Selasa, 19 Februari 2019

Share Materi di Sosmed Jelasinya Pake Konsep

Hello Historian......

Pembelajaran sejarah di kelas 11 ips untuk sejarah peminatan pada hari ini memasuki materi baru yaitu bab imperialisme dan kolonialisme di indonesia. Untuk pembelajaran dengan materi ini Pak Aries sudah menshare link tentang materi, baik itu video ataupun ringkasan materi yang akan dipelajari melalui grup sosial media siswa.
Selanjutnya ada hari ini kegiatan pembelajaran sejarah dilaksanakan dengan metode baca materi di sosmed jelasin pakai konsep.
Berikut langkah-langkahnya...


- sebelum pembelajaran guru sudah mempersiapkan materi ataupun rangkuman materi kemudian dishare ke siswa melalui sosial media
- dalam pembelajaran di kelas terlebih dahulu guru harus memberikan stimulus tentang materi yg akan dibahas pada hari ini
- tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian hasil belajar juga dijelaskan agar ada rambu-rambu serta aturan main dalam pembelajaran kali ini
- selanjutnya guru menjelaskan sedikit pancingan materi yg akan membuat siswa semakin kepo untuk belajar lebih dalam lagi
- dalam tahapan mengobservasi materi, siswa diperbolehkan untuk mengakses sosial media mereka untuk bisa melihat Link yang telah dibagikan oleh guru di sosial media siswa


- kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, satu kelompok maksimal 4 orang yang selanjutnya mereka diminta untuk mempelajari Link yang telah dibagi tadi
- setelah mempelajari materi yang ada selanjutnya setiap kelompok diminta untuk membuat sebuah peta konsep dari materi yang telah mereka pelajari
- peta konsep yang dihasilkan harus inovatif harus menarik dan tentunya bisa "berbicara"
- diberikan waktu untuk menjalankan kegiatan tahapan membuat peta konsep, guru memantau proses diskusi dan pembuatannya serta memberikan arahan dan Penilaian proses dalam pembelajaran
- setelah selesai membuat peta konsep selanjutnya setiap kelompok menilaikan dengan cara maju atau guru berputar ke tiap kelompok agar lebih mendapatkan pendalaman kompetensi yang mereka pahami tentang materi kali ini
- setiap kelompok mempresentasikan dengan gaya mereka sendiri dengan acuan indikator dan tujuan pembelajaran


- guru memberikan pertanyaan berkaitan dengan peta konsep yang mereka buat selanjutnya memperdalam pemahaman dengan mengambil satu pembahasan dari peta konsep sehingga tiap kelompok memiliki solusi dalam menjawab permasalahan tersebut
- setelah mendapatkan jawaban, guru memberikan nilai terhadap kinerja kelompok dan pemahaman terhadap materi yang telah mereka kuasai

Alhamdulillah melalui metode ini seorang guru bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan tiap siswa dalam menyampaikan informasi melalui konsep yang mereka pahami.
Terus berinovasi dan berkreasi untuk mencari solusi dalam menghadapi sebuah permasalahan dalam pembelajaran.
Sharing and growing together

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....