Kamis, 18 Januari 2018

Meja Setengah Bundar

Hello Historian......
Salam Samisanov
Satu Minggu Satu Inovasi
Rabu 17 januari 2018
Karena tanggal 17 maka saya harus pakai baju korpri. Agak sedikit risih karena memang bajunya kebesaran hehee. Di hari rabu ini metode yang digunakan dalam pembelajaran secara kelas 11 ips 3 yaitu bernama meja setengah bundar.
Metode meja setengah bunder semacam kuis yang diberikan kepada siswa untuk melatih kompetensi atau kemampuan mereka menguasai materi.
Langkah-langkah dalam metode meja setengah bundar yaitu :

-Siswa pertama kali diminta untuk membuat sebuah pembagian materi dari yang disepakati
-Kelas dibagi menjadi 5 kelompok dan tiap kelompok mendiskusikan bagian-bagian materi yang telah disepakati
-Setiap kelompok melakukan belajar bersama dengan materi yang telah ditunjuk pada tiap-tiap siswa
-Dalam proses belajar tersebut diharapkan tiap siswa memahami bagian materi yang di hafalannya
-Tiap kelompok menulis urutan siswa sesuai dengan hafalannya
-Belajar dibatasi cuman 10 menit
-Setelah proses belajar bersama selanjutnya dilaksanakan metode meja setengah bundar
Metode meja setengah bundar :
-Sesuai dengan urutan siswa yang telah dibuat maka urutan pertama dipanggil ke depan untuk duduk di kursi meja setengah bundar
-Guru memberikan pertanyaan kepada siswa dengan kategori materi yang telah dia pelajari
-Jika siswa bisa menjawab langsung maka mendapatkan nilai 100, jika dia harus bertanya kepada kelompoknya maka jika benar nilainya 80, jika ia terpaksa harus membuka buku maka nilainya kalau benar menjadi 70, dan jika salah otomatis nilainya nol
-Guru memberikan pertanyaan dan siswa yang bisa menjawab Langsung mendapatkan nilai sesuai dengan kriteria
-Hal ini terus dilakukan hingga semua urutan terselesaikan (semua siswa mendapatkan nilai)
Dari metode ini hal yang dapat diambil yaitu :
-Belajar bertanggung jawab terhadap materi yang dipelajari
-Siswa bisa memahami materi secara cepat dengan metode belajar yang dia inginkan
-Dan tentunya dengan kesenangan siswa tetap masih bisa belajar dengan nyaman
Pembelajaran kali ini ditutup dengan membuat video Vlog untuk kelompok atau siswa yang nilainya kurang.
Diharapkan dengan membuat video Vlog ini siswa bisa mengekspresikan semua yang telah dia pelajari (materi) dalam sebuah video. Dan tentunya video Vlog nanti akan menjadi nilai tambahan bagi siswa yang nilainya kurang.
Terus berkreasi dengan Ikhlas Berbagi.
Inovasi tanpa henti mengisi relung waktu mencari ketenangan hati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....