Senin, 04 Maret 2019

POINT BERANTAI

Hello Historian......

POINT BERANTAI
Oleh : Aries Prasetya

Bukan bermaksud untuk menyamai dengan berita yang lagi viral saat ini tentang pembawa pesan berantai. Dalam pembelajaran sejarah di kelas 11 ips 1 pada siang hari ini dilaksanakan dengan metode point berantai.
Pembelajaran sejarah yang agendanya adalah mengoreksi lks ditutup dengan kegiatan yang menyenangkan dengan bagi-bagi poin yang dikenal dengan metode point berantai. 

Langkah-langkah dalam pembelajaran point berantai diantaranya :


- setelah menjelaskan materi dan mengoreksi lks materi yang telah dipelajari maka selanjutnya guru mencoba untuk berinovasi dalam mengetahui sejauh mana kompetensi siswa memahami materi
- kuis yang dilaksanakan untuk mengasah kemampuan siswa dalam penguasaan materi yang telah dipelajari dilakukan dengan metode point berantai
- terlebih dahulu guru memberikan sebuah stimulus tentang cuplikan materi yang telah dipelajari
- kemudian sambil menjelaskan materi di tengah-tengah menjelaskan tersebut guru melontarkan sebuah pertanyaan yang diperebutkan oleh siswa
- siswa berlomba untuk mengacungkan jari sebagai tanda dia ingin menjawab atau bisa menjawab


-guru menunjuk siswa yg plg dulu mengaxungkan jari untuk menjawab soal tersebut.
- siswa yang bisa menjawab mendapatkan point tambahan.
-Poin-poin ini dikumpulkan siswa yang nantinya bisa untuk di tukarkan dalam mengupgrade nilai-nilai yang masih kurang
- maka tentunya banyak sekali siswa yang ingin berlomba-lomba menjawab dengan antusiasme tinggi berebut menjawab soal
- siswa yang berhasil menjawab kemudian diminta untuk maju ke depan memberikan sebuah penjelasan (narasi di depan kelas) tentang materi yang dia pahami
- sambil bercerita tentang materi yang dia pahami, di akhir cerita dia harus memberikan satu soal rebutan untuk teman-teman lainnya
- rebutan menjawab soal pun terjadi dan siswa yang bisa menjawab pertanyaan siswa yang ada di depan mendapatkan poin


- selanjutnya yang bisa menjawab maju ke depan melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh siswa yang pertama tadi
- hal ini terus dilakukan hingga jam pelajaran berakhir
- kebetulan metode ini dilakukan selama 30 menit karena sisa waktu pembelajaran kali ini 30 menit digunakan oleh pak Aries untuk rebutan (bagi2) point sekaligus mengasah kompetensi siswa dalam memahami materi

Dari pelaksanaan metode point berantai ini
bisa terlihat siswa yang benar-benar menguasai materi akan mempunyai banyak point. Sedangkan siswa yang kurang memahami materi dia akan tetap bisa belajar bersama siswa lainnya dengan cara mendengarkan penjelasan atau berebut mencari jawaban tadi.

Alhamdulillah melalui metode ini selain mendapatkan tambahan point, banyak siswa yang merasakan dari materi yang belum dipahami siswa akhirnya bisa mengetahui sekaligus memahami materi yang belum dia kuasai. 

Metode ini hanyalah tambahan untuk mengisi waktu sekaligus mamberikan sebuah inovasi pembelajaran yang menyenangkan sekaligus belajar dengan cara yang akreatif.
Terus berbagi dengan mencipta kreasi baru dan terbarukan. Ikhlas berbagi dengan tebar inovasi untuk memajukan pendidikan negeri.
Sharing and growing together.
*gak perlu PHP pamer karya dan prestasi tp kalo g mau ngasih tau caranya, itu sama saja PHP (pemberi harapan pret) hahahaha
Jangan takut inovasimu di plagiat, mereka yg tdk jujur dalam berinovasi akan malu sendiri nanti. Dan tentunya inovator g akan kehabisan ide buat berinovasi. Inspirasi datang darimana saja bukan untuk komersialisasi tp menebar karya, keikhlasan berbagi untuk satu tempat indah di surga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....