Jumat, 01 Februari 2019

Belajar sejarah dengan komik murah meriah (Bagian 1)

Hello Historian......

Pembelajaran sejarah di kelas 11 IPS 1 siang ini menghadirkan sesuatu yang baru tapi lama. Materi yang akan di bahas yaitu mengenai Liga bangsa-bangsa dan PBB. Ada sebuah ide untuk menjelaskan materi LBB dan PBB pasca perang dunia menggunakan sebuah media komik. 


Siswa diajak untuk memahami materi dengan membuat sebuah komik yang nantinya akan di publikasi dan disosialisasikan pada teman lainnya.
Berkaca dari pengalaman tahun lalu ketika membuat komik menggunakan aplikasi comic life 3. Selain aplikasinya yang berbayar membutuhkan spek komputer yang tinggi serta harus menggunakan crack atau patch untuk registrasi aplikasi comic life 3 (pak aries g mau ngajari siswa curang atau mencuri aplikasi). Maka pada kesempatan kali ini Pak Aries menggunakan aplikasi yang lain untuk membuat sebuah komik. 


Aplikasi yang dipilih sangat ringan bahkan bisa dijalankan secara langsung di Android siswa. Aplikasi tersebut bernama komik strip.
Aplikasi pembuat komik ini bisa langsung di-download melalui Playstore kemudian dibuat secara instan menggunakan Android siswa.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran kali ini diantaranya :

- guru menjelaskan tentang indikator dan tujuan pembelajaran pada hari ini
- guru memberikan stimulus mengenai materi yg akan dibahas yaitu pasca perang dunia, terbentuknya Liga bangsa-bangsa dan PBB
- untuk memperdalam materi yang akan disampaikan maka guru menggunakan media komik yang akan dibuat oleh siswa
- aplikasi pembuat komik yang dipilih yaitu komik strip yang bisa diakses melalui Playstore di HP Android siswa masing-masing
- setelah diberitahu tutorial cara membuat komiknya selanjutnya tiap siswa mencoba untuk menyusun komik yang akan mereka buat


- langkah pertama adalah menentukan materi yang akan dibuat komik secara cepat
- setelah menemukan materi yang telah mereka pahami selanjutnya membuat alur cerita yang ringkas cepat dan mudah dipahami melalui informasi yg telah dikuasai
- langkah membuat alur ini dinilai oleh guru karena siswa harus benar-benar bisa menjelaskan sebuah materi dengan media komik yang ringkas dan berisi serta mengandung informasi
- setelah alur didapatkan maka mencari bahan-bahan gambar yang bisa membantu untuk proses pembuatan komik
- dan jika semua sudah siap maka di eksekusi menggunakan aplikasi komik strip siswa dibimbing membuat komik


Alhamdulillah dalam 1 jam pelajaran memahami materi dan 1 jam pelajaran sisanya mereka mengeksekusi ide untuk membuat komik yang sangat unik ringkas dan menarik.
Komik yg telah dibuat nantinya akan dipublikasikan dan disosialisasikan ke teman lainnya di lingkungan sekolah pada pertemuan selanjutnya.
Seperti apa komiknya karya siswa ?
Bisa Anda lihat di gambar berikut...
Seperti apa keseruan mereka saat mempromosikan komiknya ?
tunggu pertemuan selanjutnya......

-bersambung-
Terus menggali kreasi dengan sentuhan inovasi mencari sesuatu yang baru dan terbarukan untuk membawa kesenangan dengan cara belajar yang lebih baik.
Sharing and growing together




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....