Hello Historian....
Mengenalkan metode baru "Harta Karun Sejarah" di smadda bersama kelas X IPS-1
Gini pelaksananya :
-guru menyiapkan 5 soal (tergantung waktu) dimana masing2 soal dikemas spt harta karun (dimasukan kotak atau di kemas menarik)
-soal di sembunyikan di tempat2 yg tdk terlihat (sekitar sekolah) yg pastinya membuat siswa nanti akan tertarik untuk mencarinya
-jangan lupa membuat clue lokasi meletakan soal tadi
-ketika di kelas guru membagi kelas menjadi 4-5 kelompok dimana tiap klompok harus menyediakan 2 helm, 2 hp, 2 buku dan 2 bulpen
-siswa diarahkan ke taman atau halaman sekolah kemudian meminta perwakilan masing2 kelompok yaitu 2 org wajib ber helm dimana 1 org bertugas mencari dan 1 org mendokumentasikan kinerja klompok.
-guru menjelaskan bahwa 1 klompok yg bisa menemukan harta karun "soal" akan mendapat tambahan + 10 nilai
-guru memberikan clue peletakan harta karun dan siswa berlari searcing di lingkungan sekolah
-selama mencari td tukang dokumenter harus mengikuti dan memfoto kegiatan klompok
-setelah salah satu klompok mendapatkan "harta karun" maka diserahkan ke guru (tdk lupa memberikan slamat pd klompok yg berhasil dgn tambahan +10 nilai) dan guru membacakan soal kepada semua kelompok
-sambil berdiskusi mencari jawaban maka klompok harua sudah menyiapkan 2 org perwakilan lainnya untuk mencari harta karun nomor 2 dst sampai semua harta karun di temukan
-di informasikan pada tiap klompok jika menjawab menggunakan bantuan buku atau HP (internet) maka akan ada tantangannya yaitu game tantangan tiap klompok spt game antar klompok sehingga yg kalah tdk boleh memakai bantuan sdg yg menang game bisa memakai bantuan hp atau buku
-diakhir pencarian siswa bersama guru mengoreksi jawaban soal2 dgn diskusi klompok besar sekaligus menilai pekerjaan kelompok
-untuk penilaian individu tiap siswa di berikan quiz mengenai materi dan hikmah kegiatan PBM yg sudah dilakukan
Mengenalkan metode baru "Harta Karun Sejarah" di smadda bersama kelas X IPS-1
Gini pelaksananya :
-guru menyiapkan 5 soal (tergantung waktu) dimana masing2 soal dikemas spt harta karun (dimasukan kotak atau di kemas menarik)
-soal di sembunyikan di tempat2 yg tdk terlihat (sekitar sekolah) yg pastinya membuat siswa nanti akan tertarik untuk mencarinya
-jangan lupa membuat clue lokasi meletakan soal tadi
-ketika di kelas guru membagi kelas menjadi 4-5 kelompok dimana tiap klompok harus menyediakan 2 helm, 2 hp, 2 buku dan 2 bulpen
-siswa diarahkan ke taman atau halaman sekolah kemudian meminta perwakilan masing2 kelompok yaitu 2 org wajib ber helm dimana 1 org bertugas mencari dan 1 org mendokumentasikan kinerja klompok.
-guru menjelaskan bahwa 1 klompok yg bisa menemukan harta karun "soal" akan mendapat tambahan + 10 nilai
-guru memberikan clue peletakan harta karun dan siswa berlari searcing di lingkungan sekolah
-selama mencari td tukang dokumenter harus mengikuti dan memfoto kegiatan klompok
-setelah salah satu klompok mendapatkan "harta karun" maka diserahkan ke guru (tdk lupa memberikan slamat pd klompok yg berhasil dgn tambahan +10 nilai) dan guru membacakan soal kepada semua kelompok
-sambil berdiskusi mencari jawaban maka klompok harua sudah menyiapkan 2 org perwakilan lainnya untuk mencari harta karun nomor 2 dst sampai semua harta karun di temukan
-di informasikan pada tiap klompok jika menjawab menggunakan bantuan buku atau HP (internet) maka akan ada tantangannya yaitu game tantangan tiap klompok spt game antar klompok sehingga yg kalah tdk boleh memakai bantuan sdg yg menang game bisa memakai bantuan hp atau buku
-diakhir pencarian siswa bersama guru mengoreksi jawaban soal2 dgn diskusi klompok besar sekaligus menilai pekerjaan kelompok
-untuk penilaian individu tiap siswa di berikan quiz mengenai materi dan hikmah kegiatan PBM yg sudah dilakukan
Nah selesai dech.....
Belajar dengan bermain secara bersama2 pun bisa memupuk motivasi siswa untuk bekerja sama sekaligus berkompetisi dan menumbuhkan percaya diri sekaligus belajar strategi dlm memecahkan masalah / situasi
Hanya ada di PBM sejarah pak Aries Prasetya
Semoga bisa memperkaya model pembelajaran yg menyenangkan
#sejarah_uenak_tante
Pengen lihat gambarnya ?
Nich......
Belajar dengan bermain secara bersama2 pun bisa memupuk motivasi siswa untuk bekerja sama sekaligus berkompetisi dan menumbuhkan percaya diri sekaligus belajar strategi dlm memecahkan masalah / situasi
Hanya ada di PBM sejarah pak Aries Prasetya
Semoga bisa memperkaya model pembelajaran yg menyenangkan
#sejarah_uenak_tante
Pengen lihat gambarnya ?
Nich......
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....