Sabtu, 27 Oktober 2018

Nobar Paham Kerjakan Soal

Hello Historian......

Inovasi pembelajaran sejarah di kelas 12 IPA 1 hari ini membahas tentang Demokrasi Terpimpin menggunakan metode nobar film tentang Demokrasi Terpimpin yang dilanjutkan dengan perang soal.


Untuk mengenalkan materi demokrasi terpimpin kepada siswa dalam waktu yang singkat, seorang guru bisa memutar video berkaitan dengan materi.

Video sengaja diletakkan (di share) melalui link YouTube dalam sebuah grup siswa, agar tiap siswa bisa mengaksesnya melalui HP masing-masing. Hal ini sangat membantu siswa karena jika dia ingin mencatat memahami lebih dalam tentang isi video, maka cukup menghentikan (pause) video.

Kelas dibagi menjadi beberapa kelompok di mana tiap kelompok terdiri dari 5 orang siswa. Hal ini dimaksudkan agar nobar efektif dan tiap siswa bisa memahami isi video dengan baik.

Selain nobar tiap siswa juga membuat 1 soal dari materi yang dipahami. Soal yg dibuat adalah type soal C-3 keatas (sudah diberikan contoh terlebih dahulu oleh guru). Sehingga satu kelompok nanti ada 5 soal. Soal-soal yang sudah terkumpul selanjutnya ditukar dengan kelompok lainnya. Mereka akhirnya saling tukar soal kemudian mengerjakan dalam waktu yang telah ditentukan guru (sekitar 5-10 menit).

Setelah selesai mengerjakan soal, maka tiap kelompok bergabung untuk mengkoreksi hasil pekerjaan kelompok lainnya. Dalam proses ini setiap kelompok bergabung dgn klompok lainnya sehingga dimungkinkan terjadi yang namanya kolaborasi atau pemahaman bersama melalui diskusi kelompok besar tentang isi dari materi demokrasi terpimpin (diskusi diarahkan pd indikator / tujuan pembelajaran).

Melalui metode ini kita bisa menyelesaikan tujuan pembelajaran sejarah cepat dalam video yang telah kita share pada siswa. Karena dalam video sudah ada materi yang nantinya mengasah kemampuan atau kompetensi siswa.
Melalui metode ini siswa juga dilatih untuk disiplin dalam waktu dan bekerja sama melalui diskusi kelompok.

Terus berbagi dan berinovasi mencipta kreasi untuk mendidik generasi negeri.
Sharing and growing together.

Videonya bisa dilihat di sini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....