Senin, 22 Oktober 2018

Memahami Materi Dengan Gayaku Sendiri

Hello Historian......

Pembelajaran sejarah di kelas 11 IPS 1 pada hari ini Senin tanggal 22 Oktober 2018 dilaksanakan dengan inovasi terbaru samisanov.
Mengingat kembali pembelajaran di saat SD maka siswa diminta untuk belajar konsentrasi menggunakan indra pendengaran dan ketepatan dalam membaca. Untuk memahami materi tentang paham besar di dunia dan dampaknya di Indonesia, maka siswa diminta untuk konsentrasi mendengarkan teman yang lain ketika membaca materinya. Dengan bantuan alat pengacak absen, setiap siswa yang dipanggil dengan nomor absennya wajib untuk melanjutkan membaca materi tersebut.



Dalan permainan ini setiap siswa diminta untuk konsentrasi dan fokus dalam memahami materi yang ada. Yang nantinya setelah satu materi dibaca semua selanjutnya ada yang namanya penilaian yaitu menceritakan kembali apa yang telah dipahami dengan bahasa dan gayanya sendiri.

Dan sekali lagi dengan bantuan alat pengacak absen maka siswa yang ditunjuk wajib untuk menceritakan kembali materi yang telah dibaca dengan gayanya sendiri.
Pembelajaran ini sangat menarik siswa karena siswa diajak untuk berkonsentrasi sekaligus memberikan tanda serta simbol-simbol tertentu agar dia lebih cepat paham dengan materi yang di baca. 

Dan melalui metode ini siswa diajak untuk bisa percaya diri dalam menyampaikan apa yang telah dia pahami dengan bahasa dan gayanya sendiri.
Banyak sekali hal-hal yang dapat diketahui oleh guru menggunakan metode ini. Salah satunya adalah tingkat fokus dan ketepatan siswa dalam membaca serta memahami materi. Selain itu guru juga bisa mengetahui tingkat dan gaya bercerita siswa dengan bahasanya sendiri setelah dia memahami sebuah materi.

Semoga gambaran dari metode ini bisa menginspirasi pelajaran-pelajaran lainnya terutama pelajaran non eksakta. Setiap siswa tidak melulu menghafalkan materi tapi bisa memahami dan menceritakan kembali dengan gayanya sendiri.
Terus berbagi dan berinovasi mencerdaskan anak negeri.
Sharing and growing together.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....