Sabtu, 30 April 2016

Contoh Naskah untuk ikut MTMH IDL 2016

Hello Historian......

Bersama Pak Aries Sejarah Makin Eksis
Oleh : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
*Guru Sejarah SMA Negeri 22 Surabaya

Latar Belakang
Belajar sejarah itu membosankaan, itulah ungkapaan pertama kali yang penulis dengarkan dari siswa ketika awal menjadi guru sejarah. Mata pelajaran Sejarah memiliki arti strategis dalam pembentukan watak dan peradaban bangsa yang bermartabat serta dalam pembentukan manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Sejarah merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan, karena mata pelajaran sejarah bisa membuat siswa atau peserta didik mengerti akan kehidupan masa lalu sebagai kehidupan yang telah ada sebelum kehidupan saat ini. Tapi sering kali dalam penerapanya mata pelajaran sejarah kuran menarik minat siswa untuk belajar tentang sejarah.
Hal ini pada umumnya dikarenakan karena metode atau strategi yang digunakan dalam pembelajran sejarah hanya dengan metode ceramah sehingga peserta didik kurang merasa tertarik terhadap mata pelajaran sejarah. Permasalah lain adalah pembelajaran yang digunakan hanya dengan pembelajaran satu arah, yaitu hanya guru yang menjadi pusat pengetahuan atau sumber belajar bagi peserta didik. Pembelajaran satu arah mengakibatkan peserta didik sangat kurang referensi untuk sumber belajar meraka, sehingga pengetahuan tentang sejarah hanya mereka dapatkan dari guru mereka.


Permasalahan pembelajaran sejarah yang telah dijelaskan diatas meenunjukkan betapa belum efektifnya dan belum kondusifnya pembelajaran sejarah yang diterapkan, sehingga menyebabkan peserta didik menjadi malas dan tidak tertarik untuk mempelajari mata pelajaran sejarah.
Di era digital saat ini, banyak siswa yang menggunakan gadget namun tidak memanfaatkan dengan positif. Gadget dianggapa sebagai teman dan hal yang memudahan mereka untuk melakukan appapun sehingga tidak menutup kemungkinan hal-hal yang negatif pun akan brsentuhan langsung dengan mereka. Maka perlu dilakukan inovasi terobosan dalam proses belajar mengajar sejarah dengan menggunakan teknologi komunikasi di era digitaal ini.


Memberikan Sentuhan IT Pada PBM Sejarah
Pengajaran merupakan suatu upaya untuk menciptakan lingkungan agar mempengaruhi siswa untuk aktif dalam belajar. Karena itu penekanan usaha tersebut adalah bagaimana membangkitkan aktifitas siswa untuk belajar, yang pada prinsipnya nanti bertujuan untuk mecapai hasil belajar yang maksimal. Mengadakan sebuah lingkungan belajar yang kreatif terutama dalam pembelajaran sejarah tentulah tidak mudah, karena contoh dan materi yang diajarkan adalah manusia dengan konsep yang berbeda-beda, tentunya permasalahan materi dan konsep tersebut harus diperhitungkan dalam membentuk pembelajaran yang inovatif.
Setidaknya sorang guru dalam melakukan pembelajaran sejarah harus bisa melakukan inovasi-inovasi dalam pembelajaran, selain melakukan  dengan pembimbingan yang bijaksana terhadap kesalahan siswa, tidak menghukum seluruh kelas karena kesalahan individu, tidak mengorganisai kelas dengan suasana ketakutan ataupun memberikan tekanan tertentu pada kelas. Untuk mendukung usaha diatas diperlukan pilihan konsep dan bahasa mengajar, pilihan metode atau teknik mengajar dan yang terpenting adalah pilihan media pengajaran yang sangat mendukung. Dari uraian tersebut  bahwa harus ada sebuah pembelajaran kreatif, sehingga pembelajaran sejarah bisa terlaksana secara maksimal dan mencapai tujuan dari pembelajaran sejarah itu sendiri.
Pembelajaran kreatif tentunya memerlukan strategi pembelajaran yang harus mempertimbangkan komponen yang dihadapi dalam pembelajran sejarah itu sendiri. Penggunaan It sebagai media kreatif dalam pembelajran sejarah bisa menjadi solusi dalam menghadapi permasalahan pembelajaran sejarah. Media pembelajaran sebagai salah satu unsur dari proses belajar mengajar adalah asngat penting posisinya, karena pada waktu sekarang media tidak lagi hanya berfungsi sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar, akan tetapi sudah menjadi bagian yang integral dalam proses tersebut, disamping itu  media juga bisa berfungsi sebagai pengantar informasi yang efektif,  dalam proses penyaluran ilmu kepada siswa.
Model pembelajaran akan lebih menarik apabila disertai dengan media pembelajaran. Hal ini mengingat media pembelajaran dapat mendukung peserta belajar memahami penyampaian materi yang disampaikan oleh pengajar. Media pendidikan merupakan sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dan siswa agar terciptanya efektifitas proses pembelajaran. Kreatifitas dalam penggunaan berbagai macam media tentunya akan meningkatkan kemungkinan siswa belajar lebih banyak, apa yang mereka pelajari dapat diingat dengan lebih baik, dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berkembang. Perkembangan teknologi yang sangat pesat tentunya membuat  betambahnya pilihan guru dalam membuat media pengajaran, namun untuk mensiasati pemilihan tersebut para guru baiknya memilih teknologi terapan yang hasil media tersebut merupakn hasil karya guru.
Pemanfaatan multimedia dalam pengajaran sejarah memang telah membuktikan mempunyai pengaruh terhadap kemajuan siswa, baik dari segi penghayatan maupun dari segi pencapaian tujuan belajar, selama ini pemanfaatan media film dan internet contohnya, kedua media ini telah memberikan kontribusi. Pengunaan media komputer yang selama ini cendrung tidak maksimal, pemanfaatan media komputer yang monoton dan terpaku pada satu jenis komponen saja. Pada zaman yang kemajuan teknologi sangat pasat seperti saat sekarang perlu pensiasatan oleh guru untuk lebih mengoptimalkan penggunaan teknologi, untuk itu guru perlu memahami konteks kejiwaan siswa yang masih diliputi oleh nuansa kesenangan pada tekonolgi yang tidak monoton, sehingga proses belajar lebih bisa mengoptimalkan hasil dan tujuan pembelajaran itu sendiri.
Sehingga dalam pelaksanaan PBM Sejarah di SMA Negri 22 Surabaya, Aries Eka Prasetya menggunakan beberapa aplikasi dan metode pembelajaran berbasis IT untuk meningkatkan minat belajar siswa sekaligus belajar kreatif, efektif dan inovatif. Beberapa aplikasi yang digunakan seperti Microsoft Online, mulai word online, excel online, hingga Power Point Online. Untuk membuat krreatifitas dalam presentasi siswa juga dikenalkan dan dilatih menggunakan SWAY. Dalam proses evaluasi penulis menggunakan Quipperschool dengan memanfaatkan fasilitas Create di Quipper School dimana guru bisa membuat dan mengatur soal nya sendiri agar bisa digunakan untuk UH siswa.

PBL (Project Based Learning) dalam PBM Sejarah Berbasis SWAY
Saah satu kreasi dalam PBM sejaaraah yang pernah dilakukan oleh penulis adalah melaksanakan Pembelajaran Berbasis Proyek dengan menggunakan beberapa bantuan aplikasi IT untuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan pada generasi muda saat ini. Adapun rekaman mengenai PBL yang dilaksanakan penulis dalam PBM Sejaarah di kelas XI IPS SMA Negeri 22 Surabaya terangkum sebagai berikut :

Informasi yang di share ke siswa melalui Sosial Media

Proyek Sejarah untuk kelas XI Sos
Proklamasi Kemerdekaan Sebagai Penegak Hak Bangsa Indonesia
(Menumbuhkan jiwa kepahlawanan generasi muda melalui proyek Peristiwa Seputar Proklamasi)

Memasuki materi terakhir bab 3 tentang proklamasi maka pak aries ingin membuat kreasi berupa proyek siswa yang menjadi rangkuman semua inovasi-inovasi yang telah dilakukan dalam PBM Sejarah selama 1 tahun bersama pak aries.

Bagaimana caranya pak ?
Nanti dalam PBM sejarah siswa akan di program untuk melaksanakan “sesuatu” membuat “sesuatu” dan mengajak (persuasif) semacam kampanye dan mendokumentasikan serta mempublikasikan semuanya menjadi sebuah Kompetensi yang dimiliki siswa dalam bab 3.

(Proyek 1) – Diskusi menghasilkan karya berupa Ketikan Ms. Word
1.       Silahkan amati materi yang akan di jelaskan oleh pak aries (apersepsi) melalui video berikut ini https://www.youtube.com/watch?v=-gKr-QpRQLo
2.       Melalui searching dan browsing dari berbagai media (internet, buku, modul, dll) laksanakan diskusi kelompok (bagi kelas menjadi 5 kelompok) untuk  membahas permasalahan-permasalahan berikut ini :
a.       Kelompok 1 (Menjelaskan peristiwa-peristiwa yang mendorong atau melatar belakangi terjadinya Proklamasi). Keterangan : Janji Kemerdekaan oleh Jepang hingga Berita Kekalahan Jepang
b.      Kelompok 2 (Menjelaskan Perbedaan Sikap generasi muda dan generasi tua dalam upaya Proklamasi serta jalan keluarnya). Keterangan : Rapat2 generasi muda, Peristiwa Rengasdengklok hingga Proklamasi)
c.       Kelompok 3 (Menjelaskan Sambutan Indonesia terhadap Proklamasi). Keterangan : Upaaya penyebarluasan berita proklamasi hingga pernyataan Sri Sultan Hamengkubuwono 9 terhadap dukungan Proklamasi.
d.      Kelompok 4 (Menjelaskan Peristiwa Heroik di berbagai daerah). Keterangan : Ambil salah satu peristiwa heroik yang ada (contoh : Pertempuran Surabaya) kemudian kalian kaji berdasarkan 5W+1H dan kaitannya dengan upaya Proklamasi
e.      Kelompok 5 (Menjelaskan upaya penataan negara pasca kemerdekaan). Keterangan : Jelaskan semua peristiwa dan kronologi pembentukan aparatur negara hingga pembentukan tentara di Indonesia (hasil sidang PPKI)
3.       Tulis hasil diskusi kelompok kalian menggunakan fasilitas Microsoft Word kemudian upload di One Drive kalian nanti link nya kalian share di FB Pak Aries Ok (nanti akan di sediakan saat PBM). Buat kaalian yang pengen tau apa itu One Drive bisa baca disini http://sejarah22kreatif.blogspot.co.id/2016/03/mengenal-onedrive.html
4.       Karya kalian ini nanti akan dijadikan LKS Digital (menggunakan Ms. Word Online) tentang Peristiwa Proklamasi di sini 
5.       Jangan lupa selama diskusi harap foto semua kegiatan kalian sebagai bahan dokumentasi dan publikasi serta akan dinilai sebagai afektif (sikap) selama mengikuti diskusi kelompok.


(Proyek 2) Diskusi dan Merencanakan Poster – Menghasilkan Poster dan Video Kampanye
Setelah memahami tentang peristiwa Proklamasi, maka selanjutnya kalian harus mendeskripsikan dampak apa saja yang dapat di ketahui serta hal-hal apa saja yang seharusnya dilakukan generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dan menumbuhkan jiwa kepahlawanan di tengah masyarakat (khususnya sekolah).
1.       Bagi kelas menjadi beberapa kelompok (tiap kelompok beranggotan maksimal 8 orang)
2.       Diskusikan dengan kelompok kalian berdasarkan hasil Rangkuman LKS Digital Online (lihat hasil dari Proyek 1) mengenai hal-hal berikut ini :
a.       Pendapat generasi muda mengenai proklamasi
b.      Pengetahuan generasi muda tentang proklamasi (5W+1H)
c.       Langkah atau upaya yang bisa dilakukan oleh generasi muda untuk mengisi kemerdekaan (tunjukan dengan jiwa kepahlawanan, misalnya : Pahlawan pendidikan, pahlawan lingkungan, dll)
d.      Ajakan (persuasif) bagi generasi muda agar menjadi baik kedepannya
3.       Tulis semua pertanyaan yang ingin kalian tanyakan ke audiens nanti dan pernyataan-pernyataan yang ingin kalian bagi pada khalayak (saat kampanye) nanti.
4.       Buat poster ajakan bertemakan “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” di print yang bagus dgn ukuran A4 atau F4 atau A3 (terserah). Dan jangan lupa sebagai bentuk ungkapan terima kasih nantinya pada audiens  atau orang yang kalian jumpai, buat semacam kartu atau stiker yang bertemakan “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” untuk dibagi-bagi nantinya.
5.       Kalian bisa membuat poster atau kartu menggunakan fasilitas Photoshop, Corel Draw, Comic Life atau software lainnya untuk membuat poster.
6.       Laksanakan kampanye “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” di sekitar sekolah dengan menjumpai beberapa siswa dan kenalkan pada mereka tentang proyek kalian
7.       Jangan lupa untuk memfoto dan memvideo kegiatan kampanye kalian (bisa menggunakan SLR, HP atau Handycam)
8.       Edit poto dan video kampanye kalian tadi sehingga menghasilkan sebuah Video Kampanye “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” (kalian bisa mengedit menggunakan Movie Maker, AVS, Ulead, Pinnacle dan editing video yang kalian sukai)
9.       Karya yang dikumpulkan adalah Poster dan Video Kampanye kelompok kalian (lembaran dan file nya)
10.   Jangan lupa untuk menambah nilai dan bukti, silahkan poto dengan Pak Aries dan guru2 lainnya saat kampanye “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda”

Catatan Kalian bisa melihat link berikut :
Tutorial membuat poster dan software nya
Editing Video with AVS


(Proyek 3) Membuat Presentasi SWAY dari semua kegiatan Proyek 1 dan 2 – Presentasi di depan kelas menggunaakan Fasilitas SWAY
Setelah kalian melaksanakan proyek 1 dan proyek 2 mulai mendiskusikan hingga mengkampanyekan “Menumbuhkan Jiwa Kepahlawanan Generasi Muda” maka langkah selanjutnya adalah melaksanakan presentasi hasil semua yang telah kalian laksanakan dan hasilkan. Laksanakan kegiatan berikut :
1.       Bentuk kelompok dari kelompok kampanye (proyek 2) kemudian baca tutorial membuat presentasi menggunakan sway yang ada di link berikut http://sejarah22kreatif.blogspot.co.id/2016/02/tutorial-sway-bahasa-indonesia-dari-pak.html
2.       Kumpulkan semua berkas kalian baik itu berupa hasil diskusi dari proyek 1 dan 2  berupa foto dan gambar serta video yang telah kalian upload di youtube.
3.       Untuk melihat contoh sway yang sudah jadi silahkan lihat disini https://sway.com/Ht71eoXdkoLQAc1o
4.       Silahkan membuat presentasi menggunakan sway
5.       Setelah selesai silahkan upload link sway yang telah kalian buat di status FB Pak Aries Ok yang nanti akan disediakan
6.       Nanti akan ada presentasi dari sway yang telah kalian buat
7.       Jangan lupa selama diskusi harap foto hingga presentasi esemua kegiatan kalian sebagai bahan dokumentasi dan publikasi serta akan dinilai sebagai afektif (sikap) selama mengikuti pembuatan sway kelompok hingga presentasi

Simpulan
Pemanfaatan tekonologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan mutlak dilakukan untuk menjawab permasalahan di bidang pendidikan terutama akses dan pemerataan serta mutu pendidikan. Melalui kreasi dan inovasi yang dilakukan dalam PBM Sejarah di SMA Negeri 22 Surabaya dapat terlihat bahwa IT bisa meningkatkan minat siswa dan memudahkan mereka dalam memahami sejarah. Berbagai aplikasi yang  digunakan akan semakin bagus jika di bawakan dan dikemas menarik sehingga PBM berjalan menarik unik dan siswa termotivasi serta terinspirasi dari proses pembelajaran yang dilakukan.

Video MTMH IDL  2016 bisa di akses di link berikut :

Saya Aries Eka Prasetya, pengajar di SMA Negeri 22 Surabaya
Sebagai guru sejarah ...... saya memiliki tantangan tersendiri...... karena pelajaran sejarah dianggap sebagian besar siswa sebagai pelajaran yang penuh hafalan kronologi dan peristiwa sejarah. .....
Di era digital saat ini.....saya mencoba untuk memanfaatkan aplikasi dan teknologi komunikasi dalam pelajaran sejarah.......
Siswa yang sudah terbiasa dengan gadget dan sosial media ......saya giring untuk memanfaatkannya dengan postif menunjang pembelajaran sejarah......
Alhamdulillah dengan inovasi dan kreasi sentuhan ini membuat anak didik saya antusias dan terinspirasi untuk selalu termotivasi mengikuti pembelajaran sejarah.......

Tidak perlu tampil seksi kalo untuk mencari sensasi
Mari berinovasi dan berkreasi insyaallah prestasi akan menghampiri
Awali semua dengan hati Semoga allah meridhoi

Karya ini merupakan kilasan dari proyek SWAY yang telah saya laksanakan.
Berikut link SWAY saya....
https://sway.com/ei9e8X9MpFhaWaIP

Dan ini link RPP pelaksanaan PBL sejarahnya 
https://goo.gl/1q2aSU

Video Lain yang merupakan bukti dalam melaksanakan Digital Learning dalam PBM Sejarah
presePresentasi Sparkol
sosiodrama proklamasi
jilid 4
jilid 2
jilid 3
jilid 1
pbm K-13
sparkol demokrasi terpimpin
video demokrasi liberal
sosiodrama pak aries

Gambaran Kreasi dan Inovasi yang di share di FB dan Blog
Facebook sebagai tempat share dan media komunikasi dalam sistem Point
Grup untuk tambahan point (grup “rahasia” khusus siswa yang antusias lebih)

Share melalui media Blog

Profil
Nama                : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
Pekerjaan        : Guru Sejarah di SMA Negeri 22 Surabaya
E-mail                : aku22bingung@gmail.com
HP                       : 081938304745


1 komentar:

  1. Pemvelajaran pasti menarik, krn guru pandai memilih media yg sesuai. 👍👍👍👍

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....