Senin, 20 April 2020

PBM Sebelum Libur Korona

Hello Historian......
Gambar mungkin berisi: 19 orang, orang berdiri dan luar ruanganGambar mungkin berisi: 19 orang, pernikahan dan luar ruanganGambar mungkin berisi: 12 orang, teksGambar mungkin berisi: 3 orang, orang duduk, sepatu, anak, pohon dan luar ruanganGambar mungkin berisi: 2 orang
Ketika Korona belum memporakporandakan PBM di sekolah .....
Pak Aries pernah bikin beginian.....
Tata cara kegiatan
"Quiz Strata Lomba Kelas TER dlm PBM Sejarah"
Quiz ini adalah quiz akhir yang di selenggarakan dalam PBM Sejarah yang dibimbing oleh Pak aries untuk mengetahui tingkat prestasi siswa dan kelas (mengkomparasi hasil dan mengadakan semacam perlomabaan antar kelas XI IPS yang dibimbing dalam sejarah peminatan)..

Quiz ini diawali dengan PBM sejarah peminatan materi bab 3 tentang "Proklamasi" yang menggunakan pendekatan proyek (silahkan lihat proyek "Menumbuhkan jiwa kepahlawanan pada generasi muda") menggunakan beberapa aplikasi seperti Ms. Word Online, Power Point Online, One Drive, One Note, Aplikasi editing gambar dan video seperti AVS dan di kemas menarik menjadi presentasi berbasis SWAY dan evaluasi menggunakan Quipper School.
Proyek tersebut telah dilaksanakan pada minggu yang lalu, dan untuk mengasah kompetensi dan hasil pemahaman siswa terhadap bab 3 maka pak Aries Prasetya mengadakan inovasi berupa lomba kelas TER dengan menyelenggrakan Quiz Strata di tiap kelas dan nantinya akan di adu dan dipilih diantara kelas XI IPS-1 hingga XI IPS-3 manakah kelas yang paling TER.
Tahap Quiz per kelas (tahap 1)
Melaksanakan Quiz berbekal materi bab 3 "Proklamasi" yang diinataranya yaitu :
1. Quiz "Peringkat 1"
Quiz ini mengadopsi kuis yang ada di TV yaitu "Peringkat 1" dimana siswa di dudukan di lapangan dan mendengar soal dari guru (soal tentang bab 3). Setiap siswa menuliskan jawaban di kertas kemudian siswa yang benar menjawab akan tetap berada di tempat sedangkan yang salah meninggalkan tempat Hingga soal ke-10 akan diperoleh beberapa siswa yang terbaik di kelas tersebut.
2. Quiz Kereta Sejarah
Setiap siswa berpasang-pasangan untuk suit dan yang menang suit berhak memberikan pertanyaan. Bagi yang menang dalam proses menjawab dan bertanya tersebut maka berhak menjadi Lokomotif sedangkan yang kalah harus menjadi gerbong alias mengekor di belakang sang lokomotif. Hal ini terus dilakukan sehingga pada akhirnya akan dijumpai yang awalnya ada berpuluh gerbong dan lokomotif akan saling menyambung menjadi satu kereta panjang karena tiap lokomotif akan beradu suit yang kalah dalam tanya -jawab harus menjadi gerbong paling akhir di belakang gerbong sang lokomotif tersebut. Nah diperoleh dech......lokomotif dengan gerbong paling depan sebagai TOP Siswa sedangkan berangsur kebelakang semakin surut (ini untuk menentukan penilaian)
3. Quiz Debat Sejarah
Kelas dibagi menjadi 2 kelompok besar (jig saw) dan dibentuk kelompok golongan tua dan golongan muda. Dua kelompok tersebut diberi waktu untuk berdiskusi mengenai pandangan generasi tua (kelompok 1) dan generasi muda (kelompok 2) untuk menyikapi tentang kekalahan jepang dan proses proklamasi kemerdekaan RI. Diberikan stimulus dan sedikit provokasi agar debat semakin panas dan heboh dan siswa yang mau beerbicara akan mendapat nilai sedaangkan yg pasif atau tidak mau berbicara di nilai kurang. Dengan cara ini alhamdulillah semua siswa mau berpendapaat dan melaksanakan debat dengan bagus.
4. Quiz Estafet Sejarah
Quiz ini hampir sama dengan estafet yang sering dilaksanakan dalam PBM sejarah Pak Aries Prasetya. Dibentuk 5 kelompok besar dimana tiap kelompok menyiapkaan (membuat 5 soal dan jawaban). Tiap melaksanakan estafet :
-mengambil 2 helm
-mengaakses minuman segar di kantin
-menuju tempat soal yang telah disembunyikan
-berselfie di tempat yang telah ditentukan
(estafet ini dilaksanakan tiap 2 siswa yang terceoat menyelesaikan tugas akan mendapat skor paling tinggi)
Selesai
(Tahap 2) di laksanakan lomba kekompakan kelas berupa
Lomba mading dan Yel2 kelas
(Buat semua kelas x dan xi ips yg dibimbing Pakaries Ok)
Tahap pembuatan mading
1. Buat mading yg di dalamnya terdapat kenangan kelas kalian dlm PBM sejarah selama satu tahun di bimbing pak aries (kalian bisa memakai bahan poto dari FB pak aries atau fb grup point atau koleksi kelas kalian)
2. Ukuran mading yaitu 1 karton manila dengan kreasi sesuai inovasi kelas dan hiasan2 menunjukan ciri kelas
3. Faktor yg dinilai adalah keunikan dan menunjukan tema #SejarahMakinEksis berisi rekaman PBM sejarah di kelas kalian
4. Dibagian belakang harap ditulis mading tsb diperuntukan untuk siapa saja di kelas kalian yg membutuhkan tambahan nilai SIKAP (ayo kerja sama belajar berbagi dan menolong sesama untuk perjuangan kelas)
5. Mading yg sudah selesai (ditutup plastik ya biar g diganggu tangan iseng) harap di poto dulu dengan seluruh anggota kelas dan dipasang di mading sekolah (tengah dekat tangga kls xii ipa) untuk mading kelas :
-xi ips-1
-xi ips-2
-xi ips-3
Sedangkan mading kelas x sos-1 dan x sos-2 di pasang di mading kantin
Tanggal pemasangan selasa, 26 april 2016 ditunggu plg lambat jam 12.00 wib
Sosialisasi mading dan lomba yel2 kelas
1. Pilih kostum yg menunjukan kekompakan kelas kalian
2. Bikin yel2 ingat masukan kata #SejarahMakinEksis
3. Shoot (rekam) kekompakan kalian dlm proses pembuatan mading dan ditutup dengan tampilan kekompakan yel2 kelas kalian.
4. Upload video kalian diyoutube (linknya tlg di share ke FB pak aries ya untuk dinilai)
5. Video yg banyak di like / dikoment akan mendapat nilai tambahan (jd silahkan promosikan video keren kelas kalian ya)
6. Video akan di nilai pak aries pada tgl 1 mei 2016
Ayo rapatkan barisan kelas kalian
Kita tunggu mana kelas yg paling TER dlm lomba PBM sejarah nanti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....