Hello Historian......
Mengenalkan metode menghabiskan materi dlm waktu singkat.....
"Estafet of history"
Dengan menggunakan cara ini guru bisa menghabiskan materi dgn cepat dan siswa bisa paham materi sambil olah raga dan olah otak.
Mengenalkan metode menghabiskan materi dlm waktu singkat.....
"Estafet of history"
Dengan menggunakan cara ini guru bisa menghabiskan materi dgn cepat dan siswa bisa paham materi sambil olah raga dan olah otak.
Gimana cara nya ?
1. Guru menulis bagian2 penting atau materi indikator yg hendak di capai dlm PBM hari itu (ssmacam kilasan materi berupa clue clue) ditulis di papan tulis
2. Kelas dibagi menjadi 3-4 kelompok besar dan tiap kelompok di beri spidol untuk menulis di papan tulis
3. Guru menginstruksikan siswa untuk membuka buku atau bahan acuan materi kemudian mendiskusikan dengan klompok berdasarkan clue2 yg sudah ditulia dipapan tadi
4. Tiap kelompok berlomba untuk menuliskan jawaban di papan (dilakukan secara estafet) bergantian tiap 1 siswa maju membawa spidol dan menuliskan jawaban di papan kemudian kembali ke kelompok memberikan spidol ke siswa 2 dst hingga semua siswa menuliskan atau materi penuh
5. Tiap kelompok yg bisa membubuhkan jawabannya di papan mendapat 5 point per jawaban sehingga ini memotivasi kelompok buat kerja cepat dan cerdas
6. Durasi untuk mencorat-coret papan ini bisa 10-15 menit sehingga setiap kelomppk berlomba untuk mendapatkan point sebanyak2nya
7. Setelah waktu selesai maka guru menghitung point tiap kelompok dan mengapresiasi hasil tiap kelompok (ini modal nilai untuk langkah selanjutnya)
8. Tidak berhenti sampai disini, maka selanjutnya kelompok diminta untuk memahami materi yg sudah di kerjakan bersama se kelas di papan tadi
9. Tiap kelompok menyiapkan peesentasi berupa urutan materi yg benar dan membagi rata pemahaman materi untuk setiap anggota kelompok (disini siswa mendiskusikan dan menghafal sekaligus memahami bagian2 yg akan dipresentasikan)
10. Durasi menghafal atau memahami ini sekitar 10-15 menit setelah itu tiap kelompok presentasi
11. Presentasi dilakukan tiap kelompok dgn menjelaskan bagian yg dipahami per anggota urut sesuai dengan materi sehingga tiap anggota wajib berbicara (presentasi)
12. Dibagian akhir presentasi guru memberikan pertanyaan simpulan yg mengacu pada indikator pada tiap kelompok untuk dijawab
13. Guru menilai hasil estafet kelompok dan memberikan apresiasi pada kelompok
14. Selesai dech
Dengan 2 jam pelajaran insyaallah guru dan siswa bisa memahami materi PBM dengan cepat
Silahkan di coba.....
Hanya ada di PBM sejarah pak Aries Prasetya #sejarah_uenak_tante
1. Guru menulis bagian2 penting atau materi indikator yg hendak di capai dlm PBM hari itu (ssmacam kilasan materi berupa clue clue) ditulis di papan tulis
2. Kelas dibagi menjadi 3-4 kelompok besar dan tiap kelompok di beri spidol untuk menulis di papan tulis
3. Guru menginstruksikan siswa untuk membuka buku atau bahan acuan materi kemudian mendiskusikan dengan klompok berdasarkan clue2 yg sudah ditulia dipapan tadi
4. Tiap kelompok berlomba untuk menuliskan jawaban di papan (dilakukan secara estafet) bergantian tiap 1 siswa maju membawa spidol dan menuliskan jawaban di papan kemudian kembali ke kelompok memberikan spidol ke siswa 2 dst hingga semua siswa menuliskan atau materi penuh
5. Tiap kelompok yg bisa membubuhkan jawabannya di papan mendapat 5 point per jawaban sehingga ini memotivasi kelompok buat kerja cepat dan cerdas
6. Durasi untuk mencorat-coret papan ini bisa 10-15 menit sehingga setiap kelomppk berlomba untuk mendapatkan point sebanyak2nya
7. Setelah waktu selesai maka guru menghitung point tiap kelompok dan mengapresiasi hasil tiap kelompok (ini modal nilai untuk langkah selanjutnya)
8. Tidak berhenti sampai disini, maka selanjutnya kelompok diminta untuk memahami materi yg sudah di kerjakan bersama se kelas di papan tadi
9. Tiap kelompok menyiapkan peesentasi berupa urutan materi yg benar dan membagi rata pemahaman materi untuk setiap anggota kelompok (disini siswa mendiskusikan dan menghafal sekaligus memahami bagian2 yg akan dipresentasikan)
10. Durasi menghafal atau memahami ini sekitar 10-15 menit setelah itu tiap kelompok presentasi
11. Presentasi dilakukan tiap kelompok dgn menjelaskan bagian yg dipahami per anggota urut sesuai dengan materi sehingga tiap anggota wajib berbicara (presentasi)
12. Dibagian akhir presentasi guru memberikan pertanyaan simpulan yg mengacu pada indikator pada tiap kelompok untuk dijawab
13. Guru menilai hasil estafet kelompok dan memberikan apresiasi pada kelompok
14. Selesai dech
Dengan 2 jam pelajaran insyaallah guru dan siswa bisa memahami materi PBM dengan cepat
Silahkan di coba.....
Hanya ada di PBM sejarah pak Aries Prasetya #sejarah_uenak_tante
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....