Jumat, 21 September 2018

Inovasi Samisanov : CUK (Cari Urutkan Kreasikan)

Hello Historian......

Assalamualaikum kawan kawan πŸ™‹
Bingung nih openingnya gimana~ mmm yasudah lah ya langsung cerita ajahhh πŸ˜‚
Kemarin, 20 September 2018 pelajaran Sejarah Minat bersama pak Aries Prasetya. Pak Aries membuat permainan yang namanya "CUK" hayoooooooooooo jangan berpikir negatif dulu ya, pasti nyangkanya kayak berpikir kata kata kotor, awalnya pas aku baca sih ketawa dan berpikir kalo itu kata kata kotor πŸ˜‚ ternyata "CUK" ada singkatanya loh gesss, singkatnya itu "Cari Urutkan Kreasikan" 

Pertama tama, Pak Aries menyuruh kami semua membuat 4 kelompok yang isinya 9 orang, dengan acak, jadi kami berhitung dari nomor 1 - 4 dari pojok kanan ke kiri sampai seterusnya. Setelah itu, kumpul sesuai kelompoknya, aku dapat kelompok 2. Kemudian tiap kelompok mengambil 2 helm dari parkiran πŸ˜‚ Hah helm?? Pasti bingung dah tuh Si helm nya mau diapain πŸ˜‚
Sambil nunggu anak anak yang mengambil helm datang, pak Aries menuliskan di papan tulis tentang cara bermain "CUK" jadi sediakan :
1 Kelompok 2 helm + 1 hp
Role:
1. Tunjuk 2 orang tiap kelompok
2. Cari gulungan kertas ada 4 pos (info tempat dr pak Aries)
*kelompok yang berhasil menemukan kertas duluan dapat +10 nilai & +20 point per kelompok dan per gulungan
3. Tim work (mengurutkan materi)
4. Presentasi
Sebelumnya pak Aries sudah menyebarkan gulungan kertas di tempat lain (pokoknya di luar kelas) dan perwakilan tiap kelompok akan mencari 4 gulungan kertas tsb yg nantinya pak Aries infokan letak sekitar gulungan itu. Kan ada 4 gulungan kertas yang tersebar di tempat lain, jadi nanti bisa gantian kok. Bingung?? Yaudah deh langsung tak ceritain aja....
πŸ‘‰ Setelah 2 helm sudah ada dan lengkap, maka tiap kelompok ditunjuk untuk 2 perwakilan memakai helm dan maju kedepan.
*Gunanya helm buat di pakek di kepala ya gesss jangan di kaki πŸ˜‚ soalnya permainan ini lari lari πŸƒ dan semisal jatuh kepalanya masik bisa utuh πŸ˜‚
πŸ‘‰ Saat maju kedepan, tiap kelompok tadi sudah siap, dan salah satu tiap kelompok membawa hp untuk dokumentasi jika selesai menemukan gulungannya. Kemudian perwakilan tiap kelompok bejejer dan mendengar arahan dari pak Aries. Contoh arahannya seperti ini "biasanya kalo jam segini sepi, kalo siang rame, tempat nya bau pesing (karena deket kamar mandi) Nah letak gulungannya ada di lubang lubang kecil" (intinya seperti itu kata²nya πŸ˜‚) *nahh berarti tempatnya di parkiran. Setelah arahan selesai, anak anak langsung lariiii πŸƒπŸƒπŸƒ πŸ˜‚
πŸ‘‰ Pada saat sampai di tempat parkiran, perwakilan tiap kelompok tadi menyebar untuk mencari gulungan kertas πŸ˜‚ kebingungan dah tuh. Aku sendiri yang nyari juga bingung sih πŸ˜©
πŸ‘‰ Kemudian, ada salah satu kelompok yang sudah menemukan duluan~ Aaaaa😣padahal aku dan temanku sudah stay di tempat yang dimaksud, ternyata kita ga liat kalo gulungan kertasnya ada di atas kita πŸ˜© ku ingin marahhhh πŸŽΆπŸŽ΅ (nyanyi) πŸ˜‚
Lalu kelompok yg menemukan gulungan tadi salah satunya mendokumentasikan (foto /video) lalu kembali ke kelas.
πŸ‘‰ Setelah kembali ke kelas, anak yang menemukan gulungan tadi di letakkan di meja yg disediakan, meletakkannya sesuai pos tadi. Untuk melanjutkan ke pos selanjutnya, Tiap kelompok tadi boleh bergantian untuk mencari gulungannya. Caranya sama seperti sebelumnya, tetapi arahan tempatnya beda beda. Dan permainannya dilakukan 4 kali termasuk yang pertama.
πŸ‘‰ Jika kelompok² tadi sudah menemukan semua gulungan kertas, gulungan itu ditata urut menurut pos, perwakilan tiap kelompok maju untuk memfoto gambar yang sudah ditemukan tadi , dan melakukan hompimpa dengan kelompok lain untuk urutan maju presentasi. Kelompokku dapat urutan ke 3.
πŸ‘‰ Setelah dapat urutan presentasi, kita disuruh berdiskusi dr gambar yang di ambil tadi. Gambar tadi tidak urut, sehingga perkelompok ditugaskan untuk mendeskripsikan gambar itu dengan mengurutkannya. Lalu deskripsi dari gambar² tsb di tulis di kertas yang sudah ada nama anggota kelompoknya. Mendeskripsikannya di beri waktu 10 menit oleh pak Aries. Siswa boleh menggunakan aplikasi yang bisa memabantu menyelesaikan deskripsi tersebut.
πŸ‘‰ Tiiiiiiittttttt  waktu dah habis, saatnya maju sesuai urutan kelompok presentasi yang sudah hompimpa tadi. Bagi kelompok pertama maju untuk mendeskripsikan di depan. Kelompok lain keluar di depan kelas untuk melanjutkan deskripsi gambar.
πŸ‘‰Pada saat presentasi, setiap kelompok menyusun gambar yang ada di meja agar jadi deskripsi yang urut. Kemudian tunjukkan nomer urut berapa yang akan di deskripsikan. Lalu mulai deskripsikan. Semua anggota kelompok harus bisa bicara untuk mendeskripsikan sesuai apa yang dia ketahui dalam gambar itu. Setelah selesai, lalu duduk dan dilanjutkan oleh kelompok lain dengan cara yang sama seperti sebelumnya.
πŸ‘‰ Daaannnnn semua kelompok sudah presentasi, pak Aries mengumumkan nilai nya~
Kelompokku mendapat nilai 72.... Tidak apa apa tidak apa apa πŸŽΆπŸ˜‚
Ada yg dapat 60. Tapi dia berhasil menemukan letak 3 gulungan tadi, jadi +30 (karena setiap gulungan nilainya +10) total nilainya mereka 90. Selamat buat kelompok 3 πŸŽ‰πŸŽ‰

Sekian ya cerita dari aku... Haduh sampek batuk uhuk uhuk uhuk πŸ˜–πŸ˜‚ yaah maaf ya, karena gabut jadi panjang sangat πŸ˜‚
Ohh iya kako masih bingung disini ada video nya~
Wassalamualaikum πŸ˜‚
BersamaPakAries
#SejarahMakinEksis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....