14:00
───────── ·  ·  ·  · ➴
╭⋟────────────────╮
✎ . . . Loh? Pelajaran sejarah kok nge
vlog? Memang bisa ya? Gimana sih
metode vlog ini? Yuk kita simak dulu!
╰────────────────⋞╯
➳ Seperti yang kalian ketahui, vlog adalah salah satu media blogger menggunakan video. Banyak sekali variasi model vlog, seperti tutorial, daily life bahkan penjelasan materi pelajaran pun bisa melalui vlog.
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
1.✦┊π˜Ώπ™€π™Žπ™†π™π™„π™‹π™Žπ™„ π™‹π™π™Šπ˜Ώπ™π™†
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
˗ˏˋ『π’Žπ’π’…π’†π’ π’—π’π’π’ˆ』•┈┄┅┉┉┉┉━ •↴
╰➤ Model vlog, vlog saya kali ini punya vibes yang easy going dan beberapa bagian bahkan menggunakan bahasa 'Suroboyoan'─── hampir mirip seperti daily life dimana saya berkunjung ke Museum 10 November dan melakukan aktifitas layaknya 'hang out' tetapi masih fokus pada tujuan utama yaitu penjelasan materi. Hal ini saya lakukan agar teman-teman / viewers khususnya arek Suroboyo bisa memahami materi dengan mudah, terlebih pada vlog kali ini saya berusaha menggunakan gaya bicara seolah-olah saya 'mengobrol' dengan para penonton.


˗ˏˋ『π’‘π’†π’Žπ’Šπ’π’Šπ’‰π’‚π’ π’π’π’Œπ’‚π’”π’Š』•┈┄┅┉┉┉┉━ •↴
╰➤ Pemilihan lokasi, lokasi yang saya pilih adalah Tugu Pahlawan─ salah satu icon terkenal kota Surabaya. Mengapa saya memilih lokasi ini? Supaya para penonton bisa lebih 'familiar' dengan icon kota pahlawan, serta mengenalkan pada penonton bahwa, "Ini loh, Surabaya punya ini.", Selain itu saya memilih lokasi ini agar saya lebih mudah mencari narasumber mengingat bahwa tugu pahlawan dituju banyak sekali pengunjung dari kalangan umur dan pendidikan. Bukan hanya itu, ada musem yang satu lokasi dengan Tugu Pahlawan ini, museum apa itu? Yap, Museum 10 November. Biaya masuknya pun murah, cukup Rp 5.000 saja kita sudah bisa menjelajahi bagaimana bukti-bukti bersejarah yang pernah hidup pada zamannya untuk mempertahankan kemerdekaan. Bagi kalian yang hobi dalam bidang fotografi bisa banget nih berkunjung ke museum 10 November, karena banyak benda-benda bersejarah yang punya nilai seni unik.
˗ˏˋ『π’Žπ’‚π’•π’†π’“π’Š π’šπ’‚π’π’ˆ π’…π’Šπ’ƒπ’‚π’˜π’‚π’Œπ’‚π’』•┈┄┅┉┉┉┉━ •↴
╰➤ Materi yang saya bawakan pada vlog kali ini adalah Indonesia pada masa reformasi, mengapa saya memilih materi ini untuk produk vlog saya? Pertama, karena itu adalah bab yang paling saya kuasai dan saya nyaman dengan bab itu. Kedua, masa reformasi adalah masa yang paling sering dibahas ulang bahkan sampai sekarang, jadi saya berusaha menjelaskan dengan model vlog supaya materi ini tidak terkesan 'monton' atau 'membosankan', di sini sebenarnya letak kuncinya. Saya harus bisa berhasil membawa penonton supaya bisa memahami materi dengan mudah.
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
2.✦┊π˜Ύπ˜Όπ™π˜Ό π™ˆπ™€π™‰π™‚π™‚π™π™‰π˜Όπ™†π˜Όπ™‰ π™‹π™π™Šπ˜Ώπ™π™†
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
⸙. Pertama, buka aplikasi YouTube melalui pc atau mobile phone kalian, lalu klik link berikut ini, [https://youtu.be/FDx5-z9cEwU]
⸙. Pastinya dong, kalau mau streaming harus punya kuota. Jadi, buat kaum pecinta WiFi bisa nongkrong di warkop dulu nih kalau mau tonton video vlog saya.
⸙. Kalian bisa mencari judul vlog saya di YouTube dengan keyword :
〘VLOG SEJARAH゚⸙ INDONESIA PADA MASA REFORMASI〙
⸙. Atur resolusi video sesuai dengan kecepatan koneksi internet anda, tau kan jika resolusi streaming bisa diatur? Mulai dari 144p, 240p, 360p, 480p, 720p sampai 1080p. Kualitas resolusi juga menentukan kejelasan 'video' semakin besar resolusinya maka semakin jernih video nya. Nah, resolusi yang besar juga memerlukan koneksi yang cepat. Jadi, sesuaikan dengan kekuatan internet kalian ya.
⸙. Volume, saya sarankan menggunakan earphone supaya percakapan / dialog dalam video vlog saya erdengar lebih jelas.
⸙. Eitts, jangan lupa ya guys. Beri like dan tanggapan Anda pada kolom komentar. Kalau berkenan juga subscribe akun YouTube saya karena saya akan membuat beberapa video tutorial untuk mengaplikasikan grid terkini.
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
3.✦┊π™ˆπ˜Όπ™‰π™π˜Όπ˜Όπ™ π™‹π™π™Šπ˜Ώπ™π™†
π˜Ώπ™€π™‰π™‚π˜Όπ™‰ π™Žπ™€π™…π˜Όπ™π˜Όπ™ƒ
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
⌂. Membuat pembelajaran sejarah jadi semakin maju, maksudnya bagaimana? Media vlog ini secara tidak langsung menggabungkan sejarah dengan teknologi abad 21 sehingga membuat pembelajaran tidak melulu diterangkan di depan muka, bisa menggunakan video vlog ini contohnya.
⌂. Membantu para audience / viewers memahami dengan cara yang mudah dan easy going. Vlog punya banyak manfaat jika dikolaborasikan dengan materi pelajaran karena membuat suasana pembelajaran online ini menjadi santai. Jika pikiran kita nyaman, terlebih dalam sebuah vlog pasti ada unsur komedi dan obrolan seperti, "Bagaimana hari ini guys?" maka, penonton pasti lebih mudah menerima materi yang disampaikan dibanding dengan penyampaian materi melalui bacaan ( mengingat sekarang sayang sekali minat baca pelajar sudah mulai berkurang ).
⌂. Membuat siswa semakin penasaran dengan 'bagaimana sih kok masa reformasi bisa begini?' dengan sistem vlog yang dilakukan 'di tempat bersejarah' siswa bukan hanya fokus ke materi, tetapi secara tidak langsung ingin mengetahui bagaimana sejarah di tempat tersebut. Ini akan membuat minat siswa pada bidang sejarah semakin menguat. Hal ini tentu saja sesuatu yang sangat positif karena dengan 'ingin tahu' tentang sejarah, berarti secara tidak langsung siswa juga ingin mengetahui masa lalu bangsa & negara nya agar tidak terulang.
⌂. Melestarikan sejarah dengan metode modern. Produk vlog ini juga membuat sejarah dilestarikan dengan cara yang 'modern', sekarang sering kali sejarah mulai dilupakan padahal banyak sekali didirikan museum-museum dengan tujuan agar orang-orang bisa mengetahui masa lalu perjuangan para pahlawan yang patut dihormati melalui bukti peninggalan. Nah, vlog memuat banyak scene yang merekam bukti-bukti peninggalan juga tempat bersejarah sehingga vlog bersejarah secara tidak langsung juga melestarikan sejarah Indonesia.
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
4.✦┊π™π˜Όπ™‰π™‚π™‚π˜Όπ™‹π˜Όπ™‰
π™π™€π™ˆπ˜Όπ™‰-π™π™€π™ˆπ˜Όπ™‰
π™π™€π™‰π™π˜Όπ™‰π™‚ π™‘π™‡π™Šπ™‚ 𝙄𝙉𝙄
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
❡• Yasinta Ika Faradila : ❝Pro banget.❞
❡• Hapid Khoirul Huda : ❝Mantab.❞
❡• Erva Dayana : ❝Uwuuu banget.❞
❡• Zidane Rafi Yanuar : ❝πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»
❡• Amirah Daffa Amaris : ❝Mantull lina.❞
❡• Herlina Widya Isyaura : ❝Kipasan ae rek.❞
❡• Dewi Fitria Wulansari : ❝Mantaapp.❞
❡• Florencia Putri Setyawan : ❝Muantabb lin.❞
❡• Erdina Febriyanti : ❝Uwaauw mantab lin.❞
❡• Devaldi Anto : ❝Mantap lin.❞
❡• Hadi Wijaya : ❝Semangat.❞
❡• Fadia Ainina : ❝Aku iki ajaken jalan-jalan poo.❞
❡• M. Sultan : ❝Mantab lin. Nice nice.❞
❡• Bela Fatikasari : ❝Bagus bet lin sumpah. Tapi sayang opini dosennya gak kedengeran dahal bagian yang paling bikin penasaran.❞
❡• Ainun : ❝Baguusss.❞
❡• Nurlita Septi Indah W. : ❝Mantap.❞
❡• M. Rafi Aditya : ❝Mantap bet lah lin.❞
❡• Fatimatus Sa'diyah : ❝Manteb ada blackpink sama itzy e barang.❞
❡• Femy Atha : ❝Comel.❞
❡• Hanifa Dyah Putri P. : ❝Ih gila mantaaab.❞
❡• Taza Athirah Kamalatsyah : ❝Manteepp.❞
❡• Rafael Fillah : ❝Makasih lin... Materinya bermanfaat. Btw jadi lebih'ngeh' nih sama materi bab 5.❞
❡• Restifar Amalia : ❝Mantab betul as always.❞
❡• Putra Ardian : ❝Mantul lina. Editan e mantul kyk sg tak ajari wingi.❞ (Padahal saya gak belajar ngedit dari siapapun dan saya otodidak, dia pun juga gak ngajari saya. Rodok lawak iki tanggepan e. )
❡• Kurnia Yuli : ❝Whee mantap. Materi yang dibahas juga jelas.❞
❡• Delia Sagitaningrum : ❝Aaaaa apik.❞
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
5.✦┊π™π˜Όπ™‰π™‚π™‚π˜Όπ™‹π˜Όπ™‰ π™‹π™π™„π˜½π˜Όπ˜Ώπ™„
π™Žπ˜Όπ™”π˜Ό π™π™€π™‰π™π˜Όπ™‰π™‚ π™‹π™π™Šπ˜Ώπ™π™†
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
Produk vlog ini punya banyak sekali sisi positif bagi diri saya,
※ Pertama, melatih keberanian saya berbicara di tengah-tengah keramaian tugu pahlawan dan museum 10 November pada hari Sabtu.
※ Kedua, membuat saya semakin tertantang untuk mempelajari sejarah dengan lebih dalam lagi.
※ Ketiga, memicu saya untuk bertindak cepat tanggap ketika menjelaskan kepada calon narasumber mengenai materi yang saya bawakan.
※ Keempat, adanya vlog ini juga membuat saya belajar menjadi vlogger amatiran, siapa tau kan? Bermula dari vlog sejarah ini nantinya saya akan bisa membuat vlog-vlog bermanfaat lainnya.
※ Kelima, vlog ini membuat saya mengenal teknologi, memanfaatkan teknologi dan mengaplikasikan teknologi dengan cara editing video.
Kesimpulannya, vlog ini memberi saya banyak sekali manfaat untuk diri saya agar lebih maju lagi kedepannya. Terimakasih pak Aries!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....