Jumat, 28 April 2017

Tutorial Mengikuti SADAR SIDARING WEBEX Via HP Android

Hello Historian......

SADAR kepanjangan dari Sarasehan Dalam Jaringan melalui via webex.com yang dilaksanakan setiap hari Selasa atau Rabu malam. Rutinitas SADAR mulai pukul 19.00 WIB dengan pemateri yang berbeda - beda setiap pekannya. Pematerinya pastinya dari Guru Hebat Indonesia serta pesertanya juga tidak kalah hebat karena bisa diakses seluruh guru-guru dipenjuru tanah air ibu pertiwi Indonesia dari sabang sampai merauke.
Sedangkan, SIDARING kepanjangan dari Diskusi Dalam Jaringan melalui via webex.com yang dilaksanakan setiap akhir pekan. Yakni, hari Sabtu pukul 14.30 WIB. SIDARING biasanya membahas tentang pembelajaran matematika. Karena disuport langsung oleh IGMP Matematika Indonesia.
Langsung saja kita bahas bagaimana cara mengikuti program tersebut via Handphone Android dengan aplikasi webex.
Syarat yang paling utama dipersiapkan yakni :
1. HP Android
2. Pastikan Kuota internet ada, jika ndak ada kuota pastikan mencari wifi gratis di sekolah atau warung kopi hehehehhee....
3. Headset agar suara lebih jernih dan nyaman.
4. Pastikan membawa snack dan softdrink karena acaranya kurang lebih 30-60 menit.
Langkah-langkahnya yakni seperti di bawah ini :
1. Download terlebih dahulu aplikasinya di Google Playstore atau APPStore dengan mengetik seperti pada gambar

2. Setelah mendownload anda boleh langsung mengklik "BUKA" seperti ditunjukkan pada panah warna merah

3. Atau keluar dari aplikasi Playstore dan mengklik Ikon WEBEX seperti di bawah ini
4. Setelah mengklik ikon Jendela gambar seperti di bawah ini, Anda akan mengklik dengan tombol yang bertuliskan "JOIN MEETING" seperti ditunjukkan anak panah warna kuning.

5.  Setelah ini, Anda akan mengisi number room atau nomer meeting room, dan nama pengguna serta alamat email yang ditunjukkan pada kotak merah. setelah itu klik tulisan pada Pojok Kanan Atas "JOIN"
6. Dalam hal ini pastikan kuota internet anda tercukupi, Serta sabar Menunggu ya,,,,
Jangan lupa minum air putih dulu.... heheheh *****
 7.  Setelah itu, diminta untuk memasukkan nomor pasword, ketik aja paswordnya "12345" udah pasti selalu paswordnya seperti itu. Agar mudah diingat untuk guru-guru. Jangan Lupa Klik "OK"
8. Nah kalau sudah, anda akan masuk seperti gambar di bawah ini,
sssttttt , sebentar jangan panik terlebih dahulu, sabar,,,, ndak usah heran dan kaget jika ada penampakan gambar atau Orang Ganteng di Layar HP anda. yang tertampak jika manusia berarti itu adalah Beliau Pematerinya atau Hostnya yang cantik. hehehehhe
Eits, ada pertanyaan ya??? kenapa Suaranya kok ndak ada???.
Klik gambar yang dilingkari dan ditunjukkan warna merah. Mudah-mudahan akan suaranya jernih melalui headset anda masing-masing.
9. Jika kita ingin menampilkan wajah yang indah kita biar bisa dilihat teman-teman guru yang lain tinggal klik Gambar sebelah kiri atau ikon camera yang ditunjukkan arah panah hitam.
10. Eits ada icon lagi di Atas, Yang ditunjukkan pada kotak dan arah panah orange untuk mengetahui siapa saja yang mengikuti peserta seminar kali ini. Jelajahi dan kenalan deh, Rugi kalau ndak kenal sama Guru-guru hebat se Indonesia.
Jangan asal pencet yang ditunjukkan pada gambar di bawah yang warna merah, Fungsi icon itu adalah jika saat adanya sesi tanya jawab pada acara tersebut. jika tombol itu dipencet atau diklik, suara akan masuk pada siaran SADAR atau SIDARING serta didengarkan seluruh peserta. hehehhehehe*****
11. Setelah anda mengklik, pada gambar no 10, yang menyatakan siapa saja yang mengikuti seminar, ya seperti gambar di bawah ini.
Eits,,, Jangan lupa untuk berkenalan dan menyapa Bapak/Ibu Guru peserta lainyya dengan menombol ikon gambar yang paling Bawah. itu merupakan tempat Chatingan bersama atau chatingan pribadi saat acara dimulai.
Pengin coba, Klik aja ya.....
12. Jangan Lupa setelah mengklik ikon tersebut, untuk membaca informasi yang tertera. Biasanya akan terdapat link yang selalu diberikan hostnya kepada semua peserta untuk diisi sebagai form absensi kehadiran. Klik ajalah,,,, sebagai bentuk rasa terimakasih kita sudah mengikuti progam ini yang sangat amat banyak ilmu yang bermanfaat. Amin... amin... amin...

Begitulah tutorialnya, selamat mencoba, selamat bergabung, insyaallah ilmu yang didapatkan dari program SADAR dan SIDARING bermanfaat untuk diaplikasikan ke Sekolahnya masing-masing.
sumber 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....