Selasa, 03 September 2024

Diklat 99 Samisanov : Membangun Portofolio Digital Siswa untuk Pembelajaran Interaktif Menggunakan Seesaw



Dalam era digital saat ini, kemampuan untuk mengelola dan mendokumentasikan pembelajaran siswa secara efektif menjadi semakin penting. Aplikasi Seesaw hadir sebagai solusi yang inovatif, memungkinkan guru untuk membangun portofolio digital siswa yang interaktif, mendukung pembelajaran yang lebih bermakna, serta meningkatkan keterlibatan siswa dan orang tua dalam proses pendidikan.

 

Diklat ini dirancang untuk membantu para guru memahami dan memanfaatkan Seesaw secara optimal dalam lingkungan pembelajaran. Peserta akan diajak untuk mengeksplorasi fitur-fitur Seesaw yang memungkinkan dokumentasi pembelajaran, memberikan umpan balik, dan mengembangkan tugas yang menarik dan interaktif. Diklat ini juga akan membahas cara-cara untuk melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran melalui Seesaw, serta strategi terbaik untuk mengintegrasikan platform ini dalam pembelajaran sehari-hari, baik dalam konteks kelas fisik maupun pembelajaran jarak jauh.

 

Tujuan Diklat:

  1. Memahami konsep dan manfaat portofolio digital dalam pembelajaran.
  2. Menguasai penggunaan Seesaw untuk membuat, mengelola, dan menilai portofolio digital siswa.
  3. Mengembangkan keterampilan dalam memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa melalui platform Seesaw.
  4. Meningkatkan keterlibatan siswa dan orang tua dalam proses pembelajaran dengan menggunakan Seesaw.
  5. Mengintegrasikan Seesaw dalam pembelajaran harian untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan bermakna.

 

Rincian Materi Diklat:

  1. Pengenalan Seesaw: Apa itu Seesaw dan bagaimana platform ini dapat digunakan dalam pendidikan.
  2. Membangun Portofolio Digital: Langkah-langkah untuk membuat portofolio digital siswa yang mencakup berbagai jenis media.
  3. Umpan Balik dan Penilaian: Teknik memberikan umpan balik yang efektif melalui Seesaw dan cara memantau perkembangan siswa.
  4. Melibatkan Orang Tua: Strategi untuk melibatkan orang tua dalam pembelajaran siswa melalui Seesaw.
  5. Pembelajaran Interaktif: Menciptakan tugas dan aktivitas interaktif yang meningkatkan keterlibatan siswa.
  6. Praktik Terbaik dalam Penggunaan Seesaw: Contoh kasus dan diskusi tentang integrasi Seesaw dalam pembelajaran harian.

 

Metode Diklat:

  • Workshop Interaktif: Peserta akan langsung mempraktikkan cara menggunakan Seesaw dalam skenario pembelajaran nyata.
  • Diskusi Kelompok: Sharing pengalaman dan tantangan yang dihadapi dalam implementasi Seesaw.
  • Studi Kasus: Analisis kasus penggunaan Seesaw yang sukses dalam berbagai konteks pembelajaran.

 

Diklat ini akan memberikan para guru keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan terstruktur, dengan dukungan teknologi digital yang efektif. Dengan portofolio digital yang terorganisir dan interaktif, siswa akan lebih termotivasi, dan guru akan lebih mudah dalam melacak perkembangan serta memberikan dukungan yang sesuai untuk setiap siswa.

 

Profil Diklat 99 Samisanov

Narasumber                   : Aries Eka Prasetya, S.Pd, M.Si

Instansi                            : Pelatih Nasional IGI dan Founder Samisanov dari SMA Negeri 22 Surabaya

Judul materi diklat       : Membangun Portofolio Digital Siswa untuk Pembelajaran Interaktif Menggunakan Seesaw

Pelaksanaan                   : Tanggal 15-22 September 2024

 

 

Materi yang akan di berikan dalam Diklat 99 Samisanov diantaranya :

Kegiatan

Alokasi

Waktu

Materi

Praktek

1.       Peran portofolio digital dalam mendokumentasikan perkembangan siswa.

1

2

2.       Contoh nyata dari guru yang berhasil menggunakan portofolio digital Seesaw di kelas mereka

1

3

3.       Fitur utama Seesaw: portofolio digital, tugas interaktif, komunikasi dengan orang tua.

1

4

4.       Membuat akun dan menyiapkan kelas di Seesaw

1

4

5.       Menambahkan konten (gambar, video, teks, dan suara) ke dalam portofolio

1

4

6.       Strategi menggunakan Seesaw dalam setting pembelajaran jarak jauh

1

4

7.       Studi kasus dari guru yang menggunakan Seesaw dalam berbagai mata pelajaran

1

5

8.       Penugasan merancang rencana implementasi Seesaw di kelas masing-masing peserta

1

6

Jumlah

8 JP

32 JP

Total Jam

40 JP

 

Langkah dalam mengikuti Diklat 99 Samisanov Membangun Portofolio Digital Siswa untuk Pembelajaran Interaktif Menggunakan Seesaw”  :