Minggu, 23 Juli 2017

Belajar Makin menyenangkan dengan Bikin Komik Sejarah

Hello Historian......

Tugas awal untuk kelas XI IPS Sejarah Peminatan

Selama ini kita sering malas untuk membaca dan sulit untuk memahami materi dikarenakan tampilan dan bentuk materi yang kita baca membosankan dan tidak menyenangkan. Banyaknya tulisan dan bacaan yang terkadang membuat mata malas untuk melihat akhirnya bikin kita menjadi tidak antusias dan bosan dalam membaca materi. Melihat fenomena tersebut, Pak Aries ingin mencoba untuk berinovasi dengan membuat bahan ajar atau materi bacaan yang lebih menyenangkan yaitu dengan Komik Sejarah.

Komik sejarah merupakan sebuah terobosan dengan memanfaatkan media komik yang sudah familier di kalangan kita untuk dijadikan media pembelajaran berisikan tentang materi sejarah. Jadi nanti kita akan mencoba membuat komik yang berisi tentang materi dan pelajaran sejarah sesuai dengan pembagian tema sejarah. Nah dalam upaya mengimplementasikan ide dan gagasan inovasi tersebut, maka untuk tugas perdana dalam PBM Sejarah yang dibimbing pak aries, kita akan membuat komik sejarah menggunakan aplikasi Comik Life.

Bagaimana caranya pak ?
1.       Buka materi pelajaran sejarah peminatan untuk kelas XI IPS  khusus Bab 1 “Kerajaan-kerajaan maritim Indonesia pada masa Hidnu Budha dan islam” bisa diakses dari buku paket, LKS atau internet


2.       Bagi kelas kalian menjadi 5 kelompok untuk mempelajari dan membuat komik sejarah sesuai pembagian materi sebagai berikut
No
Kelompok
Materi yang dibahas
1
Kelompok 1
Kerajaan Sriwijaya
2
Kelompok 2
Kerajaan Majapahit
3
Kelompok 3
Kerajaan Samudera Pasai
4
Kelompok 4
Kerajaan Demak
5
Kelompok 5
Kerajaan Banten

3.       Setelah tiap kelompok sudah memiliki materi maka silahkan searching dan browsing dari berbagai sumber seperti Buku Paket, LKS, tanya mbah Google, atau dari sumber2 lainnya. Paling gampang untuk mencari materi adalah dengan membaca resume atau rangkuman yang ada di internet. Silahkan masukan kata kunci materi yang akan kalian cari di browser.
Berikut contoh hasil browsing / searching dari kelas 12 IPA-1, kelompok 1 dengan materi “Pemberontakan DI/TII” (hasil yang didapatkan berupa tulisan materi sejarah, gambar2 dan mungkin juga contoh komik yang ada sesuai dengan materi)





4.       Dari data yang sudah diperoleh silahkan diskusikan dengan anggota kelompok untuk membuat sebuah komik sesuai dengan alur cerita sejarah yang ada dan gambar-gambar yang sudah diperoleh.

5.       Untuk pembuatan komik ini kita akan menggunakan aplikasi bernama Comic Life. Tapi seandainya anda punya kemampuan membuat komik manual (tulis tangan) atau punya aplikasi lain untuk membuat komik silahkan dikembangkan dan berinovasi. Yang terpenting hasil akhir dari proyek kita adalah membuat komik sejarah.
Bagi anda yang ingin membuat komik sejarah memakai aplikasi Comic Life silahkan baca tutorial dan download softwarenya di sini :


Untuk videonya bisa dilihat di
https://www.youtube.com/watch?v=Kh-uivVwIoU

Untuk download softwarenya bisa klik di
http://plasq.com/downloads/comic-life-desktop/

Yang g mau versi trial alias mau full bisa mendapatkannya softwarenya disini

Download : Download Comic Life 3 Terbaru Full Patch
Password Rar : sotosop-tutorial.blogspot.com
Cara Install :
a)      Extract file yang telah didownload dengan menggunakan Winrar.
b)      Jalankan “Setup.exe” kemudian lakukan instalasi hingga selesai.
c)       Jika sudah selesai, jangan dijalankan dahulu programnya.
d)      Copykan file patch.exe yang telah didownload ke direktori tempat Comic Life terinstall
e)      32 bit: C:\Program Files\plasq\Comic Life 3\ComicLife3.app\Contents\Windows
f)       64 bit: C:\Program Files (x86)\plasq\Comic Life 3\ComicLife3.app\Contents\Windows
g)      Klik kanan file tersebut kemudian pilih run as administrator
h)      Pilih salah satu gambar kepala singa, kemudian tunggu sebentar.
i)        Close patch tersebut dan jalankan program Comic Life
j)        Selesai

6.       Komik yang akan kita buat harus sesuai dengan materi sejarah yang sudah dipilih tadi. Kemudian minimal jumlah halamannya adalah 15 halaman (semakin banyak maka semakin baik).
Kriteria yang akan dinilai dari hasil komik yang telah dibuat adalah :
1.       Kesesuaian alur cerita komik sejarah dengan materi sejarah
2.       Inovasi gaya bahasa dan intuisi (menghadirkan sentuhan dramatikal dalam komik yg dibuat)
3.       Kreatif (indah dalam tampilan dan enak buat dibaca)
4.       Tepat waktu pengumpulan (tidak telat deadline)

Contoh komik yang sudah jadi bisa dilihat seperti gambar berikut :



7.       Alokasi pembuatan proyek ini adalah selama 2 minggu (mumpung masih sepi belum ada tugas dari guru lain sebaiknya kita tidak membuang waktu dengan percuma). Hasil akhir berupa komik sejarah berbentuk file JPEGatau bisa juga di jadikan PDF biar rapi

Tantangan berhadiah POINT
Ibarat menyelam sambil minum air, maka pak aries dalam tugas kali ini memberikan tantangan pada kalian (untuk pesertanya bebas lintas kelas dan lintas kelompok bisa individu atau kelompok maksimal tiap kelompok 5 siswa)

Tantangannya adalah membuat komik sejarah yang akan dilombakan dalam Lomba Komik Sejarah Antar Siswa tingkat SMP dan SMA.
Harap dibuka linknya dan dibaca dengan baik mengenai tema dan persyaratan lombanya

Bagi siswa yang ikut berpartisipasi dalam lomba ini maka akan ada reward tersendiri :
1.       Ikut berpartisipasi dengan membuat komik sesuai tema lomba minimal 30 halaman (lihat syarat lomba) + sinopsisnya dan diserahkan hasilnya berbentuk softcopy dan hardcopy (diprint) maka akan mendapatkan Gratis UH KD-1 + 50 Point untuk tiap siswa yg ikut
2.       Ikut dan menang (juara berapapun) maka selain hadiah dari penyelenggara + Sertifikat dari Kepala Sekolah, maka pak aries memberi tambahan reward Gratis UTS + 100 Point untuk tiap siswa yang berprestasi
Ayo ikutan lomba ini dan mari kita kirim karya komik sejarah karya anak smadda sebanyak-banyaknya.

Info selengkapnya bisa diakses juga di Blognya Pak Aries di www.sejarah22kreatif.blogspot.com
Juga ada di FB Grup Point Sejarah


Bersama Pak Aries

#SejarahMakinEksis 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....