Hello Historian......
Salam Samisanov
Satu minggu Satu Inovasi
Satu minggu Satu Inovasi
Setelah sekian lama tertahan buat berinovasi krn sekolah sedang PTS, maka di minggu ini mencoba sesuatu pendekatan inovasi baru....
"Pahami Aku Jawab Ceritaku"
Sebuah metode gaya baru yang dikenalkan kepada siswa kelas 11 ips 1 di materi sejarah tentang peristiwa besar di eropa. Mentari siang yang semakin panas namun jiwa berinovasi tetap membara untuk memberikan sesuatu yang baru pada siswa di smadda.
Metode ini merupakan sebagai bentuk pengembangan dari storytelling.
Tiap siswa diwajibkan untuk menceritakan apa yang dia pahami kemudian memberikan pertanyaan kepada siswa lainnya sebagai bentuk feedback terhadap apa yang sudah dijelaskan.
Metode ini merupakan sebagai bentuk pengembangan dari storytelling.
Tiap siswa diwajibkan untuk menceritakan apa yang dia pahami kemudian memberikan pertanyaan kepada siswa lainnya sebagai bentuk feedback terhadap apa yang sudah dijelaskan.
Langkah-langkah dalam metode ini diantaranya :
- guru terlebih dahulu memberikan stimulus tentang sebuah kisah dan peristiwa mengenai keadaan eropa pada jaman dulu
- selanjutnya guru memberikan sebuah contoh tentang sebuah cerita "peristiwa besar di eropa" yang diakhiri dengan bertanya mengenai apa yang telah dijelaskan atau diceritakan tadi
- guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran pada hari ini kemudian menjelaskan pula tentang indikator yang hendak dicapai dari tiap siswa dalam melaksanakan pembelajaran pada hari ini
- kelas kemudian dibagi menjadi 5 kelompok yang merupakan 5 materi yang harus dikuasai oleh kelas
- setiap kelompok mendapatkan jatah materi seperti :
Kelompok 1 materi renaissance
Kelompok dua materi merkantilisme
Kelompok 3 materi reformasi gereja
Kelompok 4 materi Aufklarung
Kelompok 5 materi revolusi industri
- setelah dibentuk kelompok selanjutnya tiap kelompok membagi diri berdasarkan tugasnya masing-masing atau materi yang ada
- kurang lebih 15 menit setiap siswa dengan materi yang telah dibagi, membuat sebuah cerita yang dia pahami kemudian nanti ditutup dengan membuat soal
- setelah waktu berlalu langkah selanjutnya adalah showtime di mana tiap siswa maju ke depan kelas secara individu menceritakan dan memberikan soal yang merupakan bagian inti dari metode ini
- guru menilai performance dari tiap siswa dari segi :
*penguasaan materi
*Cara menyampaikan informasi
*Dan juga melihat antusiasme kelas dalam menanggapi storytelling siswa tersebut (proses tanya jawab atau feedback)
- guru terlebih dahulu memberikan stimulus tentang sebuah kisah dan peristiwa mengenai keadaan eropa pada jaman dulu
- selanjutnya guru memberikan sebuah contoh tentang sebuah cerita "peristiwa besar di eropa" yang diakhiri dengan bertanya mengenai apa yang telah dijelaskan atau diceritakan tadi
- guru menjelaskan tentang tujuan pembelajaran pada hari ini kemudian menjelaskan pula tentang indikator yang hendak dicapai dari tiap siswa dalam melaksanakan pembelajaran pada hari ini
- kelas kemudian dibagi menjadi 5 kelompok yang merupakan 5 materi yang harus dikuasai oleh kelas
- setiap kelompok mendapatkan jatah materi seperti :
Kelompok 1 materi renaissance
Kelompok dua materi merkantilisme
Kelompok 3 materi reformasi gereja
Kelompok 4 materi Aufklarung
Kelompok 5 materi revolusi industri
- setelah dibentuk kelompok selanjutnya tiap kelompok membagi diri berdasarkan tugasnya masing-masing atau materi yang ada
- kurang lebih 15 menit setiap siswa dengan materi yang telah dibagi, membuat sebuah cerita yang dia pahami kemudian nanti ditutup dengan membuat soal
- setelah waktu berlalu langkah selanjutnya adalah showtime di mana tiap siswa maju ke depan kelas secara individu menceritakan dan memberikan soal yang merupakan bagian inti dari metode ini
- guru menilai performance dari tiap siswa dari segi :
*penguasaan materi
*Cara menyampaikan informasi
*Dan juga melihat antusiasme kelas dalam menanggapi storytelling siswa tersebut (proses tanya jawab atau feedback)
-Sedangkan siswa lainnya yang menjawab soal dari siswa bercerita tadi mendapatkan tambahan point yang nantinya bisa berguna untuk membantu nilai-nilai yang kurang
Dari metode ini siswa dapat mengambil sebuah pelajaran dan karakter diantaranya :
- pekerjaan sesuai dengan aturan yang telah disepakati
- berkolaborasi menciptakan sebuah cerita dari materi yang telah dibagi
- percaya diri untuk tampil di depan umum sekaligus menyampaikan informasi
- bertanggung jawab terhadap apa yang dia kuasai dan menyampaikan sesuai dengan kemampuanya masing-masing
- pekerjaan sesuai dengan aturan yang telah disepakati
- berkolaborasi menciptakan sebuah cerita dari materi yang telah dibagi
- percaya diri untuk tampil di depan umum sekaligus menyampaikan informasi
- bertanggung jawab terhadap apa yang dia kuasai dan menyampaikan sesuai dengan kemampuanya masing-masing
Terus berbagi dan berinovasi mendidik anak negeri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan tinggalkan komentar anda tentang tulisan ini.....