Kamis, 01 Maret 2018

Virtual Reality in History

Hello Historian......
Sejarah disusun berdasarkan apa yg terlihat dan terekam namun kadang kita tdk tau dibalik itu atau apa yg tdk terlihat dibalik peristiwa sejarah. Sedikit ungkapan tsb yg pernah menggelayut dalam pemikiran saya ketika kuliah dulu. Maka dlm PBM sejarah di kelas xi ips-1 tepatnya hari senin, 19 Februari 2018, saya mencoba berinovasi menjawab pertanyaan tersebut. Salah satu yg ditawarkan adalah menggunakan Virtual Reality in History atau istilah kerennya kamera video poto 360 degree.
Role pembelajaran virtual reality In History :

-Cari link video di YouTube yang menggunakan VR atau virtual reality yang ada hubungannya dengan sejarah
-Tonton video tersebut, bisa menggunakan VR Box atau video sentuhan 360 derajat (tanpa VR Box)
-Sambil melihat video cari hal-hal yang misterius untuk dibuat pertanyaan
-Bikin lima pertanyaan yang berkaitan dengan video yg misterius, sehingga orang lain yang melihat video nanti mencari hal misterius dari video yang dilihat nanti (semacam soal misteri)
-Setelah melihat dan membuat soal kemudian bagi link dan soal video kamu ke teman sebelahmu
-Biarkan dia melihat dan mengerjakan soal yang kamu berikan
-Jika dia tidak menemukan jawabannya maka beritahukan clue atau petunjuknya saat melihat video nya
-tulis dan dokumentasikan semuanya dengan baik
-Laksanakan dengan kegiatan ini dgn baik untuk memahami konsep virtual reality ini history

Tagihan dari pembelajaran ini yaitu :
-Link video yang Anda lihat
-Soal yang anda bikin
-deskripsi (role atau aturan model PBM ini)
-Tanggapan anda terhadap pembelajaran ini
-poto dokumentasi yg di collage (beri stiker samisanov baru dan slogan sejarah)
Semua di tulis dalam status FB (tag FB Aries Prasetya)
*akan di nilai pak aries di kolom komentar
Catatan :
Jadi VR box dalam pembelajaran ini adalah sebagai alat bantu yang bisa digunakan. Bagi yang memiliki VR box silakan di bawah, namun jika kalian tidak memilikinya kalian bisa membikin sendiri di mana tutorialnya sudah ada di Google.
http://www.androidtau.com/…/cara-membuat-google-cardboard-s…
Atau Kalian juga bisa pinjam ke teman kalian yang punya VR box.
Bentuk usaha yang telah kalian lakukan akan dinilai oleh Pak Aries.
Belajar yang baik adalah selalu mencoba dengan segala usaha untuk menemukan sebuah inovasi dan menikmati pembelajaran serta mengambil kesimpulan dari hikmah yang dia dapatkan.
Melalui PBM VR in History siswa mendapatkan hikmah :
-Memahami bahwa peristiwa sejarah tidak hanya yang terlihat atau yang terekam namun juga ada unsur di balik peristiwa itu terjadi atau dalam istilahnya ada sebab akibat
-Diharapkan siswa juga bisa membuat foto dan video 360 derajat
-Hasil akhirnya siswa ketika melakukan kunjungan ke museum atau lokasi bersejarah lainnya bisa memahami konsep sejarah tidak secara parsial tapi secara menyeluruh.
Terus berkreasi dan berinovasi mengisi celah dengan inspirasi berbuah kreasi.
Berikut video dokumentasinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....