Sabtu, 27 Oktober 2018

Coretan Tangan History

Hello Historian......

Inovasi pembelajaran yang dilakukan pagi hari Rabu, 24 Oktober 2018 di kelas 12 IPA 3 menggunakan metode Coretan Tangan History.
Setelah selesai mengkoreksi LKS bab 2 tentang Demokrasi Liberal, maka selanjutnya setiap siswa diminta untuk mereview kembali materi demokrasi liberal.

Cara me-review materi dengn cara tiap siswa harus memberikan sebuah deskripsi atau statement tentang materi bab 2 yang telah diajarkan atau dipelajari minggu lalu.
Siswa berdiri di sekitar bangku nya kemudian menjelaskan 1 sampai 2 kalimat tentang materi yang telah dipahaminya.

Setelah semua siswa dalam satu kelas menjelaskan, selanjutnya dimulailah metode Coretan Tangan History.
Tiap siswa hanya berbekal pulpen dan tangan kosong. Selanjutnya dia mencari siswa yang tadi telah memberikan statement atau deskripsi tentang materi demokrasi liberal.
Setiap siswa berhak untuk mencari siswa dengan deskripsi yang paling mudah atau mengasah kemampuannya untuk menjawab tentang materi yang paling sulit. Siswa mencari siswa lainnya kemudian minta satu pertanyaan berkaitan dengan deskripsi yang ucapkan di sebelumnya. 

Jika siswa bisa menjawab pertanyaan siswa lainnya maka di tangannya diberikan simbol tanda tangan. Namun jika tidak bisa menjawab otomatis dia harus mencari siswa lainya hingga mendapatkan 5 tanda tangan.

Satu tanda tangan siswa dihargai nilai 20, maka jika dia berhasil mendapatkan 5 tanda tangan otomatis mendapatkan nilai 100. Namun jika waktu permainan telah habis, dan siswa masih belum bisa mendapatkan 5 tanda tangan, maka setiap tanda tangan dikalikan 20.

Dari metode ini siswa diajarkan untuk mengingat kembali materi yang telah diajarkan sekaligus bermain strategi mencari nilai setinggi mungkin.
Untuk memahami sejarah tidak harus dengan cara yang susah, kita juga bisa dengan cara bermain seperti ini semoga bisa menginspirasi.

Terus berinovasi dan berkreasi mencerdaskan generasi negeri.
Sharing and growing together.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....