Selasa, 11 Desember 2018

Ilmu dari Sebuah Peristiwa

Hello Historian......


Melalui kegiatan Road show perpustakaan daerah Jawa Timur pada Jum'at tanggal 23 November 218 di Jombang, ada beberapa pelajaran yang dapat saya ambil :
1. Jangan mengambil job yang kamu tidak kuasai.
Hal ini dikarenakan saya bukan pustakawan saya juga tidak tahu seluk beluk perpustakaan hanya pernah berkunjung di Perpustakaan Nasional Jakarta, Singapura dan busan Korea Selatan. Kemampuan belajar secara otodidak tentang digitalisasi perpustakaan buat saya paham sedikit tentang perpustakaan modern. Dengan kemampuan yang sangat minim itu saya berani untuk memaparkan materi tentang digitalisasi dalam perpustakaan modern.
Sebuah kecerobohan dan kebodohan yang harus mendapatkan sentuhan inovasi didalamnya biar gak malu karena tidak menguasai materi.


2. Saya melupakan slogan hidup saya sendiri yaitu : Maju tanpa Persiapan maka kau akan pulang bawa kemaluan.
Materi tentang perpustakaan yang saya harapkan dari seorang teman sampai dengan hari H tidak pernah terkirim. Akhirnya dengan belajar kesana kemari, sampailah pada satu titik saya ingin membuat materi sendiri yaitu digitalisasi untuk menciptakan perpustakaan yang modern.
3. Sederhananya presentasi bisa ditutupi dengan pengalaman di lapangan.
Dalam kegiatan ini jelas saya banyak bercerita ngalor-ngidul menceritakan pengalaman selama berkunjung ke perpustakaan modern di negara-negara lain. Dan berupaya memberikan solusi-solusi yang masih tahapan teori.
Apapun yang terjadi pada Jumat lalu merupakan catatan yang harus saya garis bawahi dalam diri saya jangan terlalu berharap pada seseorang.
Seperti kata Ali bin abi tholib.....
"aku sudah pernah merasakan kepahitan dalam hidup, dan yang paling pahit adalah berharap pada manusia"
Apapun Yang Terjadi saya banyak mengucapkan terima kasih
Buat kesempatan yang diberikan
Buat janji yang tak pasti
Dan buat semuanya terutama waktu yang berlalu
Ditulis dalam kegalauan di saat menunggu hujan reda di bumi pandaan
Sabtu, 24 November 2018
Video presentasi bisa dilihat disini :
https://youtu.be/vb6W0K2hkgs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....