Selasa, 13 Juni 2017

Pengalaman Mengikuti Workshop Pembuatan Media di IGI (Sabtu, 10 Juni 2017)

Hello Historian......

Pengalaman asyik kemaren saat mengikuti kegiatan workshop pembuatan media belajar dengan IGI
Banyak pertanyaan yang saya jawab dengan senyuman krn memang blm pas untuk menjawab selain dengan senyuman hehe....
1. Pak aries ngajar apa dimana?
Saya ngajar sejarah di SMA Negeri 22 surabaya yg pake sosmed untuk berinovasi dan mensosialisasikan serta dokumentasi dan publikasi PBM selama ini. Dengan gerakan moral SAMISANOV (satu minggu satu inovasi) bermimpi insyaallah selalu berkreasi dengan inovasi di tiap minggunya. Sekaligus mewujudkan sebuah slogan bersama pak aries #SejarahMakinEksis.
Bersama guru sejarah di sekolah lain berupaya berkolaborasi untuk mendidik anak negeri melalui inovasi. Colek pak Rusdi Mustapa sang punggawa Sejarah MAN surakarta dgn slogan #SejarahMemangAsyik ini master yg selalu mwnginspirasi dgn tulisan, potonya dan pemikirannya.


2. Pernah ikut kompetisi apa saja pak?
Kompetisi bagi saya sebagai ajang mengukur diri dan refleksi sejauh mana inovasi yg telah saya lakukan sehingga banyak kompetisi yg diikuti namun hanya sedikit yg menghasilkan prestasi. Dan dari sanalah pijakan untuk berinovasi selanjutnya.
Mulai kenal quipper dengan di suport mbak Namira SyNiar Munir dan crew hingga jd pembicara konferensi nasional bersama master Zainal Lanto di jakarta.
Ikut Indonesia Digital Learning 2015 di kenalkan oleh master Neny Else hingga punya keluarga IDL 2015 seperti temen satu kursi penerbangan, master Pramawati Suryaningrum, hingga banyak menimba ilmu dari master Ary Gunawan dan para juara IDL 2015 hingga akhirnya alhamdulillah bisa menjadi pemenang di IDL 2016 bersama temen kreator dari sby pak ustadz yg g suka di colek Ahmad Syairozi dkk.

Kenal kompetisi microsoft, MIEE terinspirasi dari master Amiroh Adnan yg banyak makan garam prestasi di IT. Dan alhamdulillah akhirnya punya keluarga baru di Microsoft yg orang2 nya keren dan murah berbagi, kenal master SWAY Andri Pradhana, master ngumek coding Yuche Yahya Sukaca, dan tentunya guru master bu Anastasia Moertodjo serta nama2 amazing lainnya yg kalo di tag disini bakal penuh status saya hehee.
Kalo kompetisi yg gagal banyak cuma saya tdk merasa gagal krn dengan kegagalan itu saya akhirnya banyak menemukan bahan belajar dan pengalaman baru untuk kedepannya. Yang penting jgn seperti katak dalam tempurung. Bolehlah merasa sudah berhasil tp g boleh sombong atau merasa yang TER.
Kita harus punya parameter lain untuk terus berkreasi dgn selalu "menyedot" kreasi2 baru dari mereka yg ada di luar. Dengan demikian ilmu kita akan terus tambah dan upgrade.
Dan jangan malu buat menuliskan bahan atau inspirasi tersebut dari sapa atau dari mana. Ojo oleh bahan anyar terus digawe tulisan dan dipek dewe opo meneh di gawe "bahan dodolan" kualat mengko koyok AFI lho ya hehehe.....

Saya jujur dalam hal tulis menulis banyak terinspirasi dari gurunya nulis master kungfu ups hehe keliru, yaitu master Fita Sukiyani dan pak RM serta karya blog bu amiroh dan bu neny. Maka gak boleh lupa menyebutkan sumbernya, kalo lupa bisa kualat saya.. Hehe.
3. Dapat apa saja pak dari kompetisi yg diikuti?
Jelas bukan menang kalah yg saya cari, spt banyak pertanyaan inbox yg selalu tanya apa tips nya dan gmn caranya dan bla bla.
Saya bisa bertemu para master dlm sebuah event dan bisa menyerap ilmu baru itu adalah sebuah hasil yg paling agung bagi saya. Biarlah proses yg berjalan karena insyaallah usaha tdk akan menyelingkuhi hasil kok hehe. 

Jadi biarlah mengalir seperti air. Kalo dlm istilah saya tdk melawan arus tp membuat keruh air agar hidup serasa lebih hidup.
Pengalaman bisa nginep di hotel bersama master Anhar Alhadi, mas can can, ato pak Teguh Basuki Wibowo menjadi cerita tersendiri.Naik pesawat hingga keliling ke LN gratis bersama master M Nur Zakun dkk itu adalah hasil sampingan bukan sbg tujuan.
Saya masih ingat kata kawan penulis buku terkenal, awali semua niatmu buat berbagi bukan cari materi apalagi sensasi. Wow.....maka ayo luruskan niat buat ikhlas berbagi mencerdaskan anak negeri melalui rangkaian inovasi dan kreasi. Seperti tulisan guru sejarah muda dari surabaya....
Tidak perlu tampil seksi untuk mencari sensasi
Mari berkreasi melalui inovasi insyaallah prestasi akan menghampiri
Awali semua dari hati semoga Allah meridhoi

4. Mau ta pak kapan2 ngisi materi di sekolah saya?
Jawabannya g pake lama......MAU banget
Karena semakin banyak jam terbang maka semakin bagus bagi tampilan performance seseorang apalagi akan semakin upgrade untuk belajar hal baru bertemu dgn orang2 baru. Saya suka itu......
Seperti kata guru seksi fisika doeloe pernah mengatakan : "Dik ayo terus kembangkan inovasimu" makasih bu guru, mbak saya, master saya, orang yg plg banyak menginspirasi saya.....bu neny
Dan insyallah ini lagi progres juga buat menyusun tulisan menjawab tantangan "ayo ndang di bukukan"..... Bismillah iso iso iso

Dan pertanyaan iseng lainnya seperti.....
-dah nikah tah mas...
-setau saya doeloe peean lak lemu se saiki kok koyok ngene...
-dll
Gak perlu di jawab ya tp cukup di senyumin aja krn senyuman adalah cara menjawab dengan 1000 alternatif jawaban hehehee
Makasih sudah banyak menginspirasi para master
Maaf kalo shubuh2 sudah di colek2....
Mari terus berkreasi....
Salam satu nyali.....WANI
Bersama pak aries
#SejarahMakinEksis
#WaktunyaBikinSejarah
Salam SAMISANOV
Satu Minggu Satu Inovasi
"menulislah terus insyallah akan terlihat perubahan pada dirimu"
(gubahan dari pak RM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....