Selasa, 11 Desember 2018

Mengenalkan Game LINIMASA pada siswa

Hello Historian......


Assalamualaikum gesssπŸ™‹
Aku balik loh... Hehe πŸ˜…
Udah selesai uas nih, dan tinggal menunggu remidi aja πŸ˜…
Hari ini, pbm sejarah Aries Prasetya, bukan pelajaran sih aslinya, tapi main main~^-^
Pak Aries memperkenalkan permainan kartu sejarah yang namanya LINIMASA. Yang insyaallah di launching pada bulan januari 2019 mendatang. LINIMASA ini permainan nya bentuknya kartu. Kartu ini bergambar tentang sejarah, seperti gambar Bung Tomo, R.A Kartini, dan tokoh tokoh lainnya. Selain itu, di kartu tersebut ada soal nya loh, dan ada juga yang ada jawabannya.
Dalam permainan ini terdapat 3 macam permainan + aplikasi AR yang bisa di download di playstore.




Permainan nya itu ada 3 cara, antara lain : tautan tokoh, yang ke dua memori waktu, dan yang ke tiga adalah kalayuda. Nah pak aries membagi menjadi 4 kelompok (perderet). Kemudian di bagi nih, Kelompok 1 adalah permainan tautan tokoh, kelompok 2 permainan memori waktu, kelompok 3 adalah permainan kalayuda, dan Kelompok 4 dokumentasi + menscan AR. Nah, aku dan teman teman ku termasuk dalam kelompok 3 yang bertugas memainkan dan menerangkan cara bermain LINIMASA (Kalayuda).

Ohh iya gesss, aku akan jelasin gimana cara bermain LINIMASA (kalayuda) yang dimainkan oleh kelompokku tadi :
-Pertama yg harus kita lakukan adalah salah satu pemain harus mengocok kartu terlebih dahulu, setelah dikocok bagikan kartu kpd pemain yg lain masing2 dua kartu.
-Kedua adalah masing2 pemain memilih peristiwa sejarah dan kronologinya yang dipahami dr dua kartu yg dimiliki tadi kemudian kartu yg tidak dipilih diberikan kepada teman sampingnya.
- Ketiga masing2 pemain sudah memegang 2 kartu yg dipahami dan kartu yg dari teman nya tadi setelah jika sudah tau kronologi peristiwa yg ada dikartu tersebut urutkan dari KIRI yg terjadi terlebih dahulu.
-Keempat balik kartu tersebut secara bersamaan yg kartunya benar sesuai urutan akan mendapat skor 2 dan sampai ronde selanjutnya.

Dari permainan LINIMASA ini kami jadi lebih mudah belajar memahami dan mengingat peristiwa sejarah Indonesia, di karenakan kartu permainan ini gambar nya menarik, berwarna, dan di lengkapi dengan scan AR yang bisa memunculkan gambar 3D dari tokoh dalam kartu tsb.
Intinya belajar sejarah akan sangat lebih menyenangkan. Dan tidak membosankan.
Cita cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar benar di dukung oleh sejarah kekuatan kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri. Sejarah adalah suatu perjanjian di antar orang yang sudah meninggal, yang masih hidup dan yang belum di lahirkan.
Oke gess maafkan ainnun yang menulis caption sepanjang ini karena aku percaya, orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama iya tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.
Masuk a rek!! Masuk pak EKO!! saranghaeoπŸ˜…
Ada video nya nih gesss....
Sekian yaaaaaa maaf kalo ada salah kata, w assalamualaikum πŸ˜Š
Capt. By alrin and me

Berikut tentang Game LINIMASA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....