Kamis, 10 Maret 2016

Rencana Proyek Sejarah buat Kelas XI IPS

Hello Historian......



Proyek Sejarah untuk kelas XI Sos
Proklamasi Kemerdekaan Sebagai Penegak Hak Bangsa Indonesia
(Menumbuhkan jiwa kepahlawanan generasi muda melalui proyek Peristiwa Seputar Proklamasi)

Memasuki materi terakhir bab 3 tentang proklamasi maka pak aries ingin membuat kreasi berupa proyek siswa yang menjadi rangkuman semua inovasi-inovasi yang telah dilakukan dalam PBM Sejarah selama 1 tahun bersama pak aries.

Bagaimana caranya pak ?
Nanti dalam PBM sejarah siswa akan di program untuk melaksanakan “sesuatu” membuat “sesuatu” dan mengajak (persuasif) semacam kampanye dan mendokumentasikan serta mempublikasikan semuanya menjadi sebuah Kompetensi yang dimiliki siswa dalam bab 3.


(Proyek 1) – Diskusi menghasilkan karya berupa Ketikan Ms. Word
1.       Silahkan amati materi yang akan di jelaskan oleh pak aries (apersepsi) melalui video berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=-gKr-QpRQLo
2.       Melalui searching dan browsing dari berbagai media (internet, buku, modul, dll) laksanakan diskusi kelompok (bagi kelas menjadi 5 kelompok) untuk  membahas permasalahan-permasalahan berikut ini :
a.       Kelompok 1 (Menjelaskan peristiwa-peristiwa yang mendorong atau melatar belakangi terjadinya Proklamasi). Keterangan : Janji Kemerdekaan oleh Jepang hingga Berita Kekalahan Jepang
b.      Kelompok 2 (Menjelaskan Perbedaan Sikap generasi muda dan generasi tua dalam upaya Proklamasi serta jalan keluarnya). Keterangan : Rapat2 generasi muda, Peristiwa Rengasdengklok hingga Proklamasi)
c.       Kelompok 3 (Menjelaskan Sambutan Indonesia terhadap Proklamasi). Keterangan : Upaaya penyebarluasan berita proklamasi hingga pernyataan Sri Sultan Hamengkubuwono 9 terhadap dukungan Proklamasi.
d.      Kelompok 4 (Menjelaskan Peristiwa Heroik di berbagai daerah). Keterangan : Ambil salah satu peristiwa heroik yang ada (contoh : Pertempuran Surabaya) kemudian kalian kaji berdasarkan 5W+1H dan kaitannya dengan upaya Proklamasi
e.      Kelompok 5 (Menjelaskan upaya penataan negara pasca kemerdekaan). Keterangan : Jelaskan semua peristiwa dan kronologi pembentukan aparatur negara hingga pembentukan tentara di Indonesia (hasil sidang PPKI)
3.       Tulis hasil diskusi kelompok kalian menggunakan fasilitas Microsoft Word kemudian upload di One Drive kalian nanti link nya kalian share di FB Pak Aries Ok (nanti akan di sediakan saat PBM). Buat kaalian yang pengen tau apa itu One Drive bisa baca disini http://sejarah22kreatif.blogspot.co.id/2016/03/mengenal-onedrive.html
4.       Karya kalian ini nanti akan dijadikan LKS Digital (menggunakan Ms. Word Online) tentang Peristiwa Proklamasi (link nya menyusul)
5.       Jangan lupa selama diskusi harap foto semua kegiatan kalian sebagai bahan dokumentasi dan publikasi serta akan dinilai sebagai afektif (sikap) selama mengikuti diskusi kelompok.

(Proyek 2) Diskusi dan Merencanakan Poster – Menghasilkan Poster dan Video Kampanye
Setelah memahami tentang peristiwa Proklamasi, maka selanjutnya kalian harus mendeskripsikan dampak apa saja yang dapat di ketahui serta hal-hal apa saja yang seharusnya dilakukan generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dan menumbuhkan jiwa kepahlawanan di tengah masyarakat (khususnya sekolah).
1.       Bagi kelas menjadi beberapa kelompok (tiap kelompok beranggotan maksimal 8 orang)
2.       Diskusikan dengan kelompok kalian berdasarkan hasil Rangkuman LKS Digital Online (lihat hasil dari Proyek 1) mengenai hal-hal berikut ini :
a.       Pendapat generasi muda mengenai proklamasi
b.      Pengetahuan generasi muda tentang proklamasi (5W+1H)
c.       Langkah atau upaya yang bisa dilakukan oleh generasi muda untuk mengisi kemerdekaan (tunjukan dengan jiwa kepahlawanan, misalnya : Pahlawan pendidikan, pahlawan lingkungan, dll)
d.      Ajakan (persuasif) bagi generasi muda agar menjadi baik kedepannya
3.       Tulis semua pertanyaan yang ingin kalian tanyakan ke audiens nanti dan pernyataan-pernyataan yang ingin kalian bagi pada khalayak (saat kampanye) nanti.
4.       Buat poster ajakan bertemakan “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” di print yang bagus dgn ukuran A4 atau F4 atau A3 (terserah). Dan jangan lupa sebagai bentuk ungkapan terima kasih nantinya pada audiens  atau orang yang kalian jumpai, buat semacam kartu atau stiker yang bertemakan “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” untuk dibagi-bagi nantinya.
5.       Kalian bisa membuat poster atau kartu menggunakan fasilitas Photoshop, Corel Draw, Comic Life atau software lainnya untuk membuat poster.
6.       Laksanakan kampanye “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” di sekitar sekolah dengan menjumpai beberapa siswa dan kenalkan pada mereka tentang proyek kalian
7.       Jangan lupa untuk memfoto dan memvideo kegiatan kampanye kalian (bisa menggunakan SLR, HP atau Handycam)
8.       Edit poto dan video kampanye kalian tadi sehingga menghasilkan sebuah Video Kampanye “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” (kalian bisa mengedit menggunakan Movie Maker, AVS, Ulead, Pinnacle dan editing video yang kalian sukai)
9.       Karya yang dikumpulkan adalah Poster dan Video Kampanye kelompok kalian (lembaran dan file nya)
10.   Jangan lupa untuk menambah nilai dan bukti, silahkan poto dengan Pak Aries dan guru2 lainnya saat kampanye “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda”

Catatan Kalian bisa melihat link berikut :
Tutorial membuat poster dan software nya
Editing Video with AVS

 
(Proyek 3) Membuat Presentasi SWAY dari semua kegiatan Proyek 1 dan 2 – Presentasi di depan kelas menggunaakan Fasilitas SWAY
Setelah kalian melaksanakan proyek 1 dan proyek 2 mulai mendiskusikan hingga mengkampanyekan “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” maka langkah selanjutnya adalah melaksanakan presentasi hasil semua yang telah kalian laksanakan dan hasilkan. Laksanakan kegiatan berikut :
1.       Bentuk kelompok dari kelompok kampanye (proyek 2) kemudian baca tutorial membuat presentasi menggunakan sway yang ada di link berikut http://sejarah22kreatif.blogspot.co.id/2016/02/tutorial-sway-bahasa-indonesia-dari-pak.html
2.       Kumpulkan semua berkas kalian baik itu berupa hasil diskusi dari proyek 1 dan 2  berupa foto dan gambar serta video yang telah kalian upload di youtube.
3.       Untuk melihat contoh sway yang sudah jadi silahkan lihat disini https://sway.com/bS_pqVgj28OHWa8M
4.       Silahkan membuat presentasi menggunakan sway
5.       Setelah selesai silahkan upload link sway yang telah kalian buat di status FB Pak Aries Ok yang nanti akan disediakan
6.       Nanti akan ada presentasi dari sway yang telah kalian buat
7.       Jangan lupa selama diskusi harap foto hingga presentasi esemua kegiatan kalian sebagai bahan dokumentasi dan publikasi serta akan dinilai sebagai afektif (sikap) selama mengikuti pembuatan sway kelompok hingga presentasi


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....