Kamis, 10 Oktober 2019

Kreasi di tengah Desakan

Hello Historian......

Jadi kemaren sore terjadi sesuatu hal yg mengagetkan banyak guru jika jadwal entry nilai untuk raport sisipan dimajukan. Sebelumnya deadline kamis dimajukan jadi selasa (hari ini). Hal ini dikarenakan salah satu operator IT di sekolah akan mengikuti diklat dan tim lainnya masih cuti hamil. Wow...... Bukankah semua guru sudah bisa menggunakan teknologi.
Alhasil banyak guru di grup yg kecewa, bingung bahkan sampe protes hehehe.....yg males mungkin berpikiran halah cuman Raport Sisipan ae....eh jangan diremehin kan itu kewajiban guru melaporkan hasil kerjanya dan hak siswa mengetahui perkembangannya.
Alhamdulillah PBM sejarah berbasis Online untuk sistem penilaian (saya setting demikian) dan selalau siap dengan plan2 cadangan semisal hal seperti ini terjadi.
Agenda UH Bab 2 yg dilaksanakan minggu ini akhirnya berubah jd UH Take Home menggunakan bantuan grup Sejarah dan aplikasi quizizz.
Mulai dapat kabar WA tentang info mengagetkan tersebut langsung saya ambil langkah seribu (walah iku lak melarikan diri hehe), diantaranya :

-menyiapkan plan B berupa soal UH berbasis Quizizz yg di setting akan tutup otomatis jam 7 pagi selasa (hari ini)
-menyebarkan link soal yg bisa dikerjakan soal malam itu juga hingga batas waktu yg ditentukan
-menginfokan pada siswa melalui grup point untuk besok (selasa) merekap nilai tugas VLOG sejarah yg sudah dinilai via online dan mengumpulkan nilai UH Take Home (yg dikerjakan td malam). -Sebenarnya nilai sudah terekap langsung di sistem namun saya gunakan cara ini biar ada kejujuran dan kedisiplinan siswa dalam perhatian untuk nilainya
-nanti setelah nilai terkumpul maka tinggal me link kan saja ke file Raport Sisipan dan selanjutnya kirim ke server sekolah untuk di print jadi Raport Sisipan yg akan di bagikan hari Sabtu nanti
Jadi apapun kendala dan keanehan dalam proses harus dijalani dan ditemukan solusi. Salah satunya inovasi dan kreasi berpikiran tidak patah ditengah jalan menjadi motivasi kita menyelesaikan tugas semuanya.
Alhamdulillah siswa juga bisa diajak kerja sama.....
Malam ini banyak yg upload poto dan hasil mengerjakan soal UH Bab 2 Take Home
Terus berinovasi dan berkreasi meski kadang aja saja masalah jangan menyerah selalu ada cahaya di ujung lorong sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....