Senin, 27 April 2015

Benarkah Hitler Bunuh Diri dalam Bunker ?

Hello Historian......
Berdasarkan catatan sejarah, pemimpin Nazi Adolf Hitler dan kekasihnya, Eva Braun, bunuh diri bersama di sebuah bunker di Reichskanzlei, kantor Kanselir Jerman, pada 30 April 1945.

Di tempat yang dinamakan Fuhrerbunker itu, Hitler disebut bunuh diri dengan menembak kepalanya. Sedangkan Eva Braun menggigit kapsul sianida. Apa saja yang ada di bunker misterius tempat persembunyian sang Fuhrer?

Fotografer William Vandivert mengungkap semua. Ia menjadi orang yang pertama berhasil mengabadikan isi dari tempat spesial sang pemimpin Nazi.

Dalam foto-foto yang William muat di Majalah Life, seperti dikutip dari Dailymail, Senin (5/5/2014), terlihat puing-puing, dokumen, dan furnitur yang menjadi sisa-sisa peninggalan Hitler. Peralatan rumah tangga terlihat berlumuran darah.

Sejumlah lukisan menggantung di berbagai sudut dinding bunker. Banyak tumpukan kertas dan perabotan rusak berhamburan di lantai, memenuhi ruangan. Ada juga lukisan seorang wanita Abad ke-16 yang diduga diambil dari Museum Milan.

Hitler dan Eva disebutkan menghabiskan sisa-sisa hidupnya di bunker tersebut sekitar 2 pekan setelah jatuhnya Berlin. Tempat rahasia itu juga menjadi saksi sejarah Hitler melalui masa penting dalam hidupnya.
Ahli sejarah menduga Hitler dan Eva menikah di tempat tersebut. Di tempat itu pula, Hitler disebut mengatur komando pasukannya sebelum dan sesudah jatuhnya Berlin.

Bunuh Diri atau Lari ke Argentina?

Meski terdapat lumuran darah pada perabotan Fuhrerbunker, ada dugaan bahwa Hitler tak bunuh diri di tempat tersebut, melainkan melarikan diri ke Argentina.

Pembuat film dokumenter "Revealed: Hitler in Argentina", Noam Shalev mengatakan dirinya mendapat informasi baru  yang mungkin bisa menguak kebenaran tentang kapan dan di mana Hitler tewas.

Seperti dimuat Voice of Russia, Noam Shalev mengatakan ada arsip rahasia Argentina yang mulai dikuak 1 dekade dan menguatkan dugaan Sang Fuhrer ke negara Amerika Latin tersebut.

"Penelitian selama 10 tahun dan akses sejarawan terhadap arsip itu menemukan dokumen menarik dari tahun 1930-an dan 1940-an yang menyimpulkan, bahwa terlepas dari laporan saksi mata, ada substansi untuk cerita ini," ujar Noam.

Dokumen rahasia yang ditemukan setelah runtuhnya Soviet menyebut versi lain soal kepergian Hitler. Dalam dokumen tersebut disebutkan bahwa Hitler, Eva Braun, dan kawan dekatnya: Joseph dan Magda Goebbels, 6 anak Goebbels, Jenderal Hans Krebs, dan anjing-anjing Hitler berkali-kali dimakamkan dan kuburanya dibongkar.
Kemudian pada 4 April 1970, sebuah tim KGB Soviet, dengan bekal peta, mengangkat 5 kotak kayu di fasilitas SMERSH di Magdeburg. Sisa-sisa jenazah dari kotak tersebut dibakar, dihancurkan, dan disebarkan di Sungai Elbe, Jerman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....