Senin, 30 Oktober 2017

Pameran Karya Siswa Smadda

Hello Historian......

Tugas Akhir Semester 1 Untuk Kelas 12 Sejarah Wajib
Pameran Karya Siswa Smadda
*nabung nilai untuk semester 2 nanti

Sebuah upaya untuk memberikan apresiasi buat segala bentuk inovasi dan kreasi adalah menyelenggarakan pameran. Pameran di dalamnya akan terdapat berbagai karya dan produk inovasi yang nantinya sebagai upaya publikasi dan dokumentasi serta upaya menginspirasi orang lain untuk mengetahui dan memahami karya kita. Maka pak aries melalui PBM Sejarah ingin menyelenggarakan sebuah pameran pendidikan dengan bertajuk “Dari Siswa Oleh Siswa dan Untuk Semua”.  
Nah disini pak aries ingin memberikan tantangan bagi kekompakan kelas kalian sekaligus belajar interpreneur mengelola sebuah event acara pameran. Bukankah selama ini kalian sudah diajari dalam PBM Seni untuk menyelenggarakan acara dan pameran namun hanya di nikmati oleh guru seni dan kelas kalian sendiri. Sudah waktunya sekarang kalian menunjukan pada orang lain (umum) karya dan inovasi kalian melalui Pameran Pendidikan “Dari Siswa Oleh Siswa dan Untuk Semua”

Gimana caranya ?


Nanti setiap kelas wajib membuka stand lapak pameran yang didalamnya memamerkan produk-produk inovasi dan kreasinya selama semester 1 ini dalam PBM di SMA Negeri 22 Surabaya. Karya yang dipamerkan adalah semua hasil karya siswa terbaik di kelas kalian (PBM nya bebas dari mapel apapun). Yang bisa dipamerkan diantaranya yaitu  :
Wajib dipamerkan
1.       Produk hasil karya siswa (harap diberi deskrispsi singkat mengenai produk)
2.       X Banner berisi tentang inovasi dan kreasi kelas kalian (yang bagus dan menarik sehingga mengundang orang untuk hadir di lapak pameran kelas kalian)
3.       Poster dan pamflet yang bisa dibagi ke pengunjung (isinya berkaitan dengan inovasi, kreasi PBM di Smadda dan kelas kalian)
Tambahan (menambah nilai)
4.       Profil tentang kelas kalian (sesuatu yang bisa di pamerkan)
5.       Dan karya-karya inovasi terbaik lainnya di kelas kalian (mungkin tarian atau yel dsb)
6.       ....... (inovasi kelas kalian)
*silahkan berinovasi dan berkreasi mencipta sesuatu yang bikin orang lain terinspirasi dari karya kelas kalian

Setiap stand lapak kelas diberi jatah 2 meja dan 2 kursi (kurang lebih ukuran tempat 3x3 meter) silahkan kalian setting sendiri lapak tempat pameran kalian, untuk lokasinya akan di bahas nanti. Untuk tiap lapak pameran kelas dijaga maksimal 2 siswa di lokasi dengan atribut yang kompak dan menarik (boleh bergantian kok). Tugas penjaga stand adalah memberikan jawaban atau mengenalkan produk2 kelas kalian.

Kapan dan dimana Pak ?
Insyaallah pameran akan dilaksanakan pada saat pembagian Raport Semester 1 dimana pengunjungnya adalah siswa kelas lain, orang tua kalian sendiri dan beberapa warga di sekitar SMA Negeri 22 Surabaya. Dimulai pukul 07.00 – selesai.
Lokasi pameran ada di selasar sekitar taman (menunggu konfirmasi dari pihak waka sarana dan prasarana)

Apa sich manfaatnya ?
Selain sebagai upaya mengapresiasi karya kalian maka pak aries juga akan memberikan penilaian yang tentunya nilai ini akan dimasukan di semester 2. Karena untuk kelas 12 sejarah wajib, waktu kalian di smt 2 nanti akan difokuskan untuk persiapan ujian-ujian sehingga pak aries menyadari hal tersebut dengan tidak akan banyak mengambil nilai di smt 2. Gunakan ajang pameran ini untuk mendapatkan nilai-nilai untuk semester 2 nanti.
Kriteria penilaian :
1.       Hal yang wajib di pamerkan lengkap (penilaian produk)
2.       Kalo ada tambahan yang dipamerkan (ada tambahan nilai)
3.       Kreatifitas kelas dalam menghias lapak pameran kelasnya (penilaian kreatifitas)
4.       Cara mengenalkan produk kepada pengunjung dan dilihat dari banyaknya pengunjung ada bukti daftar hadir pengunjung (penilaian kinerja)
5.       Dokumentasi dan publikasi pameran kelasnya. Selama pameran wajib mendokumentasikan hal-hal yang perlu didokumentasikan dan setelah pameran mempublikasikan di sosmed atau dunia maya tentang pelaksanaan pameran kelasnya (penilaian portofolio)
6.       Tanya jawab dengan pak aries selama mengunjungi stand-stand pameran kelas kalian, harap di siapkan presentasi atau penjelasan yang menarik dan menginspirasi agar mendapat nilai yang maksimal (penilaian kognitif)

Dengan adanya pameran ini insyaallah raport semeter 2 kalian akan terisi dengan penuh tinggal ujian dan mengerjakan LKS doank di semester 2. Maka waktu yang cuman 2 bulan disediakan untuk PBM Non UN insyaallah sejarah sudah siap mengantisipasinya. Dan kalian bisa fokus pada ujian-ujian di semester 2 nanti.
Selain itu pameran kelas ini juga akan dilombakan. Kelas yang memperoleh penilaian paling tinggi akan ada bonus point yang bisa dinikmati oleh seluruh anggota kelas. Dan dapat piagam penghargaan dari Kepala SMA Negeri 22 Surabaya.

Nich hadiah Pointnya
No
Kriteria Lomba
Juara
Hadiah Point
1
Stand Pameran ter “Keren tampilan dan Karyanya”
Juara 1
600
Juara 2
500
Juara 3
400




2
Stand Pameran ter “Ramai Pengunjung Umum”
Juara 1
500
Juara 2
400
Juara 3
300




3
Stand Pameran Favorit Pak Aries
Juara 1
500
Juara 2
400
Juara 3
300




4
Dokumentasi dan Publikasi Pameran Ter Baik
Juara 1
600
Juara 2
500
Juara 3
400
Catatan :
ü  Point berlaku bagi semua siswa (per siswa) di dalam kelas yang berkontribusi dalam kegiatan pameran (ditunjukan dengan bukti kehadiran saat pameran)
ü  Bagi kelas yang ikut berkontribusi akan mendapatkan 100 Point per siswa

Laksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab, karena nilai pameran akan bisa dinikmati oleh seluruh siswa yang berkontribusi dalam kegiatan pameran kelas kalian.
Waktunya orang lain untuk bisa melihat dan menikmati serta mencoba mencari inspirasi dari produk karya inovasi dan kreasi kelas kalian. Ayo tunjukan pada dunia kekompakan dan kehebatan kelas kalian.
Terus berinovasi dan berkreasi serta selalu berbagi untuk diri, sekitar kita dan Indonesia.

Karena bersama pak aries
#SejarahMakinEksis



Surabaya, November  2017
Guru Mata Pelajaran Sejarah


Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

NIP. 19820409 200604 1 013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....