Selasa, 30 Oktober 2018

Inovasi Samisanov : Peta Konsep History

Hello Historian......

Pembelajaran sejarah di kelas 11 IPS 1 pada hari Senin 29 Oktober 2018 siang ini membahas tentang materi baru yaitu revolusi-revolusi besar di dunia. Materi yang sangat menarik ini dikemas oleh Pak Aries dengan sebuah inovasi menggunakan peta konsep.
Peta konsep yang dibuat oleh siswa nantinya berisi tentang hal-hal terkait dengan materi revolusi besar di dunia.



Pertama kali guru memberikan stimulus sekaligus menjelaskan tentang tujuan pembelajaran hari ini. Memberikan contoh-contoh dan sedikit gambaran mengenai materi yg akan dibahas. Pak Aries memberikan kesempatan para siswa untuk menyebutkan macam-macam revolusi yang akan dibahas pada bab 3 ini.
Ada 5 revolusi yang akan dibahas yaitu Revolusi Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia.

Akhirnya kelas dibagi menjadi lima kelompok besar yang ditugasi untuk membuat satu peta konsep yang berisikan tentang apa dan bagaimana serta kapan revolusi itu terjadi. Selain itu kelompok juga diminta untuk berdiskusi menjelaskan peran tokoh dan dampak dari revolusi.
Pada bagian akhir dalam diskusi tiap siswa membuat satu essai tentang kondisi fakta saat ini dengan konsep revolusi besar yang ada di dunia.

Satu jam pelajaran dipergunakan untuk berdiskusi dan menyusun sebuah peta konsep, dan satu jam pelajaran digunakan untuk presentasi hasil dari diskusi serta peta konsep yang telah mereka buat tadi.

Alhamdulillah dalam waktu 2 jam pelajaran banyk siswa yang telah memahami materi revolusi besar yang ada di dunia sesuai dengan tujuan pembelajaran pada hari ini.


Dari metode ini diharapkan tiap siswa bisa memahami dan menceritakan konsep dalam revolusi dengan merefleksi fakta kejadian saat ini. Hal ini dalat dilihat saat penilaian presentasi siswa diminta untuk tidak sekedar menjelaskan konsep, tetapi bisa memberikan contoh serta dampak langsung kejadian revolusi masa lalu dengan fakta pada saat ini.

Terus berinovasi dan berkreasi inspirasi dan mencerdaskan anak negeri.
Sharing and growing together.

Videonya bisa dilihat disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....