Senin, 17 September 2018

Cerdas Kudu Cermat

Hello Historian......

Assalamualaikum wr.wb
Halo teman-teman~ aku mau menceritakan tentang pbm sejarah hari kamis tanggal 13 september kemarin nih.
Seperti biasa, saat pbm sejarah minat pasti suasananya tegang plus penasaran dengan inovasi barunya Pak Aries Prasetya . Jadi, kemarin pak Aries menggunakan inovasi baru lagi untuk pbm sejarah, yaitu memakai metode 'Cerdas Kudu Cermat'. Penasaran kann kayak gimana metode barunyaa? Makanya baca terus sampe bawah yaa xD
Pertama, Pak Aries menyuruh kita berhitung dari 1-4. Lalu dibagi menjadi kelompok sesuai dengan nomor yg kita sebutkan tadi. Jadi yg menyebut nomor 1 berkumpul dengan kelompok 1, dan seterusnya. Setelah berkumpul dengan kelompok, per kelompok disuruh membagi materi BAB 2 "Peristiwa-Peristiwa Penting di Eropa Yang Berpengaruh Besar Di Dunia" yang terdiri dari Merkantilisme, Renaissance, Aufklarung, Reformasi Gereja, dan Revolusi Industri. Jadi 1 materi dipakai 2 orang. Ada yang mendapat bagian Merkantilisme, Renaissance, dan seterusnya. Setelah materi terbagi, kita disuruh membuat soal + jawaban sebanyak banyaknya.
Bingung? Gini Caranya :

1. Pertama kita mengambil kertas di bagian tengah buku tulis. Sisi pertama untuk membuat soal, dan sisi satunya untuk menuliskan jawaban.
2. Buat soal + jawaban sebanyak-banyaknya sesuai materi yg sudah dibagi dalam waktu 15 menit. Kenapa sebanyak-banyaknya? Karena 1 soal yg kita buat diberi 1 point sama Pak Aries, 1 jawaban juga diberi 1 point. Jadi kalau membuat 1 soal+jawaban akan mendapat 2 point. Oh iya hampir lupa! Kita belum boleh menuliskan nomor urutan soal dan jawabannya.
3. Sebelum waktu habis soal + jawaban yg kalian buat dijadikan 1 oleh kelompok masing-masing. Kemudian soal dan jawaban dipisah, lalu diurutkan sesuai absen, dan baru boleh diberi nomor urut. Setelah itu soal yg sudah dijadikan 1 dengan soal lainnya dijepret, begitupun dengan jawabannya.
4. Jika sudah selesai perwakilan kelompok maju ke Pak Aries dan diberitahu cara mainnya.
5. Kemudian Pak Aries menukar soal kita dengan soal kelompok lain (jadi nanti kita akan mengerjakan soal dari kelompok lain). Lalu kita diberi waktu 5 menit untuk mengerjakan soal yg diberikan.
7. Jika sudah selesai, 1 orang perwakilan kelompok maju lagi untuk mengumpulkan soal yg sudah dikerjakan. Dan nantinya akan dikoreksi oleh kelompok yg membuat soal itu.
Tambahan : aturannya yaitu untuk jawaban soal yg dikoreksi, benarnya di x5. Dan juga semua soal harus diberi nomor. Jika ada soal yg tidak diberi nomor disaat sebelum pengumpulan tadi, maka kelompok yg tidak mengasih nomor di soalnya akan diberi nilai -5, dan kelompok yang mengerjakan soal tidak ada nomornya itu akan mendapatkan nilai +10.
Sedikit cerita : Kelompokku mendapat soal dari kelompok satu, dan karena hanya diberi waktu 5 menit jadi anggota di kelompokku heboh xD. Terus juga di waktu yang sangat mepet itu kelompok kita nggak bisa mengerjakan soal banyak-banyak, jadi cuma mengerjakan 10 soal padahal harusnya 20. Sialnya lagi, banyak soal buatan kelompok kita yg belum dikasih nomor. Jadi dapat -5 dehh ㅠㅠ. Kelompokku akhirnya mendapat nilai 35 ㅠㅠ
Tapi nggak cuma berhenti disitu, per anggota kelompok maju untuk mendapatkan tambahan nilai. Jadi kita akan diberi pertanyaan dan harus menjawab cepet-cepetan. Bagi yg menjawab benar, akan mendapat nilai 100. Bagi yg kalah cepat atau menjawab salah mendapat nilai tetap seperti di awal. Aku mendapat pertanyaan dari materi yg bukan revolusi industri, aufklarung ataupun reformasi gereja jadi aku nggak bisa menjawab pertanyaannya. Jadi pertanyaan itu dijawab sama teman yg dari kelompok lain. Dan nilaiku... Tetap 35 ㅠㅠ
Kelompok yg mendapat angka benar paling banyak akan mendapatkan 50 point untuk semua masing-masing anggota. Kelompok 1,2, dan 4 mendapat angka seri jadi mereka berebut untuk mendapatkan 50 point. Saat penentuan siapa yg mendapatkan 50 point, perwakilan kelompok 1 menjawab duluan dengan cepat dan benar. Jadi kelompok 1 bersorak atas kemenangan mereka. Dan yg kalah.. Ya sedih lah ㅠㅠ
Tapi gapapa, masih ada kesempatan di lain hari.
Itu aja sih ceritaku. Udah dulu yaa.
Paipai~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....