Kamis, 08 Maret 2018

Inovasi Samisanov : Pejuang Bom Nilai

Hello Historian......
Senin, 5 Maret 2018
Kelas 11 IPS 1 dalam sejarah Peminatan kali ini menggunakan metode pejuang Bom nilai. Metode ini dimaksudkan agar siswa bisa belajar sambil bermain.
Langkah-langkah Dalam metode ini diantaranya :



-Kelas dibagi menjadi 4 kelompok
-Tiap siswa dalam kelompok diberi waktu 15 menit untuk belajar materi yang telah ditentukan pada saat itu
-Sambil belajar mereka juga berdiskusi menentukan strategi dalam bermain bom nilai
-Setiap kelompok membuat atribut yang membedakan kelompoknya dengan kelompok lainnya
-Setelah waktu belajar selesai selanjutnya tiap kelompok diajak ke taman atau ke halaman sekolah untuk melakukan perang bom nilai
-Tiap siswa membuat bom semacam buntelan dari kertas
-Di mana nanti setiap siswa yang terkena bom wajib untuk menjawab soal dari pelempar bom
-Yang benar dalam menjawab soal akan mendapatkan nilai 10
-Siswa yang atau tidak bisa menjawab soal otomatis mendapatkan nilai 0
-Hal ini terus dilakukan hingga waktu perang selama 10 menit berakhir
-Siswa yang menjalankan strategi lain yaitu dengan cara merebut bola lawan agar bisa double smack (lempar 2 bom sekaligus) akan mendapatkan 5 nilai jika berhasil menangkap Bom yg dilempar lawan
-Setelah waktu perang berakhir tiap siswa menjumlah nilai yang didapatkan kemudian memasukkan ke dalam kolom nilai
Dari metode pejuang bom nilai ini siswa mendapatkan pembelajaran :
-Belajar cepat dalam memahami materi
-Menyusun strategi untuk mendapatkan hasil yang maksimal
-Menggerakkan otak dan otot sekaligus dalam sebuah pembelajaran
-Menghargai pendapat teman lain dan mempertahankan pendapat selama tanya jawab
-Dan tentunya belajar sambil bermain dalam pembelajaran yang kreatif
Terus berbagi dengan mencipta kreasi untuk mencerdaskan anak negeri.
Bersama pak aries
#SejarahMakinEksis
Salam Literasi
#SharingAndGrowingTogether

Berikut Videonya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....