Jumat, 15 Februari 2019

Inovasi Samisanov : DVD Film Sejarah

Hello Historian......

Terinspirasi dari beberapa siswa yang suka membuat video di youtube. Dan beberapa aktivitas youtubers yang sering saya ikuti dalam membuat video keren serta liputan-liputan menakjubkan ala mereka.
Maka dalam pembelajaran sejarah Pak Aries ingin mengenalkan tentang editing video ala youtubers. 



Banyak Video Youtube tidak dibuat secara langsung tapi ada kalanya mengambil video orang lain dari sana-sini namun tanpa melanggar hak cipta mereka. Video youtube juga tampil menawan dengan editing dan sentuhan-sentuhan animasi nya membuat banyak followers suka melihat youtube.
Untuk itulah dalam kesempatan pembelajaran sejarah, Pak Aries ingin mengenalkan bagaimana mengedit video yang bagus tanpa melanggar hak cipta seperti yang dilakukan para youtubers.


Setelah melaksanakan pembelajaran dalam waktu satu minggu. Dalam pembelajaran bercerita memakai video, maka pada kesempatan minggu ini tiap siswa yang telah menghasilkan video bercerita dan mempublikasikan karyanya melalui dvd film sejarah.
Pada kesempatan kali ini pula setiap kelompok mempresentasikan karyanya seperti seakan mempresentasikan film buatan mereka sendiri. Hal ini merupakan sebuah apresiasi bagi siswa siswa yang memiliki kreasi agar mereka termotivasi untuk membuat inovasi-inovasi yang lainnya. 

Alhamdulillah dari beberapa kelompok yang membuat video film sejarah dalam metode bercerita pake film, didapatkan karya-karya yang sangat menakjubkan dan membuat orang lain terpana menontonnya.
Siang ini Kamis 14 Februari 2019, yang katanya bertepatan dengan hari kasih sayang, siswa-siswi kelas xi ips SMA Negeri 22 Surabaya melaksanakan kegiatan launching dvd film sejarah. Disaksikan langsung oleh warga sekolah dan beberapa utusan dari media serta perwakilan universitas di surabaya, siswa-siswi ini dengan antusias memamerkan karyanya.

Dengan rasa bangga bercampur dengan kepuasan dalam membuat sebuah karya mereka menceritakan dengan ditail tujuan dalam pembuatan dvd film sejarah. Tentunya mereka juga mengapresiasi metode berbicara menggunakan film yang telah dilaksanakan pada minggu sebelumnya. 

Rupanya belajar dengan cara menyenangkan membuat siswa berfikir untuk bisa mengembangkan bakatnya. Melalui sentuhan film ini diharapkan setiap siswa bisa mengasah kemampuannya untuk berinovasi lagi ke depannya.
Selamat para youtubers dan cineas muda, anda menjadi harapan bagi perkembangan pembelajaran menyenangkan di masa depan.

Terus berbagi dan berinovasi tidak untuk mencari sensasi atau puji dari orang lain. Ikhlas berbagi, diawali dari hati semoga Allah meridhoi.
Sharing and growing together

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....