Selasa, 30 Oktober 2018

Inovasi Samisanov : Three in one Inovasi History

Hello Historian......


Pembelajaran sejarah di kelas 12 Bahasa hari Senin tanggal 29 Oktober 2018 dilaksanakan dengan 3 sentuhan inovasi sekaligus.
Untuk membahas materi baru yaitu tentang Demokrasi Terpimpin, dikarenakan waktu yang sudah mepet maka Pak Aries memberikan sentuhan inovasi. Sebelum dimulai, guru memberikan tujuan pembelajaran yang harus dilakukan pada hari ini. Stimulus dan gambaran umum tentang materi yang akan dijelaskan.



Materi demokrasi terpimpin dijelaskan dengan menggunakan bantuan nonton bareng (nobar) video presentasi yang telah dibuat sebelumnya oleh Pak Aries. Dalam nobar, link di upload ke Youtube dan siswa bisa melihat sendiri masing-masing di HPnya biar mereka lebih bisa untuk memahami video tersebut dengan baik.
Sambil melihat video siswa mencatat hal-hal penting yang menjadi informasi dari materi demokrasi terpimpin.


Langkah selanjutnya untuk menciptakan situasi kompetisi di tiap siswa maka diadakan yang namanya membuat rangkuman bersama di papan tulis.
Tiap siswa yang bisa menuliskan catatan penting tentang materi Demokrasi Terpimpin yang telah dilihat dari film tadi akan mendapatkan tambahan poin. Keseruan terjadi dan tiap siswa saling mengisi kekurangan materi yang telah dituliskan oleh teman lainnya.
Setelah menulis rangkuman maka selanjutnya Pak Aries menjelaskan dan memberikan penegasan tentang materi sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Pembelajaran ditutup dengan kuis, siswa mengerjakan quiz yg dibuat oleh Pak Aries. Dan selanjutnya nilai yang didapatkan dituliskan di kolom nilai.
Hari ini dalam waktu 2 jam pelajaran kita bisa menyelesaikan materi Demokrasi Terpimpin. Mungkin masih banyak kekurangan yang bisa ditambal dengan cara mengerjakan lembar kerja siswa (LKS) sebagai tugas di rumah.


Terus berinovasi dan berkreasi dengan segala cara mencerdaskan anak bangsa, salam hari Sumpah Pemuda.
Sharing and growing together.

Videonya bisa dilihat disini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....