Kamis, 21 Juni 2018

Mengenal Class Dojo Sebagai Aplikasi Keren Buat Guru

Hello Historian......

Pada era modern ini perkembangan mengenai teknologi informasi sudah berjalan dengan pesat, serta merambah berbagai sektor kehidupan. Pemanfaatan teknologi informasi berguna a untuk meningkatkan produktivitas pengguna. Pendidikan perlu digabungkan dengan teknologi informasi yang terbukti mampu mempercepat proses pembelajaran dan mempromosikan sebuah metode pembelajaran lebih inovatif daripada penggunaan buku konvensional. Dalam dunia pendidikan, teknologi informasi berguna bagi guru maupun murid, salah satu yang paling dirasakan adalah dalam hal pengumpulan tugas. Berikut adalah contoh dari aplikasi dan website terhadap pemanfaatan teknologi informasi di bidang dunia pendidikan.

Mau memantau perkembangan perilaku siswa? Class Dojo adalah aplikasi yang tepat.

ClassDojo adalah aplikasi komunikasi guru untuk memotivasi siswa menumbuhkan perilaku positif siswa yang dapat melibatkan orang tua siswa dalam mendidik siswa.

Langkah-langkah membuat Class Dojo yaitu :


1. Daftar Class Dojo sebagai Guru.

JIka Anda guru pertama di sekolah Anda yang menggunakan ClassDojo, maka Anda akan mendaftarkan sekolah Anda. Jjika sudah ada guru yang mendaftar Class Dojo di sekolah anda, anda bisa langsung bergabung.
dojo
2. Buat kelas di Class Dojo.
Anda bisa membuat kelas Anda sebanyak-banyaknya sesuai dengan kelas yang Anda ajar.Screen Shot 2016-08-28 at 7.33.09 AM
3. Masukan nama siswa Anda.
Anda dapat dengan mudah salin (copy) dari database nama-nama siswa di kelas Anda tanpa memasukkan satu per satu.class-dojo-screenshot
4.Modifikasi perilaku.
Ada dua jenis perilaku : Positive & Needs Work.
Perilaku ‘Positive’ adalah perilaku yang diharapkan terus dikembangkan siswa.
Perilaku ‘Needs Work‘ adalah perilaku yang perlu mereka perbaiki ke depannya. Anda dapat memodifikasi sesuai dengan perilaku yang relevan bagi anda.  Anda juga bisa mengimpor sikap dari kelas lain.
2014-08-15-131536-00001
5. Cetak undangan Class Dojo untuk melibatkan siswa dan orang tua anda.
Minta siswa dan orang tua mendaftar Class Dojo dan memasukkan kode kelas agar dapat masuk di Class Dojo. Siswa akan dapat melihat perkembangan perilaku mereka jika orang tua sudah terdaftar di Class Dojo..
class dojo invite
6. Berikan poin perilaku pada siswa Anda.
Hanya cukup mengklik icon monster dengan nama siswa, Anda dapat memberikan poin kepada siswa sesuai dengan perilakunya setiap hari.
unnamed
7. Lihat laporan perkembangan perilaku siswa.
Klik View Report lalu anda dapat melihat laporan perilaku siswa harian dalam grafik yang mudah dipahami.
ClassDojo-Report
8. Komunikasikan perkembangan siswa secara lebih personal. Hal ini memudahkan Anda melakukannya secara langsung daripada melayangkan surel.
Screen Shot 2016-08-28 at 1.30.17 PM
9. Unggah foto-foto kelas anda di Class Story. Dengan demikian orang tua akan dapat mendapatkan informasi langsung yang aman tentang pembelajaran di kelas.
full
Referensi :
https://popupedublog.wordpress.com/2016/08/28/kelola-perilaku-siswa-dengan-class-dojo/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....