Jumat, 25 Januari 2019

Ingat Orde Baru Dengan Cara Baru

Hello Historian......

Kegiatan pembelajaran sejarah di kelas 12 IPS 1 pada pagi hari ini berjumpa dengan materi Orde Baru. Pada pertemuan sebelumnya siswa telah diberikan materi tentang Orde Baru. Maka agenda setelah mengkoreksi LKS selanjutnya siswa akan menghadapi ulangan harian dengan materi bab Orde Baru.

Untuk ulangan kali ini dalam pelajaran sejarah yang dipimpin oleh Pak aries menggunakan metode yang nyeleneh. Bukan bermaksud untuk cepat menghabiskan materi atau mengejar waktu yang semakin mepet karena siswa harus menghadapi usbn dan unbk. Ulangan harian kali ini dilakukan dengan cara menggunakan ingatan jangka pendek.
Langkah-langkah nylenehnya ssbagai berikut :



-Siswa pertama kali diminta untuk menghafalkan semua soal yang telah dibahas pada materi Orde Baru.
- selanjutnya diberi waktu kurang lebih 10 menit siswa harus menghafalkan semua soal plus jawaban dari materi yang telah diajarkan
- kemudian siswa maju satu persatu untuk diberi pertanyaan secara lisan dari soal yang telah dihafalkan


- siswa dalam menjawab diperbolehkan menggunakan mind map atau pemetaan pikiran mereka (mind map)
- yang dibutuhkan di sini adalah penguasaan materi secara global dengan soal-soal yang telah diberikan
- siswa yg penguasaan mind map nya bagus otomatis akan mudah menjawab soal tp bagi yg kurang sip maka dia akan kesulitan

Dari sistem ulangan ini ternyata terbesit sebuah temuan baru tentang pola belajar siswa. Ditemukan beberapa tipe belajar siswa dalam membuat pemetaan pikiran dalam jangka pendek. 

Ada yang menulis menggunakan sandi-sandi tertentu. Ada pula yang mencoba menghafal semua dalam daya ingat mereka.

Alhamdulillah melalui ulangan ini selain mendapatkan hasil yang optimal ditemukan pula masukan tentang bagaimana belajar dengan cara menyisipkan konsep-konsep secara langsung kepada siswa.
Cara ini bisa dilakukan untuk mempersingkat waktu dalam menyelesaikan sebuah materi jika memang waktu yang dibutuhkan sangat mendesak.


Jangan dipraktekan jika waktu PBM anda masih panjang. Cara ini muncul akibat dari mepetnya waktu buat pelajaran non UNBK yg harus menyelesaikan materi smt 2 hanya dlm 2 bulan.

Berbagi dan berinovasi menemukan kreasi untuk mencerdaskan anak negeri.
Sharing and growing together.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....