Minggu, 08 November 2015

PBM Sejarah Semakin Cool Dengan Quipperschool

Hello Historian......

Oleh : Aries Eka Prasetya

Proses pembelajaran di jaman berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti saat ini memungkinkan ketidakhadiran guru dalam kelas. Proses pembelajaran tidak lagi bergantung pada guru sebagai satu-satunya sumber belajar, dan dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja. Proses pembelajaran tidak lagi hanya berbentuk komunikasi verbal antara guru dan siswa. Dengan pesatnya perkembangan TIK di dunia pendidikan, dengan internet sebagai bagian integral di dalamnya, banyak lembaga pendidikan termasuk SMA Negeri 22 Surabaya yang menggunakan pembelajaran berbasis web, atau yang sering disebut dengan pembelajaran online atau E-learning. Jenis pembelajaran seperti ini tentu saja membutuhkan pengelolaan yang baik dan maksimal, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Salah satu mapel yang menggunakan TIK dalam pengemasan pembelajarannya yaitu mapel sejarah yang dibimbing oleh Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si yaitu menggunakan Quipperschool.


Pelaksanaan PBM Sejarah di SMA Negeri 22 Surabaya Menggunakan Quipperschool
Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMA Negeri 22 Surabaya semakin mudah terselenggara dengan kehadiran beberapa startup pendidikan, salah satunya adalah  Quipper School. Keistimewaan dari startup pendidikan asal Inggris ini sehingga dipilih untuk PBM Sejarah yang dibimbing Pak Aries Eka Prasetya di SMA Negeri 22 Surabaya yaitu :
  1. Quipper School Learn yaitu  sebuah portal khusus siswa dimana mereka bisa mengakses atau membaca materi pelajaran sejarah dan beberapa bidang study lainnya, menjawab soal, mengirimkan pesan ke guru, dan melihat performa belajar teman sekelasnya.
  2. Quipper School Link yaitu sebuah portal khusus untuk guru dimana guru dapat menyiapkan tugas, melihat perkembangan siswa, mengirim pesan ke siswa, mengelola kelas, dan membuat kelas online.
Melalui Quipper School, guru dapat memberikan tugas kepada siswa secara online dan siswa dapat mengerjakannya (sekaligus mempelajari topik mata pelajaran yang berkaitan dengan tugas tersebut) baik di dalam maupun di luar kelas melalui perangkat mereka masing-masing yang terkoneksi dengan internet. Sehingga secara umum quipperschool adalah E-Learning yang banyak membantu tugas guru dan bisa diakses siswa dimana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan.
Setelah para siswa mengerjakan serta mengumpulkan tugasnya, sistem penilaian yang tersedia pada platform Quipper School Indonesia akan melakukan analisis data secara sederhana namun canggih yang akan membantu para Guru dalam mendapatkan gambaran yang jelas tentang pencapaian siswa. Tentu saja sistem penilaian hanya bersifat membantu, setelah guru secara manual memasukkan data soal dan jawabannya. Sehingga sistem penilaian bertugas mencocokkan antara jawaban dari siswa dengan kunci jawaban versi guru. Para guru akan mendapatkan laporan mengenai seberapa baik sang siswa dalam menguasai mata pelajaran tertentu, bagaimanakah kemajuan belajar setiap siswa, mengetahui keunggulan atau potensi setiap siswa, siapa yang mendapat nilai tertinggi, dan lainnya. Melalui gambaran tentang pencapaian ini, para siswa pada saat itu juga akan memperoleh umpan balik mengenai hal-hal yang perlu diperbaiki terkait penguasaan terhadap suatu topik materi pelajaran tertentu.
Quipper School Indonesia bukan merupakan startup pendidikan pertama yang menyediakan platform untuk menunjang proses KBM di Indonesia. Sebelumnya sudah ada nama seperti Kelase dan StudentBook. Perbedaan mencoloknya, Quipper School Indonesia tidak hanya berupa platform yang menunjang proses KBM, tetapi juga menyediakan materi pembelajaran berupa 10 mata pelajaran yang umumnya diajarkan di sekolah negeri dan swasta, dengan lebih dari 1.300 pilihan topik beserta soal-soalnya.
Menariknya, ribuan topik mata pelajaran dan soal yang tersedia di Quipper School Indonesia dibuat oleh puluhan guru yang bekerja secara part time dan diklaim sesuai dengan kurikulum nasional yang berlaku seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS. Sementara di Kelase dan StudentBook, guru juga bisa membuat materi pembelajaran, namun terbatas sesuai kebutuhan sekolah masing-masing dan dibuat oleh para guru setempat di sekolah tersebut.

Quipper School di Masa kini dan akan datang
Sudah hampir 2 tahun sejak Quipper School diluncurkan pertama kali pada tahun 2014 yang lalu namun di tahun pertama semua konten di web Quipper School digratiskan dan itu membuat web tidak ada pendapatan sedangkan penggunanya semakin berkembang. Diklaim pengguna Quipper School Indonesia kini sudah lebih dari 50ribu guru dan 250ribu siswa, sangat banyak memang namun dalam pelaksanaanya Quipper School Indonesia masih diperuntukkan bagi SMP dan SMA namun telah direncakan ke depan Quipper School Indonesia akan juga bisa digunakan oleh Guru dan Siswa SD mulai dari kelas 3, 4, 5 dan 6.
Kini Quipper School sudah dijalankan di sembilan negara termasuk Rusia dan Turki (gudangnya orang-orang pintar), seperti halnya platform yang lain maka Quipper School berfungsi sebagai penyedia tempat bertemunya antara guru dan siswa secara online sehingga tercipta proses kegiatan belajar mengajar di dalamnya. Di Asia Tenggara baik di Indonesia maupun Filipina telah banyak digunakan dan penggunanya kini masing-masing pada kedua negara tersebut sudah mencapai 300ribu orang lebih terdiri dari guru dan siswa, dan Quipper School masih menggratiskan semua kontennya hingga beberapa waktu ke depan, namun nantinya Quipper School akan menyediakan konten premium (berbayar) seperti online tutoring yakni jika di Indonesia adalah les persiapan menghadapi UN.
Semakin hari pihak pengelola dari Quipper School ini terus mengembangkan fitur-fitur pendukung di website Quipper School bahkan kini telah ada soal-soal Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bagi kelas XII SMA yang punya rencana masuk perguruan tinggi menggunakan jalur tes SBMPTN.

Kreasi dan Inovasi PBM Sejarah bersama Quipperschool
Dalam jangka waktu 3 bulan (mulai bulan agustus 2015 hingga saat ini dan insyaallah akan terus menggunakan) dalam pemanfaatan Quipperschool untuk mata pelajaran sejarah, banyak sekali kelebihan dan kemudahan untuk melaksanakan tugas guru dalam kreasi dan inovasi PBM. Mulai dari persiapan member            ikan materi, pembuatan soal hingga pelaksanaan ulangan online terstruktur maupun take home semua dapat dilaksanakan dengan lancar dan hasil maksimal. Pemanfaatan Quipperschool dalam PBM bisa dikombinasikan dengan kreasi pembelajaran lainnya. Seperti yang pernah Pak Aries  lakukan dalam PBM sejarah di kelas yang dibimbingnya. Semua bisa dilihat dari beberapa kegiatan pembelajaran sejarah yang telah dilakukan oleh pak aries berikut :


Kalo pak gurunya kreatif dan mau membagi inovasinya...maka siswanya pasti bakal ikutan kreatif lho.....
ini bukti kecintaan SMA 22 Surabaya (guru dan siswanya) dalam berquipper Ria.......
Ada kreasi lomba membuat poster dan pamflet bertemakan Quiiper lho....
Dimana lagi kalo bukan dipelajaran sejarahnya Pakaries Ok yg selalu ada aja yg update hehehehe
Smadda dipenuhi dengan pamflet dan poster karya siswa-siswinya.......
Lihat Selengkapnya
Wow Kreasi Pak Aries Prasetya like emotikon

 UTS melalui Quipperschool ? Kenapa tidak.....
Alhamdulillah sudah siap dihidangkan tryout dan Ujian UTS Sejarah Wajib dan Peminatan khusus kelas 12 dan XI IPS
Selalu berkreasi dimanapun dan kapanpun.....
Berikut proses pembuatan hingga siap dihidangkan "Try out" dan "Ujian" Sejarah menggunakan Quipper School
Colek and thanks para master IT Neny ElseAmiroh AdnanNamira Sy
*Bentar lagi smadda akan bertabur gambar Quipperschool....soon

Kreasi baru dalam quipperschool bersama PBM sejarah Pakaries Ok .....
Ketika saya harus ditugaskan untuk menghadiri diklat KTI tidak serta merta PBM di kelas kosong namun dgn bantuan quipperschool dan facebook saya tetap bisa memantau progres dalam PBM. Gimana caranya ?
1. Membuat sistem PBM yg sudah disosialisasikan sblm brgkt dinas luar kepada kelas2 yg ditinggalkan
2. Membuka forum kelompok kecil di kelas quipperachool
3. Menyampaikan materi dan soal melalui quipperschool yg akan di diskusikan siswa
4. Siswa mendiskusikan problem yg harus di pecahkan bersama kelompoknya
5. Tiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dlm klompok besar (kelas) kemudian ditangapi kelompok lainya melalui diskusi kelas
6. Tiap antusiasme siswa dlm proses diskusi dinilai sebagai sikap antusiasme dan progres
7. Setiap langkah di dokumentasikan dan hasil poto di upload ke grup fb kelas
8. Guru mengkomentari proses jalannya diskusi dan bersama siswa menyimpulkan serta memberi pandangan thdp jalannya PBM melalui forum diskusi di quipperachool atau di fb grup kelas
9. Setelah diskusi siswa mengerjakan soal2 yg telah disiapkan bisa di sekolah saat santai atau di rumah
10. Nah selesai dech.....
Ternyata tanpa kehadiran guru di kelas semua proses PBM masih bisa di kontrol dan dilaksanakan dengan baik dan antusias tinggi......
Makasih buat siswa2 saya yg TOP banget diajak kreasi
Makasih buat quipperschool
Makasih buat facebook
Dan tentunya juga makasih buat para master yg terus memotivasi saya buat berkreasi yaitu bu Namira Sy dan bu Neny Else
Nich gambar2 poto yg diupload siswa dari kegiatan "kelas tanpa guru tetap mau belajar selalu" hehehe.......

Kreasi minggu ini dalam PBM Sejarah yang dibimbing Pakaries Ok memasuki pekan UH KD-1 maka diadakan sistem UH KD Uler-uleran dimana siswa diberi kesempatan mengerjakan dengan cara (lihat poto)...
Siswa yang mempunyai kelebihan KOIN di Quipper School karena sering mengerjakan soal-soal diberi kesempatan Gratis tidak mengerjakan UH ini....
Bakal banyak kemudahan dalam kreasi PBM selama kita meluangkan waktu membuat sensasi baru sistem pembelajaran yg menyenangkan namun target tujuan tercapai.....
Dengan UH Uler2-an siswa dilatih untuk :
-Fokus menghadapi permasalahan saat itu juga
-Cepat Move on dalam menghadapi persoalan
-Jujur dalam setiap kegiatan
-Disipilin mengerjakan dalam menyelesaikan
-Kreasi diperhitungkan (bagi yg rajin berquipperschool tentunya mereka ini juga mengerjakan soal2 yang saya buat di quipperschool sehingga mereka juga telah mengukur kompetensi Bab yang diujikan dengan cara yg lebih menarik dan tantangan tersendiri)
data diri
Nama                               : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si
NIP                                   : 19820409 200604 1 013
Tempat, Tanggal Lahir    : Surabaya, 09-04-1982
Pekerjaan                        : PNS Guru Sejarah di  SMA Negeri 22 Surabaya
No. HP                             : 0819 3830 4745
Alamat                             : 
SMA Negeri 22 Surabaya
Jl. Balas Klumprik Wiyung No 22 Surabaya 
Kode Pos 60222


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....