Senin, 27 Agustus 2018

Tutorial Membuat Formulir dengan Zoho

Hello Historian......

Zoho adalah penyedia aplikasi secara online. Di dalam zoho ada berbagai macam aplikasi yang bisa kita manfaatkan secara online. Dari sosial network, blog, pembuatan dokumen, prsentation, spreadsheet dll . Dengan beragamaplikasi online yang ditawarkan, pantaslah kalau Zoho disebut kantor berjalan. Disini saya akan menjelaskan sebagian kecil fitur yang ada pada zoho.com. fitur yang biasa kita gunakan sehari hari dalam bekerja. Sehingga diharapkan fitur-fitur pada zoho ini bisa lebih memudahkan anda dalam bekerja.Mungkin di masa yang akan datang semua fitur ataupun aplikasi di access melalui dunia maya tau internet.
Berikut adalah tutorial cra membuat formulir online menggunakan zoho....



1. Buka browser Sobat Guru semua, bisa pakai Chrome ataupun yang lainnya.
2. Ketikkan url untuk membuat form, yaitu www.zoho.com
3. Itu tampilan ketika kita sudah pernah login. Jika belum, silahkan klik menu Sign Up yang ada dibagian kanan atas, isi form sampai selesai. Kemudian login
4. Jika telah mengisi email dan password sesuai dengan pada saat sign up, lalu klik Sign In. Sehingga muncul tampilan berikut :
5. Untuk memulai membuat form, silahkan tekan Forms, sehingga akan muncul menu-menu berikut:
6. Untuk membuat form baru, klik new form, yang berwarna hijau di pojok kanan atas.
7. Isikan judul formulir di kotak Form Name, dan isikan keterangan form pada kotak Description.
8. Kemudian klik Create. Sehingga muncul tampilan sebagai berikut :
🌟 Paling kiri, berisi menu yang digunakan untuk membuat form (pilih sesuai kebutuhan)
🌟 Bagian tengah, merupakan tampilan form, akan muncul ketika menu yang disebelah kiri dijalankan (diklik)
🌟 Paling kanan, untuk mengubah nama/label form, karena defaultnya menggunakan bahasa inggis
Untuk yang menggunakan handphone, biasanya ketiga bagian di atas akan berurutan ke bawah.
9. Buat form yang berisi Email, Nama, Alamat, Unit Kerja, Jenjang seperti tampilan berikut :
Untuk email, klik menu email
Untuk nama, klik menu name (kemudian edit jadi nama)
Untuk alamat, klik menu address (kemudian edit jadi alamat)
Untuk unit kerja, bisa pake menu single line (kemudian edit jadi unit kerja)
Untuk jenjang merupakan pilihan tarik turun, klik menu dropdown (kemudian edit jadi jenjang, dan isikan pilihan dibawahnya dengan TK/Paud, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK)
Untuk ganti halaman, klik menu Page break
Untuk pertanyaan "Apakah Anda anggota IGI" gunakan menu Checkbox
Untuk edit, klik nama default dari menu yang kita pilih, secara otomatis akan dibawa ke bagian kanan (bagian bawah jika pakai hp), ganti label sesuai keinginan kita,, pastikan di bagian bawah klik mandatory, artinya bagian tersebut wajib diisi.
10. Jika sudah selesai, dan kita ingin mengecek tampilan form kita, maka klik Access Form yang ada dibagian pojok kanan atas, sehingga akan muncul tampilan berikut :
11. Jika sudah sesuai keinginan, klik panah ke kiri, dibagian pojok kiri atas, sehingga akan muncul tampilan daftar form yang telah kita buat, seperti tampilan awal tadi
12. Untuk membagikan form klik form yang akan dibagikan, bagian kanan akan muncul tulisan Share, silahkan di klik. Akan muncul alamat url dari form tersebut.
13. Klik dan blok semua alamat url yang ada pada kotak Form Permalink (URL), lalu tekan, pilih copy (salin), kemudian keluar dari browser Anda dan masuk ke channel telegram atau grup telegram Anda, tekan di bagian papan ketik, pilih paste (tempel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....