Selasa, 26 Februari 2019

Salam Hormat Buat Suwardi Suryaningrat

Hello Historian......

Ini kali pertama kakiku melangkah ke pusaramu wahai pahlawanku. Slogan mu yg selalu melekat di hatiku menjadi sumber tujuanku buat berinovasi dalam dunia edukasi. Doaku selalu buatmu.
Ki Hajar Dewantara



 
Makam Ki Hadjar Dewantara bersandingan dengan makam istrinya, Nyi Hadjar Dewantara. Di sekeliling makam Ki Hadjar, terdapat 21 relief yang menggambarkan perjalanan penting Ki Hadjar. Relier tersebut menggambarkan runtutan Ki Hadjar sejak kecil, saat membangun Tamansiswa, memperjuangkan pendidikan Indonesia, hingga wafatnya.
Selain Ki Hadjar Dewantara, ada dua Menteri Pendidikan Indonesia yang dimakamkan di sana, yakni Ki Sarmidi Mangunsarkoro dan Ki Sarino Mangunpranoto.


 Selain itu di makam ini juga ada makam Sugondo Joyopuspito yang merupakan ketua Kongres Pemuda II, orang yang sangat berpengaruh bagi tercetusnya Sumpah Pemuda.
Karena terdapat makam Bapak Pendidikan Nasional dan tokoh Sumpah Pemuda, tak heran jika makam ini begitu bersejarah bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta kementerian Pemuda dan Olahraga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....