Kamis, 20 Februari 2020

Jagoan Kudunya Gini

Hello Historian......
Gambar mungkin berisi: 3 orang, orang tersenyum, orang duduk
HaLoOoOo temaan temaann...
Yaap ketemu lagi nih sama kita kelompok 3, eehh tunggu dulu walaupun kelompok kami sama, tapii kita kembali dengan metode PBM yang berbeda lagii apasih PBM yang kita terima hari ini? Pengen tau?? Simak penjelasannya yaaa....
Oooh iyaa sedikit infonih salah satu dari anggota kelompok kami yaitu Valen hari ini tidak masuk dikarenakan sakiitt huhuu🥺, semogaa cepat sembuhyaa kawaan💖💖💖 Okee lanjut 👉
Rabu, 12 Februari 2020
Siang ini pda saat jam pelajaran ke-7 Pak Aries kembali masuk kekelas untuk menerangkan pelajaran yang sama dengan bab baru yaitu " Respons Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dan Kolonialisme Barat " dan tentunya metode penyampaian yang baru. Begitu masuk kelas beliau langsung menuliskan agenda kegiatan dipapan dan mulai menerangkan agenda tersebut.
Jadi metode yang digunakan hari ini bernama " Jagoan Kudunya Gini ". Langkah pertama satu kelas dibagi menjadi 4 kelompok dan berkumpul dengan kelompoknya sendiri-sendiri, setelah berkumpul dengan kelompoknya sendiri-sendiri kami semua diberi waktu selama 20 menit untuk memahami seluruh materi yang tertera pada 3 halaman LKS Sejarah peminatan tersebut. Semua anggota fokus membaca dan memahami materi tersebut dengan seksama, setelah 20 menit berlalu semua siswa berhenti untuk membaca dan menutup buku LKS serta ditumpuk menjadi satu, setelah itu kami disuruh untuk memilih siapa jagoan yang akan mewakili kelompok kami, kiraa kiraa siapaa yaa yang mewakili kelompok kami? Oke oke tenang gak usah marah marah dong, yang mewakili sebagai jagoan hari ini adalah Ananda alya, yaapss perempuan dengan tubuh tinggi dan paras cantik tersebut terpilih menjadi jagoan kami.


Setelah menentukan jagoan, tiap jagoan dari masing masing kelompok berdiri daaann jagoan dari masing-masing kelompok tersebut harus menerangkan materi yang sudah dipelajari tadi dengan padat dan jelas dalam waktu 2 menit sajaa 🙀🙀, digilir mulai dari jagoan kelompok 1, 2, 3, dan 4. Selanjutnya kami diberikan modal nilai oleh pak aries, dari mana sih modal nilai itu? Ya tentu kami dapat dari hasil presentasi yang dijelaskan oleh jagoan kami tadii, sayangnya kelompok kami hanya mendapatkan modal nilai 10 🥺.
Ehhh tapi ternyataa tidak sampai situ saja loo teman-teman, ada lanjutannya nihhh. Seluruh jagoan dari tiap-tiap kelompok disuruh untuk maju kedepan dan kami anggota kelompok diperintahkan untuk menyiapkan masing" selembaran kertas beserta bulpen yang melekat ditangan. Ternyata jagoan kami diperintahkan untuk bergantian memberikan pertanyaan tentang materi yang sudah dijelaskan oleh jagoan tadii secara bergiliran, dan kamilah yang bertugas menjawabnyaa dalam selebaran kertas yang sudah disediakan. Terdapat 8 pertanyaan yang tadi disampaikan, setelah itu kami mengoreksi nya bersama sama dan nilai yang didapat ditambahkan dengan modal nilai yang kami dapat diawal.
Materi:
Respons Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dan Kolonialisme Barat .
📍Bidang Politik
Respons/perlawanan rakyat Indonesia dalam bidang politik masih sangat bersifat kedaerahan, namun pada abad XX mulai menjadi titik balik dari rakyat Indonesia, rakyat Indonesia mulai melawan Bangsa Barat atas dasar rasa Nasionalisme dan menggunakan para kaum intelektual muda sebagai penggerak.
📍Bidang Ekonomi
Pada dasarnya kedatangan bangsa Barat ke Indonesia adalah karena faktor ekonomi, sehingga ketika mereka berada di Indonesia mereka ingin membuka jalur perdagangan baru, mencari keuntungan ekonomis serta mengakui tanah" pribumi sebagai wilayah kekuasaan nya. Adapun perlawanan yang terjadi antara lain:
🔥Perlawanan tehadap Portugis.
Dikarenakan upaya monopoli perdagangan yang dilakukan Portugis dianggap mengganggu eksistensi pedagang lokal dan raja raja lokal.
🔥Perlawanan terhadap VOC.
Dikarenakan usaha VOC memperluas wilayah, tidak hanya untuk dimonopoli tetapi juga untuk dijadikan wilayah kekuasaan.
🔥 Perlawanan terhadap Pemerintah Kolonial Belanda.
Dikarenakan kebijakan ekonomi yang digunakan Belanda digerakkan dari tiga sektor yaitu perkebunan penyewaan tanah dan penarikan pajak. Keuntungan dari ketiga sektor tersebut dikirim ke Belanda untuk membangun negeri Belanda, sementara itu rakyat hindia-belanda diabaikan dan ketika sektor tersebut sama sekali tidak memberikan keuntungan ekonomi bagi rakyat.
📍Bidang Sosial Budaya.
Hal ini dikarenakan politik segregasi yang diterapkan oleh pemerintah kolonial Belanda, dalam politik segregasi Indonesia menempati tempat paling rendah, hal inilah yang menimbulkan perlawanan rakyat Indonesia.
📍Bidang Pendidikan
Pendidikan di Hindia Belanda mulai mendapat perhatian pemerintah kolonial Mereka pun menerapkan kebijakan politik etis dan mulai membangun sekolah-sekolah dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi namun tidak semua kalangan dapat mengenyam pendidikan di sekolah Belanda sehingga beberapa tokoh pahlawan Indonesia mendirikan ruang pendidikan antara lain taman siswa yang berlaku untuk pemuda di Jawa dan Madura dan Kayu Tanam yang berlaku untuk pemuda yang ada di Sumatera Barat.
Ohh iyaa berikut adalah nilai akhir yang kami dapatkan:
1. Ananda alya : 100
2. Aulia Syifa : 97,5
3. Eva Trie : 97,5
4. M. Aditya : 97,5
5. Renanta : 97,5
6. Rifky A : 97,5
7. Shafira : 97,5
8. Veronica : 97,5
Sekiaaan penjelasan kami tentang kegiatan PBM hari ini.
Salam SAMISANOV.
Satu Minggu Satu Inovasi
Aries Prasetya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....