Rabu, 24 Januari 2018

Kotak Nilai Samisanov

Hello Historian......
Salam Samisanov 
Satu Minggu Satu Inovasi 

Rabu tanggal 24 Januari 2018 pembelajaran sejarah di kelas 11 IPS 3 dengan mengambil nilai untuk materi perlawanan daerah terhadap imperialisme dan kolonialisme Belanda di Indonesia. Metode yang digunakan dalam pembelajaran hari ini yaitu bernama kotak nilai. 
Langkah-langkah yang dilakukan dalam metode ini yaitu :



-Setelah guru menjelaskan materi tentang perlawanan daerah terhadap imperialisme dan kolonialisme Belanda indonesia, maka selanjutnya kelas dibagi menjadi enam kelompok
-Kelompok yang terbentuk selanjutnya siswa diminta untuk mendiskusikan dengan teman yg lain tentang materi yang telah diajarkan
-Hasil diskusi kelompok di akhiri dengan membuat 4 item soal dimana tiap soal berisi tentang materi yang dijelaskan hari ini
-Soal pertama berisi tentang perlawanan rakyat Aceh, soal kedua berkaitan dengan perlawanan Diponegoro, soal nomor 3 tentang perlawanan rakyat Maluku, soal no 4 tentang perang Banjar.
-Dan soal nomor 5 berisi tentang tantangan, soal ini berisi mengenai sesuatubyg haris dilakukan oleh siswa yg mebgerjakan soal nanti untuk melaksanakan tantangan baik berupa tantangan psikis ataupun fisik (sebagainsarana permaianan agar seru)
-Setiap siswa dalam kelompok membuat soal yang harus berbeda dengan siswa lainnya
-Setiap Siswa membuat soal dan jawabanya harus sudah dihafal dan dipahami di luar kepala
-Setelah soal sudah dibuat maka selanjutnya kertas soal dilipat menjadi kecil
-siswa diajak keluar kelas untuk melaksanakan metode kotak nilai
-Tiap lipatan kertas kecil diletakkan di ubin yang menjadi sebuah kotak nilai
-tiap kelompok mengatur urutan antrean untuk mengambil soal dalam kotak nilai.
-Tiap siswa mengambil lipatan kertas jika ditemukan soalnya sendiri maka bisa menukarkan dengan lipatan kertas lainnya
-Setelah mendapatkan lipatan kertas kemudian siswa mengerjakan soal di lokasi yang telah ditentukan
-Mengerjakan soal di balik lembar soal dan langsung menjawab serta melaksanakan tantangan dengan direkam oleh teman lainnya
-Jika telah selesai mengerjakan soal dan melaksanakan tantangan maka selanjutnya siswa menuju ke pembuat soal untuk dikoreksi dan mendapatkan nilai
-Untuk penilaiannya benar dikalikan 20 Karena Soalnya ada 5
-Setelah siswa mendapatkan nilai maka memasukkan nilai ke dalam kolom nilai

Melalui metode kotak nilai ini siswa mendapatkan beberapa pembelajaran yaitu :
-Memahami materi yang diajarkan dengan cara yang lebih menyenangkan
-Berkolaborasi dengan teman lainnya membuat evaluasi untuk mengukur kompetensi
-Diajarkan tentang kejujuran dan kedisiplinan waktu dalam mengerjakan soal
-Selain faktor pengetahuan, siswa juga diajarkan tentang sikap bekerjasama, sportif, sabar dan ikhlas dalam menerima tantangan kehidupan
-Dan akhirnya pembelajaran sejarah bisa diajarkan dengan cara yang lebih menyenangkan

Terus berinovasi mencipta kreasi dengan Ikhlas Berbagi mencerdaskan anak negeri

Bersama Pak Aries 
#SejarahMakinEksis 
Salam Literasi 
#SharingAndGrowingTogether

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....