Jumat, 03 Juni 2016

Copas Artikel Alur Membuat Paspor

Hello Historian......
Ternyata enggak ribet kok. Ini ya, dokumen yang kudu ready, manakala berniat ngurus paspor di mari.
IMG_0862
Semua dokumen di-fotokopi di kertas ukuran A-4. Untuk KTP, digedein dikit deh, tapiii jangan digunting kertas putihnya yak 


O iya. Sekedar info, di deket GIANT ada fotokopi XEROX yang buka mulai jam 8 pagi. Jadi, kalo ada dokumen yang belum ke-copy no need to worry ya.
IMG_0864
IMG_0866
DATENG JAM BERAPA?
Karena ini cuma Imigrasi Corner, petugas yang ada dikit banget, dan konsumen yang dilayani cuma 60 pemohon per hari. Walhasil, kalo ingin masuk daftar antrean, silakan datang ke Giant Ahmad Yani jam LIMA SUBUH.
WHAT?!?
Yes, saya pun juga dateng jam 5 pagi. Abis sholat subuh, langsung cuss ke Giant. Ngibrit ke depan pintu masuk mall, dan ternyata ada kertas yang ditempelin di papan iklan A&W, bertuliskan nama-nama orang yang siap antre. Did you know, bahwa hari itu saya dapat nomor antrean 15  *senyumpuas* Padahal, saya dateng subuh looh. Apa kabar yang dateng jam 7 ke atas ya kan?
LALU, NGAPAIN SETELAH DATANG JAM 5 SUBUH?
Ini dia ujian kesabaran pas ngurus paspor, hihihi. Setelah jam 5, ya silakan lakukan kegiatan masing-masing. Kalo mau pipis *yakali kayak saya gampang beser hehehe* monggo cari toilet, yang berlokasi di dekat musholla Giant yang letaknya lumayan di belakang banget. JAUUUUH mak! Ya gimana lagi, lha wong, mall-nya kan belum buka hiks.
Nah, kalo udah kelar urusan pertoiletannya, boleh deh cari sarapan. Ada yang jual nasi bungkus, jajan pasar yang murah-murah tapi endeuss. Di Raya Margorejo, cukup jalan kaki aja dari Giant.
JAM DELAPAN KUDU STAND BY DI DEPAN PINTU MALL GIANT
Nyari sarapan jangan lama-lama ya. Soale, sekitar jam 8 (amannya kita stand by jam 7:30 deh) ada pak satpam yang bakal manggil-manggil nama kita. Sesuai nomor urut sebagaimana yang tertera di kertas tadi. Kalo enggak ada? Ya bisa di-lompatin loh. Kan sayang, udah capek-capek antre dari jam LIMA SUBUH 
Alhamdulillah, usai dipanggil, kita nulis nama lagi, plus nomor KTP, di daftar presensi (BARU) yang disiapin pak satpam. Abis gitu? Nunggu lagiiii 
JAM SEMBILAN PINTU MALL DIBUKA
Yippiii…!! Setelah pintu mall terbuka lebaaar, geruduuukk… rame-rame kita menuju ke Imigration Corner!
IMG_1161
Lokasinya ada di lantai atas ya, teman-teman. Naik eskalator satu kali. Setelah itu, kita antre dipanggil ama bapak/ibu petugas imigrasi. Naaah, jangan jalan-jalan dulu yak. Kudu standby biar dapat antrean cepet.
Setelah nama kita dipanggil, ditanyai dong, mau perpanjang paspor atau bikin paspor baru. Karena formulir yang dibagiin beda. Kalo untuk saya, karena paspor lama saya expired July 2015, jadi oleh ibu petugas, saya dikasih form untuk perpanjang paspor saja. JANGAN LUPA, BAWA BOLPEN HITAM. HARUS HITAM.
IMG_1146
Di sinilah, kepiawaian menulis cepat kepake banget  O iya, saran nih, saran… Untuk nama, bikin TIGA KATA aja. Kayak nama saya kan Nurul Rahmawati. Saya bikin : Nurul Rahmawati Djumono. FYI, Djumono itu nama ayah saya. Kenapa kudu tiga kata? Yakali kita mau umroh/haji, karena pihak imigrasi Arab Saudi mensyaratkan tiga kata untuk nama paspor pemohon visa. Buat jaga-jaga aja lo. Kan paspor berlaku 5 tahun yak. Siapa tahu, kita diberi rezeki bisa umroh/haji. aaamiiiin
Formulirnya cuman 2 (atau 3 yak, lupa) lembar aja sih. Kita diminta isi data-data pribadi, plusss… Tempat tanggal lahir orangtua, nah lo nah loo… Jadi mulai sekarang, tanya-tanya TTL nyokap-bokap ye. Yakaliii, ada yang kagak tau hohoho #bukanAnakDurhaka
SETELAH FORM LENGKAP, KEMUDIAN…..
Dikumpulin ke petugas, atau lebih tepatnya taruh di boks cokelat yang terhampar pasrah di situ. Wis, intinya, kalo sudah ngumpulin dokumen ke petugas ALANGKAH BAIKNYA jika kita nunggu aja di sekitar situ. JANGAN jalan-jalan keliling mall. Karena nanti kalo dipanggil, enggak kedengeran. Kan sayang, kudu antre lagi.
Alhamdulillah, saya nunggu panggilan sekitar 40 menitan lah.
WAWANCARA
Oleh ibu/bapak petugas, kita ditanyai “Mau Kemana?” dan sebagainya. Saran aja nih, kalo emang belum ada rencana kemana-mana, sampaikan aja, “Mau ke Negara ASEAN (Singapore, malaysia, dll), untuk wisata.” dengan nada yang meyakinkan. Kenapa? Ya karena biar cepet. Kan ini destinasi mainstream banget tuh. Kecuali kalo situ ngejawab, “Mau ke Timbuktu,” wewww… wawancaranya bakal lamaaaa dan bikin adek lelah, bang😛
FORMULIR UNTUK BAYAR KE BNI ’46 DAN AMBIL PASPOR BARU
“Oke, ini paspor lamanya kami simpan dulu. Nanti kami kembalikan dengan paspor baru, setelah Mbak membayar biaya ke BNI ’46. Bisa di BNI mana saja…”
Si ibu petugas menyerahkan semacam invoice ke arah saya. Bayar ke BNI ENGGAK HARUS HARI ITU. Tapi, alangkah baiknya, kalo udah diselesaikan sekaligus dalam satu hari full. Karena paspor kita bakal rampung dalam tiga hari ke depan (dipotong hari libur Sabtu-Minggu).
Karena saya pesan paspor 48 halaman, kena charge 300 ribu (untuk biaya paspor) dan 55 ribu (jasa TI Biometrik) plus 5 ribu (semacam administrasi di BNI ’46).
Total 360 ribu. Sebuah “surat izin memasuki dunia global” yang siap kepake selama 5 tahun ke depan.
saya bayar di BNI UPN Veteran Sby
saya bayar di BNI UPN Veteran Sby
I’VE GOT MY NEW PASSPORT!
siap ambil paspor baru :)
siap ambil paspor baru:)
Yayyyy..!! Alhamdulillah, setelah menyelesaikan pembayaran di BNI, saya dapat kuitansi yang bisa ditunjukkan untuk ambil paspor. O iya, kalo berhalangan ambil sendiri, paspor bisa diambil oleh mereka yang namanya tercantum dalam Kartu Keluarga kita ya.
GIANT Maspion Square
Jl. Ahmad Yani No. 73 Margorejo Surabaya
Phone: (031) 853 1785 Fax (031) 853 1926
https://bukanbocahbiasa.com/2015/09/01/cara-mengurus-paspor-di-mal-giant-surabaya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....