Jumat, 16 Maret 2018

Cara Menggunakan Plickers

Hello Historian......


Plickers merupakan sebuah alat penilaian untuk memberikan pengujian secara cepat akan pengetahuan siswa anda melalui soal berbentuk pilihan ganda, pernyataan benar atau salah, poling dan masih banyak lagi. Plickers memungkinkan kita membuat kelas interaktif khususnya dalam memberikan penilaian ke siswa. Untuk menerapkannya di kelas, caranya cukup mudah, siswa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan tidak membutuhkan alat atau gawai, namun hanya perlu kertas atau kartu dengan gambar kode tertentu mirip seperti QR Code kemudian akan digunakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Guru akan mengecek jawaban dengan gawai yang sudah terinstal Plickers App di dalamnya. Anda bisa menggunakan smartphone atau tablet baik dengan IOS maupun Android.

Kunjungan Tim Histouristoc Kabarejji ke Museum Nahdlatul Ulama, Surabaya.

Hello Historian......
Bangunan Museum Nahdatul Ulama (NU) berbentuk bundar seluas 1000m2, Menempati lahan seluas 300 m2. Museum berlantai 3 ini terletak di kawasan gayungsari timur, 300 meter arah timur Masjid Al Akbar, surabaya. Anda dapat melihat copy dokumen resolusi jihad NU yang berperan sangat penting dalam pertempuran 10 Nopember 1945. Kesan kami saat melakukan kunjungan ke Museum NU ini kami jadi lebih mengetahui sejarah tokoh tokoh NU, dan jalan jalannya jadi lebih bermanfaat. Selain itu, tugas ini juga mengedukasi siswa secara obyektif karna melihat secara langsung objek peninggalan nya. #BERSAMAPAKARIES #SEJARAHMAKINEKSIS

Inovasi Samisanov : NOSTALGIA masa lalu (MUSEUM HOS COKROAMINOTO)

Hello Historian......

Pada hari sabtu tanggal 3 Maret 2018 ,Tim kami melakukan ekspedisi ke rumah HOS COKROAMINOTO untuk melakukan tugas dari guru sejarah kami yang inovativ yaitu Pak ARIES EKA PRASETYA,,,yak daripada kelamaan membaca mari kita nonton videonya ya.....

Inovasi Samisanov : KUNJUNGAN MUSIUM DE JAVASCHE BANK

Hello Historian......

Pada tanggal 3 maret 2018 kita mendatangi musium De Javasche Bank inu merupakan tugas dari guru sejarah kami yaitu Pak Aries dan merupakan salah satu gerakan smaisanov. Musium ini berada di jalan rajawali 1 surabaya utara saat masuk ke wilayah nya kita sudah bisa melihat banyak gedung gedung tua yang masih berdiri kokoh dan salah satunya adalah gedung De Javasche Bank ini,sebenaranya gedung ini juga ada di jakarta yng sekarang dijadikan bank BI dan surabaya adalah salah satu cabang nya di musium ini terdapat banyak beberapa uang dari jaman belanda hingga saat indonesia merdeka dan juga terdapat mesin mesin pencetak ,penghancur uang dan loket untuk transaksi bank dan masih banyak lagi.

Inovasi Samisanov : Go To Museum Surabaya

Hello Historian 

Kami berkunjung ke museum surabaya yang berada di jalan tunjungan no 1 tempatnya ada di gedung siola. Diluar gedung siola ada ornamen kereta api uap pada zaman dahulu.digedung siola berbagai banyak barang peninggal sejarah.tidak hanya barang peninggalan bersejarah, ada permainan tradisional disana salah satunya adalah dakon. Ada juga makanan khas surabaya kesenian kota surabaya, pakain surabaya,dan banyak hal lainnya. Ingin tahu apa saja yang nerada di museum surabaya? Lets to watching everyone

Apa itu inovasi ?

Hello Historian......


Setiap inovasi hadir dari pemikiran sang inovator.....
Setiap pemilik jiwa inovator memiliki style dan cara tersendiri dalam berkreasi....
Bisa jd dia style nya di IT....
Bisa jd dia style nya di non IT...
Bisa jd dia style nya cuman mengekor inovasi lainnya.....
Bisa jd dia ngaku2 bikin inovasi tp "mencuri" inovasi orang lain.....
Bisa jd dia cuman bisa "nyinyir" inovasi org lain tp g tau mau bikin inovasi apa.....

Anda yg mana?
Banyak style manusia dlm dunia inovasi
Tapi yg punya niat, jiwa dan positif thinking serta mimpi beribadah dalam langkah kreasinya.....yg akan ikhlas berbuat..... Berbagi..... Dan tak takut habis idenya......
Ayo terus Sharing and Growing Together

Inovasi Samisanov : Nobar Video Kunjungan ke Obyek Sejarah di Kota Surabaya

Hello Historian......
Senin 12 Maret 2018, pembelajaran Sejarah Peminatan di kelas 11 IPS 1 dilaksanakan menggunakan metode nobar atau nonton bareng. Kali ini dengan melihat video hasil dokumentasi siswa ketika melaksanakan kunjungan ke objek objek sejarah yang ada di kota Surabaya.
Mereka tidak hanya sekedar mempresentasikan hasil video yang telah mereka buat tapi juga melaksanakan tanya jawab sekaligus penilaian untuk proses produksi video tersebut. Dalam pembelajaran kali ini tiap kelompok merasakan adanya tantangan karena mereka harus menjawab pertanyaan dari Pak Aries sekaligus memberikan kesimpulan tentang pelaksanaan nobar kali ini. 

Promosi Buku Karya Aries Samisanov

Hello Historian......


Buku sama seperti jendela yang berfungsi untuk memperoleh informasi atau melihat keadaan di luar,buku sangatlah berarti dan bermanfaat ,dengan membaca buku kita dapat memperoleh ilmu dan wawasan yang luas…
Dan bagi kita para Pembelajar,buku sangatlah penting dan berguna,karena dengan adanya buku kita dapat menggunakannya sebagai sarana belajar.


Apa itu Class123 ?

Hello Historian......



Menilai sikap siswa (afektif) dan absensi terkadang menjadi pekerjaan yg plg menyibukan guru. Tapi dengan aplikasi ini menilai seperti "bermain" dan bisa di lakukan di saat langsung di kelas. Tidak lagi "ngaji" alias ngarang biji tp semua serba reality.
Karena inovasi dipakai untuk mempermudah gerak dan kreasi kita.
Mau coba?

Mencoba Mengenal Plickers

Hello Historian......

Jika ulangan serasa membosankan kudu bawa kertas atau kudu scan LJK dsb. Maka di zaman NOW ayo ulangan dengan cara setor kartu doank. Terinspirasi dari lelang di bursa efek dan menggabungkan kemampuan scan kode maka hadirlah aplikasi ini. 

Boleh Donk Kolaborasi Samisanov dan Sagusanov

Hello Historian......
Mendapat kiriman jaket Sagusanov menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi saya. Seorang Founder Samisanov merasa bangga bisamemakai Jaket Sagusanov. Memang pada dasarnya Samisanov dan Sagusanov memiliki tujuan yang sama dalam hal inovasi.

Buku Samisanov 4 Mendarat di Surakarta

Hello Historian......

Pak Pono, penjaga madrasahku, menghampiriku saat masih berkutat dengan naskah modul sejarah yang on process. "Pak rusdi, itu ada paket buat bapak," katanya.
"Apa pak ? Buku kah ? Tanyaku
" iya kayaknya," kata pak Pono
Langsung tanpa pikir panjang langsung lari menuju ruangan pak Pono, karena dia bilang paketnya ada di ruangannya.
Terlihat ada paket bersampul coklat, ada nama ku di sana dan juga pengirimnya.
"Pengirim"
Aries Eka Prasetya
SMA Negeri 22 Surabaya...

Inovasi Samisanov : Debat Panel History

Hello Historian......
Selasa 13 Maret 2018 di kelas 11 IPS 1 metode pembelajaran Sejarah Peminatan dilaksanakan menggunakan metode debat panel history. Metode ini ditujukan agar siswa selain bisa berbicara secara tertulis, namun juga bisa mempertahankan pendapatnya secara lisan. Mengasah kemampuan mereka bisa tampil berani dalam berbicara di depan forum.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode ini diantaranya :

Ketika logo Samisanov telah berkibar di Negeri Singapura

Hello Historian......
Samisanov  merupakan kependekan dari SAtu MInggu SAtu iNOVasi. Sebuah gerakan yang di gagas oleh Aries Eka Prasetya, guru sejarah dari SMA Negeri 22 Surabaya. Samisanov merupakan gerakan moral yang mengajak guru dan siswa serta masyarakat umum untuk selalu melakukan perubahan dalam inovasi dan kreasi setiap minggunya dalam usaha menginspirasi orang lain agar termotivasi lebih baik lagi kedepannya.

Penilaian Sikap (Afektif) berbasis Class123

Hello Historian......

Mengenalkan sistem penilaian class123 dimana setiap siswa akan dinilai sikapnya (afektif) secara reality di kelas ataupun di saat PBM di luar kelas.
Dimana nanti siswa akan memperoleh card atau kartu penghargaan setiap melakukan hal + dan dpt kartu hitam jika melakukan perbuatan - (tdk dpt kartu)
Bagi yg ingin belajar mengakses bisa download aplikasinya di play store. 

Inovasi Samisanov : Cerdas Kudu Cermat Sejarah

Hello Historian......


Rabu 14 Maret 2018 pembelajaran Sejarah Peminatan di kelas 11 IPS-3 pagi hari dilaksanakan menggunakan metode cerdas kudu cermat sejarah. Pertemuan kali ini membahas materi tentang perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Jepang. 

Setelah memberikan penjelasan secara umum mengenai materi Pak Aries melaksanakan metode cerdas kudu cermat sejarah.
Langkah-langkah dalam pembelajaran ini diantaranya yaitu :

Renungan dalam Perjuangan

Hello Historian......

Dalam suatu malam pernah saya melihat angka-angka ini....
(5+4+9+7+5+6+9+4+4+5+8+9.....dst)
Bayangkan kalo itu progres kita dalam hidup....berjuang semangat bisa juara, bisa kaya, bisa sukses dsb....

Tapi diakhir angka2 td harus dikalikan dengan 0
Apa itu 0 ? Kematian
Sehebat sekaya sesukses apapun kita selalu ingat nanti akan mati dan itu pasti
Dalam kondisi mati antara orang yg sukses dgn yg tdk sukses sama derajatnya, org yg kaya dgn yg miskin pun sama kedudukannya....semua terbujur kaku di dalam lubang tanah bisu tanpa kata dan tak ada yg bisa dibanggakan
Lalu apa yg harus kita lakukan sekarang?

Untuk cara cepat mengisi raport online

Hello Historian......

Petunjuk Singkat Exim Nilai Dapodik 2018b versi 1.0

Syarat-syarat kebutuhan :
Sebelum dapat menggunakan aplikasi Exim Nilai Dapodik 2018b v1.0 harus sudah terinstall aplikasi Dapodik 2018b Patch 2.0 dan sudah menyusun urutan mata evaluasi dari masing-masing rombel pada tahun ajaran tertentu.
Untuk dapat menggunakan aplikasi Exim Nilai Dapodik 2018b harus sudah terinstall driver psqlodbc dan Net Framework 4.0
Karena ukuran file aplikasi sangat kecil (portable) maka sementara antivirus didisable/non aktifkan terlebih dulu karena sering kali akan dideteksi sebagai aktifitas virus.
Sudah terinstall Microsoft Office versi 2010 atau versi diatasnya.

Belajar Bikin TTS Sejarah

Hello Historian......

Alhamdulillah kalo ada ilmu baru kudu langsung di praktekan dan langsung di refleksi bagian mana yg bisa di beri sentuhan inovasi. Pagi ini di saat siswa lagi melaksanakan istiqosah di masjid, mencoba mengisi waktu dlm 20 menit jadilah TTS Proklamasi. 

Inovasi Samisanov : Ngomong Dadakan

Hello Historian......


Kamis 15 Maret 2018 di kelas 11 IPS 2 dilaksanakan pembelajaran Sejarah Peminatan dengan materi perlawanan bangsa Indonesia terhadap pendudukan Jepang. Metode yang digunakan dalam pembelajaran kali ini yaitu Ngomong Dadakan.
Metode ini tidak lebih dari belajar cepat dalam memahami materi sejarah dengan cara menceritakan kembali apa yang telah siswa pahami.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode ini diantaranya yaitu :