Senin, 15 Januari 2018

Inovasi 369 Sejarah dalam Samisanov

Hello Historian......
Salam Samisanov
Satu Minggu Satu Inovasi
Hari kamis tanggal 11 januari 2018. Di kelas 11 ips 2 sejarah peminatan dilaksanakan sebuah metode pembelajaran sejarah bernama 369 sejarah. Dalam pembelajaran ini siswa diminta untuk memahami materi yang telah disepakati yaitu mengenai kongsi dagang milik hindia belanda yaitu VOC menggunakan metode 369 Sejarah. 
Langkah-langkah dalam model pembelajaran 369 sejarah ini diantaranya :

-Siswa diminta untuk belajar bersama teman sebangku nya dengan materi yang sama.
-Kemudian setelah selesai belajar bersama kelompok 1 deret tiap siswa membuat satu pertanyaan dan jawaban dari materi yang telah dia pelajari. (ditulis 1 kelompok deret cukup 1 lembar kertas)
-Melalui diskusi pembuatan soal ini diharapkan satu kelompok bisa memahami materi yang sama dengan kemampuan kompetensi yang sama.
-Siswa melakukan sebuah showtime yaitu metode 369
-siswa berbaris melingkar di tengah lapangan.
-Kemudian setiap hitungan 369 maka siswa tidak boleh menyebutkan angka tapi cukup dengan tepuk tangan sekali (putaran 1). Tepuk 2 kali untuk putaran 2 dst
-putaran pertama bernilai 20, putaran 2 bernilai 40 dst sesuai kelipatan 20
-Siswa yang melakukan kesalahan misalkan tidak tahu urutanya maka dia diwajibkan untuk menjawab soal yang telah dibuat tadi
-Siswa yang berhasil menjawab soal dengan benar maka dia tetap berada di baris lingkaran, tetapi jika dia tidak bisa menjawab soal otomatis dia harus keluar dari lingkaran. Memperoleh nilai terakhir yg dia dapatkan
-Hal ini terus dilakukan hingga setiap putaran siswa mendapatkan nilai 20 per putaran atau hingga putaran 5 (dpt nilai maksimal 100)
-Hingga putaran terakhir atau putaran kelima akan terlihat siswa siapa saja yang akhirnya mendapatkan nilai 100 karena dia tetap berada dalam lingkaran.
Metode ini mengajarkan siswa untuk :
-Belajar fokus memahami materi secara cepat
-Belajar konsentrasi dengan hitungan yang ada
-Tanggap dalam mengerjakan soal yang telah dipahami
-Dan tentunya belajar sambil bermain bersama sejarah
Terus berkreasi mencipta pembelajaran yg menyenangkan.
Karena bersama pak aries
#SejarahMakinEksis
#SharingGrowingTogether

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....