Kamis, 08 Maret 2018

Video Pembelajaran Berbasis Screencast

Hello Historian......
Video merupakan salah satu media pembelajaran yang cukup menarik. Video pembelajaran dapat dibuat dengan beberapa teknik, salah satunya adalah dengan screencasting. Screencast atau disebut juga dengan video screen capture atau screen recorder adalah perekaman secara digital dari sebuah tampilan komputer yang seringkali disertai dengan narasi panduan yang direkam menggunakan mikrofon.
Video pembelajaran menggunakan teknik screencast biasanya berjenis tutorial, misalnya tutorial penggunaan software atau bisa juga berupa paparan. Ada banyak software yang dapat digunakan untuk membuat video screencast salah satunya adalah Screencast-o-matic. Software ini dapat digunakan secara online maupun offline. Untuk menggunakan software ini secara online kita cukup masuk ke alamat screencast-o-matic.com.


Di situs tersebut pilih menu Record. Tunggu proses loading sampai muncul menu perekaman. Jika terjadi kesalahan maka kemungkinan adalah karena komputer belum terinstal Java JRE. Karena sifatnya online, maka lama proses sangat bergantung dengan kecepatan koneksi internet.
Cara yang lebih praktis adalah dengan menggunakan Screencast-o-matic versi offline. Dengan cara ini maka meskipun komputer tidak terkoneksi internet aplikasi ini masih dapat dijalankan. File installer dapat diunduh melalui http://www.screencast-o-matic.com/download.
Besar file yang harus diunduh ini sekitar 27 MB. Setelah diunduh dan diinstal di komputer maka saat dijalankan akan ada pilihan untuk menggunakan versi PRO atau versi Free. Pilih yang Free Version. Kekurangan dari versi gratis Screencast-o-matic adalah adanya tulisan di bagian bawah video, tidak adanya fasilitas edit video dan hanya dapat menyimpan satu buah preview video (artinya jika selesai merekam satu video kita harus menyimpan dahulu file video tersebut, kemudian preview dihapus dan baru dapat digunakan untuk merekam video yang lain).
Penggunaan aplikasi ini cukup mudah, yaitu tinggal menyesuaikan area layar sesuai dengan kebutuhan yaitu dengan mengggeses titik-titik pada keempat sudut area persegi. Untuk memulai rekaman klik tombol Record seperti gambar berikut ini
Untuk menghentikan perekaman sementara, klik tombol Pause. Dan jika perekaman sudah selesai klik tombol Done. Untuk menyimpan video ke dalam file , pilih menu Publish-Video Files. Tentukan jenis format yang diinginkan. Screencast-o-matic dapat menghasilkan video dengan format MP4/FLV/GIF.
Video pembelajaran hasil perekaman ini dapat dimainkan dengan oleh beberapa video player yang sudah banyak tersedia, misalnya Windows Media Player, VLC Player, dll. Video ini dapat disebarluaskan baik dengan cara disalin melalui media flashdisk/CD atau melalui internet dimana video diunggah ke website atau situs layanan video online. Untuk video format AVI, MPG, FLV dan beberapa format video lain dapat diunggah ke Youtube (youtube.com), blog (blogger.com), Facebook. Atau video sharing yang lain.
Selain itu jika ingin menjalankan video di ponsel maka file harus dikonversi ke format yang mendukung untuk video di perangkat ponsel, misalnya 3GP, MP4, dll. Untuk mengkonversi antar file dapat memanfaatkan software video converter. Misalnya dengan software Super Video Converter, yang mampu mengkonversi video ke berbagai format. Jika video ingin dibagi ke khalayak yang lebih luas maka disarankan untuk menggunakan Youtube. Video yang dipublikasi di Youtube akan dapat ditayangkan di situs Youtube itu sendiri atau disematkan di lain tempat dengan mudah. Sebagai contoh salah satu video berikut ini akan kita sematkan di tempat lain (misalnya blog atau forum)
sumber : http://guraru.org/guru-berbagi/membuat-video-pembelajaran-dengan-screencast/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....