Minggu, 11 Februari 2018

Inovasi presentasi Materi Jepang di Indonesia

Hello Historian......

Selasa 6 Februari 2018 inovasi yang dilakukan di kelas 11 IPS 1 pelajaran Sejarah Peminatan sangat menarik. Hal ini dikarenakan siswa diajak kembali ke zaman mereka kecil atau pembelajaran waktu SD. Dimana dalam mempelajari materi tentang pendudukan Jepang di Indonesia, kelas diminta untuk membaca bersama dengan cara berurutan. 


Langkah yang dilakukan diantaranya :
-Secara acak guru menunjuk siswa melalui absen untuk membaca materi yang dibahas hari ini
-Selanjutnya dengan spontan guru menyebutkan nomor absen, maka yg ditunjuk harus siap melanjutkan bacaan yang telah dibaca oleh teman yang sebelumnya
-Jika ada yang tidak konsentrasi atau tidak bisa melanjutkan bacaannya, maka siswa dipersilahkan untuk meninggalkan kelas untuk belajar materi sebelumnya
-Setiap siswa yang bisa melanjutkan bacaan otomatis mendapatkan tambahan poin
-Setiap habis  sub bab bacaan dihentikan dan guru memberikan kesempatan pada siswa untuk menceritakan atau menjelaskan kembali materi yang telah dibaca tadi
-siswa yg bisa menjelaskan otomatis akan mendapatkan nilai tambahan dan tambahan poin
Kegiatan ini dilakukan untuk materi kedatangan Jepang di Indonesia

Kegiatan sub bab selanjutnya tentang organisasi bentukan Jepang di Indonesia, maka siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok Sejumlah organisasi bentukan Jepang di Indonesia

Langkah-langkah yang dilakukan diantaranya :
-Pembagian kelompok berdasarkan jumlah organisasi bentukan Jepang di Indonesia
-Selanjutnya siswa berkumpul dengan anggota kelompoknya dan belajar bersama
-kelompok diberikan waktu untuk menentukan cara mereka dalam presentasi sesuai dengan bagiannya dan model presentasi yang mereka tentukan sendiri
-Persiapan untuk belajar dan berdiskusi diberikan waktu sekitar 15 menit
-Selanjutnya tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
-Rupanya banyak sekali presentasi yang unik inovatif dari tiap kelompok untuk menjelaskan materi tentang organisasi bentukan Jepang di Indonesia
-Guru bertugas untuk menilai dan memberikan masukan tentang kegiatan pembelajaran pada hari ini
-bersama siswa Guru menyimpulkan tentang pendudukan Jepang di Indonesia

Dari inovasi ini siswa mendapatkan pembelajaran mengenai :
-Berpikir cepat dalam memahami sebuah materi
-Inovatif Dalam menemukan solusi menyelesaikan permasalahan
-Percaya diri dalam menyampaikan aspirasi terutama tampil di depan umum

Belajar sejarah ternyata bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Terus berbagi dengan inovasi mencipta kreasi semoga bisa menginspirasi untuk mencerdaskan anak negeri.

Salam satu nyali 
#Wani
Salam Literasi 
#SharingAndGrowingTogether

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....