Selasa, 26 Februari 2019

Contoh Laporan Siswa yg Diposting di Sosmed

Hello Historian......
Gambar mungkin berisi: 3 orang
Salah satu contoh laporan siswa yg diposting di sosmed, terhadap metode
MEJA ARGUMEN DEBAT KONSEP

KELOMPOK 1
Deskripsi singkat ;
Kelompok kami mempresentasikan mengenai Bab (Respons Bangsa Indonesia terhadap Imperialisme dan Kolonialisme serta Kesadaran Kebangsaan) yang mana dalam bab ini kita mengupas mulai dari Perkembangan Imperialisme dan Kolonialisme Barat di Indonesia yang membahas tentang periode-periode kekuasaan bangsa Barat/Eropa di Indonesia, dilanjutkan Respons Bangsa Indonesia terhadap Kolonialisme dan Imperialisme, setelah itu pada bagian kedua mengenai Akar-akar nasionalisme Indonesia, pada bagian ketiga mengenai Akar-akar Demokrasi di Indonesia, dan bagian terakhir yaitu Strategi Pergerakan Nasional.


 
Pertanyaan dan ulasan ;
1. Apakah isi yang terkandung pada petisi soetardjo? Bagaimana hubungannya demgan perkembngan demokrasi di Indonesia?
Jawab : Permohonan agar diselenggarakan suatu musyawarah untuk mempertemukan wakil bangsa indonesia dan belanda yang setiap anggotanya mempunyai hak sama. Hal ini berdasarkan pasal 1 undang-undang dasar Kerajaan Belanda yang berbunyi "Kerajaan Nederland (Belanda) meliputi wilayah Nederland, Hindia-Belanda, Suriname, dan Curasao", dimana Sutardjo berpendapat keempat wilayah tersebut memiliki derajat yang sama.

2. Jelaskan hubungan budi utomo dengan organisasi lainnya (sarekat islam dan indiscge partij) terhadap nasionalisme?
Jawab : Lahirnya organisasi-organisasi kebangsaan pada kurun waktu 1908 – 1920 menjadi sebuah tanda mulainya pergerakan nasional, sehingga Ketiganya muncul atas dasar cita-cita yang sama, yaitu merdeka dari penjajahan, dimana hal inilah yang menginspirasi tumbuhnya kesadaran Kebangsaan dan nasionalisme di Indonesia. Budi Utomo meletakkan dasar-dasar berorganisasi secara modern, Sarekat Islam memelopori perjuangan melalui jalur politik, Indische Partij menggagas wawasan Kebangsaan melalui nasionalisme.

3. Jelaskan peranan Volksraad, Volksraad bagi tokoh nasionalis yang menjadi anggotanya?
Jawab : Volksraad berasal dari bahasa Belanda yang berarti Dewan Rakyat, Volksraad pada awalnya hanya bertugas sebagai penasihat pemerintah Belanda selanjutnya Volksraad memiliki kewenangan legislatif bersama Gubernur Jenderal. Tokoh nasionalis menginginkan kemerdekaan nasional dalam waktu yang sesingkat-singkatnya melalui usaha untuk merubah ketatanegaraan, mengusahakan penghapusan perbedaan politik, ekonomi, dan intelektual, serta mengusahakan kedua hal tersebut dengan cara-cara yang tidak bertentangan dengan hukum. Hal-hal tersebut merupakan upaya-upaya para wakil rakyat Indonesia untuk memperjuangkan kepentingan rakyat.

Nilai : (95)
Kelompok :
1. Almira. N.
2. Anggira. P.
3. Febriantika. I. F.
4. Hilda. O.

Tanggapan siswa :
Kami dapat memahami lebih dalam lagi mengenai Bab ini, tidak melalui hapalan, tetapi dengan mengetahui jalannya peristiwa, sebab, serta bagaimana hubungan antar setiap peristiwa tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....